Alexa Dan Semangat Ngeblog

Sebagian blogger pendatang baru mungkin belum mengetahui dan tidak menganggap terlalu penting apa itu peringkat Alexa. Tapi buat saya pribadi keberadaan situs penghitung peringkat suatu situs itu sangat mempengaruhi semangat saya dalam ngeblog.

Alexa adalah suatu situs yang menyediakan sarana untuk mendapatkan informasi tentang peringkat suatu situs, beberapa orang menetapkan kesuksesan website atau blog mereka dari bagusnya peringkat mereka di Alexa, semakin kecil nilai Alexa rank-nya semakin bagus posisi peringkat suatu blog di Alexa.

Di Tahun-tahun pertama saya ngeblog, Peringkat blog saya sempat menduduki peringkat di bawah 1 juta-an. Bahkan pernah meraih PageRank (PR) 2 secara global. (Maklum lagi semangat-semangatnya ngeblog...) Namun karena satu dan lain hal yang menyebabkan saya harus vakum dari dunia blogging dalam waktu yang cukup lama, mengakibatkan peringkat blog inipun akhirnya  'terjun bebas' ke peringkat 7 juta-an dan sempat tidak terindeks sama sekali di Alexa.

Barulah pada sekitar 2 bulan belakangan ini saya aktif lagi ngeblog, di sela-sela kesibukan saya bekerja di sebuah studio foto di Jakarta Selatan, yang kebetulan komputer yang saya pegang terhubung dengan internet, akhirnya saya putuskan untuk mulai 'bergerilya' lagi. Semenjak itu saya mulai aktif lagi BW ke blog sahabat, searching segala hal yang berhubungan dengan dunia blogging, sampai akhirnya saya dipertemukan dengan para blogger yang sudah mapan dalam segi pengalaman dan juga penghasilan. 

Yang membuat saya makin bersemangat adalah ketika melihat peringkat Alexa blog  ini dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. Dari yang tadinya berada di peringkat 7 juta-an global dan 48 ribu-an di Indonesia., meningkat menjadi 5 juta, 4 juta, 2 juta, dan terakhir mendekati angka 1,5 juta global dan peringkat 17 ribu-an Indonesia. Lumayan 'kan?

Mungkin angka ini masih terlalu rendah bila dibandingkan dengan blog-blog para mastah yang sudah lama malang melintang di dunia per-blogger-an. Tapi buat saya angka-angka ini cukuplah untuk membangkitkan semangat ngeblog saya dari hari ke hari sebagai modal untuk terus berkarya di sela-sela kesibukan pekerjaan saya yang sangat menyita waktu.

Semoga pengalaman saya ini dapat menginspirasi para sobat sekalian untuk terus berkreasi dan menemukan cara-cara baru dalam meningkatkan peringkat blognya di Alexa, sehingga apa yang menjadi tujuannya dalam membuat blog bisa segera tercapai.

Tips: Disaat semangat nge-blog sobat mulai menurun, cek Alexa rank blog sobat hari ini, bandingkan dengan hari kemarin. tentunya ada peningkatan bukan? Lalu sobat pikirkan apakah akan sobat biarkan peringkat yang terus meningkat ini terjun bebas, atau lanjutkan berkarya dan perhatikan peningkatan yang akan terus terjadi walaupun hanya sedikit saja. Pikirkan baik-baik, mempertahankan yang sudah baik, jauh lebih baik daripada harus memulai lagi dari NOL!

Salam.
 
Alexa Dan Semangat Ngeblog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Adriana Dian said...

Akupun awalnya 1,7an mas. Seminggu atau dua minggu setelahnya jadi 1,3an. Sebulan setelahnya alias sekarang jadi 700an. Alhamdulillah. Kuncinya emang mesti rajin post dan BW yaaaa. Hehehe

Admin bos said...

weh saya ampe lupa belum pasang alexa kang... tapi nani dulu ah,,, biar agak lama takutnya kalau sekarang udah dipasang saya kaget lihat hasilnya wkwkkwkwk... numpang nyelip disini...

Maman Achman said...

mangga atuh kang, jangan malu2 nanti keduluan mang lembu, hehe..

Maman Achman said...

iya adriana itu kuncinya kaeknya.

Sonny Ogawa said...

Baca artikel ini saya jadi ingat tante alexa blog saya kang...seminggu tidak update post dan BW, tadi sebelum comment menyempatkan lihat rank alexa...ternyata benar juga apa yang di bilang kang admin ternyata pengaruh juga ya...peringkat global maupun nasional, turun drastis...hikz hikz

Maman Achman said...

Iya kang Sonny begitulah, si alexa-nya tahu kalo kita malas kita disetrap, hehehe..

Cilembu thea said...

saya blogger pertamax di saungmamandotcom euy

Maman Achman said...

Selamat mamang, hadiah ubi cilembu bisa di ambil di rumah sendiri, hehe..

Cilembu thea said...

setting lagi akun disqus nya masih blogspot kali mah...mang

Maman Achman said...

iya ni mang baru mau nanya ma mang lembu gmn settingnya, blm ketemu...

Post a Comment