Ramuan Obat Stress Terbaru 2016

Membaca judul di atas teman-teman pasti mengira ini adalah sejenis obat-obatan baik itu berupa pil, sirup, puyer, jamu atau jenis lainnya. Tapi ternyata tebakannya salah, bukan itu yang saya maksud. Obat stress disini adalah  sebuah terapi sederhana tanpa bahan kimia atau campuran bahan lainnya, melainkan hanya berupa serangkaian tindakan yang dilakukan secara sadar dan terkontrol melalui kegiatan menulis.

Kenapa saya katakan menulis bisa menjadi sebuah ramuan mujarab untuk mengobati stress? Jawabannya ini karena saya mengalaminya sendiri. Kesibukan dan kepenatan dalam bekerja hanya bisa dihilangkan dengan membuat otak dan pikiran kita rileks namun terus bekerja dalam kondisi yang nyaman dan terlepas dari beban.

Lain halnya dalam pekerjaan, kita cenderung merasa tertekan baik dari dalam diri kita sendiri/faktor internal maupun akibat yang ditimbulkan dari luar/faktor eksternal. Faktor internal bisa berupa beratnya beban hidup yang membuat seseorang tidak konsentrasi dalam bekerja. Banyaknya kewajiban yang belum bisa dilaksanakan, lamanya waktu yang harus kita lewati untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, dll. Sedangkan faktor eksternal bisa berupa tekanan dari atasan, teman yang tidak koopratif atau dari pihak lain yang terkadang terlalu berlebihan dalam meminta pelayanan.

Bila tidak ada solusi yang tepat, beban hidup dan pekerjaan yang menumpuk bisa memicu stress dan gangguan kejiwaan yang tidak bisa dianggap remeh. Jangan biarkan semua itu terjadi segera lakukan tindakan positif untuk mengatasi kecenderungan mental yang semakin tertekan dengan melakukan hal-hal yang positif.

Salah satu langkah kongkrit dalam mengatasi stress dan tertekan adalah dengan menulis. Luangkan waktu walau hanya sedikit setiap hari untuk menulis apa saja dan biarkan pikiran kita merasa rileks dan santai kembali setelah seharian bekerja dan terkurung dalam kepenatan.

Menulis blog bisa dijadikan salah satu alternatif dalam mengobati stress, biarkan pikiran alam bawah sadar kita bekerja secara alamiah tanpa tekanan, karena saat menulis ide-ide kreatif akan muncul dengan sendirinya seiring dengan lincahnya gerak-gerik jari-jemari kita  ketika mengetik. Biarkan otak kita "terbang bebas" kemana ia mau tanpa harus berpikir terlalu berat, biarkan mengalir mengikuti kata hati..

Dan disaat tulisan kita sudah selesai, silahkan rasakan perbedaanya dengan disaat sebelum menulis tadi, pasti sobat-sobat akan menemukan perbedaannya. Ada rasa puas yang bersemayam dalam dada, setidaknya kita telah menyelesaikan satu tugas mulia yang sangat kita sukai sebagai seorang blogger, yaitu MENULIS!

Salam.

 



Ramuan Obat Stress Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Sonny Ogawa said...

Benar juga kang...dengan kegiatan menulis setidaknya kita bisa melampiaskan apa yang menjadi uneg-uneg. sehingga permasalahan yang ada menjadi tersalurkan dengan pisitif.

Namun demikian, terkadang kalau lagi stres susah juga untuk menulis kang karena tidak konsen.

Maman Achman said...

iya kang Sonny, ini sih menurut pengalaman saya lho, biasanya kalo udah nulis pikiran jadi plong!, hehe...

Mangadul Ganteng said...

ia mas menulis bikin bikin g stres apalagi kalo menulis curhatan. soalnya kalo curhatan teriak2 suka kedengeran orang

Maman Achman said...

hahaha... masa ci mang adul menulis sambil teriak-teriak.. nanti orang2 pada keluar rumah dong, xixixi...

Kang Nurul Iman said...

Aduh kang maman ini bikin saya kaget sekaligus kaget senang awalnya karena kalau tentang obat siapa tau kan obat saya gituh, ahi hi hi.
Memang keren juga nih ide kang maman untuk menarik minat pengunjungnya, hmm sepertinya harus belajar nih sama kang maman supaya bisa meningkatkan minat calon pengunjung.

Maman Achman said...

hehe... itu teh salah satu trik seo Kang Nurul...

btw hatur nuhun pujiannya saya jadi tersandung, xixixi...

Kang Nurul Iman said...

Kalau begitu pilih pilih kang tersandungnya jangan ke jurang nanti gak bisa ngeblog lagi amit amit kang jangan sampai begitu ya nanti saya mau diphoto siapa dong.

Maman Achman said...

hehe.. bisa aja Kang Nurul Iman ini.. :)

Post a Comment