Blog Motivasi Dan Ragam Informasi

Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus

Setelah beberapa hari mencoba kolom komentar Disqus, saya merasakan ada suasana berbeda yang saya rasakan pada blog unyu-unyu ini. Saya katakan berbeda karena tampilannya memang lain dari kolom komentar kebanyakan.


Interface-nya lebih gress, lebih atraktif dan inovatif menurut saya. Walaupun diawal pemunculannya memang terasa agak sedikit berat saat loading pertama di bawah postingan. Mungkin karena saking banyaknya fitur yang disematkan pada platform Disqus ini, sehingga saya menganggapnya itu hal yang wajar dan tak perlu di permasalahkan.

Ada satu hal yang sempat membuat saya heran, kenapa pada kolom komentar Disqus blog saya jumlah komentar yang masuk tidak tertera, begitu juga nama blog ini, hanya muncul tulisan Komunitas. Padahal sebagai blogger pemula tentunya kita ingin sedikit pamer  kalau blog kita ini kesannya rame! *halah.. Air laut siapa yang ngasiniiinn...
Bukan itu saja, blog yang rame komentator tentunya juga dapat mengundang pembaca lain untuk ikut serta berkomentar, biar bisa numpang-nampang dan meninggalkan jejak, siapa tahu kecipratan balik ada yang meng-klik mukanya dan mencubit pipinya, lalu menjambak rambutnya, hahaha.... intermezo soobbb, serius amat...tentunya hal ini akan berdampak positif buat peningkatan traffik blognya..

Kembali ke komentar yang tidak muncul, cukup lama saya dibuat heran, koq bisa yah? Sedangkan pada blog teman-teman yang lain yang juga memasang Disqus ada semua. Dari situ saya mulai kasak-kusuk kesana-kemari mencari informasi tentang bagaimana cara seting Disqus agar bisa menampilkan jumlah komentator. Cukup banyak sih cara yang saya temukan di blog teman, dan saya coba terapkan satu persatu, namun hasilnya tetap nihil. Sampai pada suatu ketika, akhirnya saya menemukan "wangsit" dari langit yang membisikan bahwa kesalahan bukan pada pesawat televisi anda, eh maaf.. maksudnya.. bukan pada setelan Disqusnya, melainkan pada setingan blog saya, yaitu lebar halaman posting yang terlalu kecil sehingga tidak dapat menampilkan kolom komentar Disqus secara penuh. 

Nah, dari situ akhirnya saya mulai  mengoprek HTML blog milik saya,  (bukan milik tetangga,lho..  nanti dimarahin pak RT  :D) dan menemukan apa yang selama ini menjadi penyebab "ngumpetnya" jumlah komentar Disqus. Sekedar info bahwasanya template blog saya ini adalah template yang saya download dari pihak ketiga, sehingga isinya sedikit banyak ada perbedaan dengan template bawaan blogspot, dan bisa jadi berbeda pula penampakannya dengan HTML milik sobat.
Untuk merubah lebar halaman postingan, silahkan 'teangan olangan, hehehe...

Setelah ketemu lakukan proses editing seperlunya dan jangan lupa preview terlebih dahulu apakah ada perubahan atau tidak, bila sudah oke, silahkan Save Template sobat.

Akhirnya cukup sekian artikel yang cukup sederhana tentang Cara Menampilkan Jumlah Komentar Disqus ini, semoga bermanfaat.

Salam.
Tag : Blog-Tips
Back To Top