Semangat Tahun Baru

Menyongsong Tahun Baru biasanya kita terobsesi untuk membuat segala sesuatunya 'Jadi baru'. Semangat baru, rencana-rencana baru serta segala hal yang berhubungan dengan kualitas hidup kita.

Di awal-awal tahun, bolehlah apa-apa yang kita niatkan biasanya berjalan dengan lancar dan baik tanpa menemui kendala. Namun selang beberapa waktu kemudian, biasanya kita cenderung lupa dan kembali ke kebiasaan lama. Apa yang telah kita 'canangkan' di awal tahun seakan 'menguap' dan hilang entah kemana.

Lalu bagaimana sebaiknya langkah dan upaya kita supaya semangat tahun baru itu bisa terus 'berkobar'?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, diantaranya:

1. Jadikan setiap hari yang kita lalui sebagai 'hari baru'. Tanamkan dalam diri bahwa setiap detik yang kita punya memiliki andil yang cukup besar dalam mewujudkan semua impian kita. Jadi, jangan pernah sekali-kali menyepelekan waktu.

2. Buatlah jadwal pengembangan diri. Aturlah waktu seefisien mungkin agar tiap-tiap rentang yang kita lalui memiliki peningkatan secara kualitas. Buatlah daftar apa saja hal-hal yang telah kita lakukan sekecil apapun menuju ke arah yang lebih baik.

3. Tetapkan target. Jangan takut untuk membuat target, baik jangka pendek, menengah ataupun jangka panjang. Orang yang ingin maju memiliki visi yang jelas dalam hidupnya. Mulailah dengan program perubahan perilaku. Ubah pola perilaku kebiasaan lama dengan yang baru. Jangan ragu untuk berubah, bila perlu lakukan hal-hal 'ekstrim' yang bernilai positif, yang selama ini belum pernah kita coba lakukan.

Demikian, sedikit yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat khususnya buat diri saya sendiri dan umumnya buat para pembaca semuanya.

Semoga, kita mampu menjadikan setiap hari adalah 'hari baru' dengan semangat baru dan energi baru pula demi tercapainya kehidupan yang lebih baik di masa kini dan masa yang akan datang. Amiiin..
Semangat Tahun Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Jefry said...

Tidak terasa sudah mau tahun baru
menjelang tahun baru semoga kita tetp semngat dan optimis untuk menghdapi masa2 mendatang..

Maman Achman said...

Makasih mas jefry. Salam sukses.

Post a Comment