Introspeksi Diri


Akhir-Akhir ini, kesibukan di tempat kerja terasa sangat melelahkan. Banyak sekali permasalahan diluar lingkup pekerjaan bercampur-baur dengan urusan pekerjaan. Persoalan di rumah yang terbawa sampai kantor, kerap mendominasi suasana hati. Keadaan jadi tidak kondusif, banyak melakukan kesalahan, jadi sering melamun, suka marah-marah sama teman, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana kita menyikapi keadaan seperti ini?
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah introspeksi diri. Kenali duduk persoalan yang kita hadapi, cari tahu barangkali diri kita sendiri yang jadi sumber permasalahan, lalu koreksi dan cari solusi dengan kepala dingin. Kendalikan diri jangan terbawa emosi.

Pada dasarnya semua manusia tidak ingin punya masalah. namun keadaan terkadang memaksa kita untuk terlibat dalam masalah. Terlebih dalam pekerjaan yang menuntut konsentrasi penuh dan di kejar deadline, ketenangan pikiran mutlak diperlukan. Untuk itu, kematangan dalam bersikap dan bertindak perlu dipertimbangkan. Jangan terjebak dalam suasana hati yang sedang dirundung masalah. Lihatlah dari sudut pandang berbeda. Pisahkan permasalahan di rumah dengan urusan pekerjaan. Buat semua jadi mudah, jangan diperkeruh. Selesaikan satu persatu permasalahan yang kita hadapi dengan pikiran jernih.

Langkah pamungkas, berdoalah. Pasrahkan semua permasalahan kepada-Nya. Karena hanya dengan berdoa, kita akan mempunyai kekuatan maha dahsyat untuk bisa terbebas dari segala macam persoalan.

Salam Sukses!
Introspeksi Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment