Inspirasi Menulis

Inspirasi menulis bisa datang dari mana saja. Bisa dari pengalaman pribadi, orang-orang terdekat, apa yang kita lihat dan saksikan atau apa saja suka-suka kita. Namun apa yang kita tulis tidak sekedar asal tulis, diharapkan ada sedikit manfaat yang bisa menginspirasi dan memberi semangat bagi pembacanya.

Dengan menuliskan pengalaman atau sekedar berbagi diharapkan dapat menyebarkan semangat kebersamaan dan saling membutuhkan. 

Lalu apa saja yang bisa menjadi inspirasi dalam menulis? Jawabannya tentu banyak sekali. Disini saya mengambil contoh, tentang suka duka bekerja di sebuah studio foto di kawasan Tebet-Jakarta Selatan. Tentunya seperti juga semua orang, saya sangat tidak ingin kehilangan pekerjaan utama saya. Maka saya harus bekerja denggan sebaik-baiknya agar dapat terus diterima bekerja dan menunjukkan bahwa tenaga kita memang sangat dibutuhkan perusahaan. Karenanya saya berusaha menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh atasan, dan melakukan apapun yang diperintahkannya dengan sebaik-baiknya.

Bekerja di sebuah studio foto itu tidak mudah, apalagi di tempat yang sudah sangat terkenal dan memiliki pelanggan yang cukup banyak. Hampir tiap hari kami bekerja dalam tekanan, demi kepuasan customer yang menginginkan pelayanan yang serba cepat dan instan, namun dengan kualitas yang harus tetap terjaga. Kami harus bekerja ekstra keras dan fulltime 13 jam perhari, 7 hari perminggu dan 30 hari perbulan, nonstop. Ada sih liburnya tapi hanya sehari, itupun bergantian dengan kedua teman saya lainnya. Tapi kami senang melakukannya, karena memang kami mencintai pekerjaan ini. Prinsip saya: Kerjakan Apa yang Engkau Cintai, Cintai Apa yang Engkau Kerjakan.

Walaupun kadang-kadang ada juga saatnya dimana studio kami berada dalam keadaan sepi pengunjung, tapi itu tidak berlangsung lama. Biasanya saat dimana menjelang adzan maghrib, studio baru akan tampak lengang.

Nah, di sela-sela kesibukan melayani tamu yang mau melakukan aktifitas dibidang fotografi, baik itu sekedar cetak foto, atau membuat pasfoto di studio, saya masih menyempatkan diri browsing internet dan mengunjungi rekan-rekan sesama blogger. Karena kesibukan saya selain dibidang fotografi adalah juga sebagai seorang blogger, maka saya tidak bisa menghindari keseruan dalam berkomunikasi dengan sobat-sobat di dunia maya. Sebisa mungkin, saya masih menyempatkan diri membalas komentar-komentar sobat blogger atas artikel atau postingan saya yang dibuat malam sebelumnya. Ibaratnya sambil menyelam minum air, hehe..

Keasyikan menjadi seorang penulis blog itu sudah saya lakoni sejak lama, hanya saja saya melakukannya tidak terlalu serius, sekedarnya saja. Baru beberapa bulan terakhir ini saya mulai lagi menulis berkat dorongan dan motivasi teman-teman semua. Saya hadir kembali disini, bisa menulis dan berbagi cerita lagi, suka-suka, mengalir, apa adanya.

Salam.
Inspirasi Menulis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Anisayu Nastutik said...

Saya juga menyelam blog sembari minum air
Dan ide terpendampun mengalir
Hingga dalam rasa aku ukir
Jadi puisi untuk yang mau mampir

:)

Heri Indra Gunawan said...

Wah ternyata bermanfaat sekali artikel ini, memang benar inspirasi dapat diimplementasikan ketika kita mampu untuk menuangkannya menjadi kenyataan, jadi jangan ragu untuk terus berkarya ya mas. Terimakasih informasinya.

