Macam-Macam Artikel Versi Blog Saung Maman

Setelah googling di blog sahabat, saya menemukan ide untuk sekedar berbagi tips dan trik menulis artikel agar kita bisa mengupdate postingan blog disaat kita kehabisan ide. Saya melihat bahwa dalam menulis artikel blog ternyata ada beberapa macam jenis artikel.

Bila sobat memiliki banyak macam jenis artikel selain yang saya tuliskan disini, silahkan berbagi di kolom komentar untuk menambah khasanah pengetahuan kita tentang macam-macam jenis artikel, karena ilmu yang paling baik adalah ilmu yang dibagikan dan bisa bermanfaat untuk orang lain.

Berikut beberapa macam jenis artikel yang saya rangkum menurut versi saya:

1. Artikel Tutorial
Artikel Tutorial adalah artikel tentang sebuah pedoman atau cara. Artikel jenis ini paling banyak menyita waktu, karena kita harus mampu menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang pedoman atau cara membuat sesuatu, lengkap dengan petunjuk gambar, literatur dan sumber data yang kesemuanya harus mampu membuat pembaca memahami apa yang menjadi topik dari tutorial tersebut.


2. Artikel Ulasan
Artikel jenis ini merupakan ulasan tentang suatu topik baik hasil dari temuan di sekitar kita, bisa dari media massa seperti televisi, koran internet dan yang lainnya, ataupun berdasarkan opini kita sendiri tentang suatu hal yang sedang trend yang kita tuangkan dalam sebuah tulisan. Artikel jenis ini lebih mudah kita buat karena tidak terlalu membutuhkan banyak bahan penunjang.


3. Artikel Hasil Translate
Artikel jenis ini merupakan bahasan tentang suatu topik hasil dari terjemahan yang kita buat dari bahasa lain terutama bahasa inggris dengan menggunakan Google Translate ke dalam bahasa Indonesia lalu kita pastekan ke dalam blog dan mengeditnya dengan gaya bahasa kita sendiri.


4. Artikel Saduran
Artikel jenis ini merupakan saduran atau hasil copy dari sebuah artikel milik orang lain namun kita rubah secara garis besar agar tidak terkesan copy-paste, lebih baik lagi kalau kita menyertakan link sumbernya dan tidak terpaku hanya dari satu sumber saja, melainkan dari berbagai sumber dengan tema yang sama, agar konten artikel kita lebih bervariasi dan tidak monoton.


Demikian sekilas tentang Macam-Macam Artikel untuk bahan posting blog, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi para sobat yang sedang kehabisan ide ketika ingin mengupdate artikel blog.

Salam.
Macam-Macam Artikel Versi Blog Saung Maman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Levina Mandalagiri said...

Menulis artikel tentang tutorial atau tips memang perlu referensi plus ada bumbu pengalaman jadi lebih hidup yak artikelnya. Memang ada lama, belum lagi ditambahin info grafis atau gambar-gambar pelengkap supaya bisa lebih jelas dan supaya yang baca mudah membaca dan mengerti. Ada lagi artikel advertorial, Mas, kayaknya. Hehehe.

Kang Oim said...

Artikel diatas, sepertinya sudah banyak diperaktekkan oleh para blogger, termasuk saya, tapi saya ndak pernah tau apa kategorisasinya. makasih kang

Maman Achman said...

Iyak betul mbak Levina, butuh keahlian khusus sepertinya kalau untuk membuat artikel macam 'tu, tapi imbalannya pengunjung blognya juga mbludak karena memang banyak yang peminatnya.. :)

Maman Achman said...

betul kang Oim, kadang kita menulis ya hanya menulis aja nggak memperhatikan kategorinya, hehe...

ternyata kalau kita telisik lebih jauh, masing-masing artikel itu memiliki jenis atau kategori sendiri-sendiri.

Post a Comment