Maman Achman said...

mksh juga kang heri udah mampir, maaf blm kunjung balik, msh rame orang foto neh, hehe..

Maman Achman said...

mksh mbak Anisayu, kalo menyelam jangan terlalu dalam ya, takutnya lupa jalan pulang, hehe..

Amri Evianti said...

saya mah nulisnya suka-suka abdi aja mang hehehe. mau dong mang di photo in? hehehe

Maman Achman said...

hehe.. boleh neng maen aja ke Tebet atuh...

Effendi Nurdiaman said...

Artikelnya sangat memotivasi saya kang maman. Saaya mencintai apa yang saya kerjakan dan semoga yang saya kerjakan dapat mencintai saya *ehh :D

Maman Achman said...

Semoga begitu kang, kalo kita cinta sama pekerjaan Insya Allah pekerjaan juga akan mencintai kita, hehe.. |o|

Yudi Maryolen said...

semakin kita cinta akan pekerjaan kita akan semakin menikmatinya salam kenal bang

Maman Achman said...

betul kang yudi, maka cintailah apapun pekerjaan kita saat ini asal yang positif tentunya, salam kenal kembali dan jangan bo
san main dimari yah kang...

Sri Lestari said...

Ternyata kang maman jago juga ya mainin photonya, hehehe.
Boleh sih jago mainin photo tapi jangan mainin perasaan, hehehe.

Maman Achman said...

wah kalo mainin perasaan saya gak mau ah, takut terbawa mimpi ntar repot sendiri, xixixi...

Rahayu Wiandra said...

kapan" jepret aku dong kang..hehe
ntr buat prawedding sm do'i.. kapan yaah, ixixi

Maman Achman said...

mangga wae atuh non, ditunggu undangannya, hehe..

ngomong-ngomong mana calon-nya, sesekali di posting buat artikel atuh, pasti kereen... :-bd

Kang Nurul Iman said...

Aduh kang maman ternyata diam diam punya bakat dalam bidang perphotoan nih, kalau begitu bisa dong motoin oe yang paling ganteng sa tasikmalaya, ahi hi hi.

Maman Achman said...

hehe, saya memang disitu nyari nafkahnya kang, mau di foto? boleh kang Nurul, mau gaya apa, gaya dada, gaya kodok atau gaya batu? hahaha...

Kang Nurul Iman said...

Ahi hi hi kalau saran sih gaya paling jelek saja kang biar jos gitu kan saya mau dikasih gaya apa saja tetap keyen gituh, maklum kang photo tidak berpengaruh untuk merusak kegantengan saya, ahi hi hi. Kok saya jadi sombong begini ya kang sungguh aneh ya.

Maman Achman said...

hihihi... mangga kang.. siap, saya hitung sampe seratus yah, hehe...

gapapa kang, sombong dikit buat diri sendiri mah gak masalah, maksudnya buat meningkatkan rasa ke-pede-an sepertinya boleh2 aja ga ada yang larang..

Admin bos said...

Nasib kita sama kang... Disela sela kesibukan dan tekanan dari berbagai pihak ya dudah resiko namanya juga kerja. Tapi srbagai blogger saya juga harus menyisakan waktu mencurahkan isi hati melalui ujung jari merangkai kata demi kata dan meluangkan sedikit waktu untuk berkunjungvje tempat sahabat.! Salam sukses lah pokok nya kang.!

Maman Achman said...

betul kang admin, menjadi seorang blogger buat saya selain menambah ilmu dan sahabat2 baru, juga bisa menghilangkan kepenatan disaat kita sedang stress atau tertekan oleh pekerjaan yang menumpuk, blogwalking berefek positif untuk menetralisir suhu otak yang sedang "mumet" hihihi...

Kang Nurul Iman said...

Aduh jangan terlalu sebentar dong kang ngitungnya nanti saya ketinggalan gayanya, ahi hi hi.

Post a Comment