7 Keutamaan Bulan Ramadan

Sahabat-sahabat Kang Maman yang baik, besok kita akan segera memasuki bulan suci Ramadan. Sudahkah kita mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan yang penuh berkah dan ampunan ini? Bulan dimana dilipatgandakan seluruh amal ibadah kita dan diampuni segala dosa dan kesalahan kita.

Sebagai renungan berikut saya share keutamaan apa saja yang terdapat dalam bulan suci Ramadan? Inilah ringkasannya:

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana kitab suci Al-Qur’an pertamakali diturunkan. QS. Al-Baqarah 185 menjelaskan:

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

2. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda
Setiap amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim pada bulan ramadan akan dibalas berlipat ganda, sampai 70 kali lipat sebagaimana tertuang dalam Hadist yang artinya:

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan (HR. Bukhori-Muslim).

3. Bulan Pernuh Keberkahan

Di bulan Ramadan, setiap muslim berkesempatan untuk mendapat keberkahan yang sangat banyak. Maka bila seorang muslim pada bulan puasa tidak memanfaatkan kesempatannya, bulan lain kemungkinan akan lebih buruk lagi. seperti diterangkan dalam hadist:

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

4. Ramadan Bulan Pengampunan Dosa
Pada bulan Ramadan seorang muslim selain berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya, juga diberi kesempatan untuk menghapus dosa-dosa, menjadikan seorang muslim suci kembali seperti bayi yang baru lahir. Sesuai Hadist Shahih:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadan ke Ramadan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

5. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup

Pada bulan Ramadan akan dibuka selebar-lebarnya pintu surga bagi umat muslim, dan ditutup pintu neraka sesuai Hadist dibawah ini:

“Jika datang Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)

6. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan


Berpuasa sebulan penuh pada Ramadan dapat membimbing umat Islam mencapai ketaqwaan. Sesuai surat dalam Al-Quran yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al Baqarah 183)

7. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam 10 hari terakhir pada bulan Ramadan merupakan waktu-waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut lebih baik dari seribu bulan. Diterangkan dalam Al Qur'an sebagai berikut:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

Demikian diantaranya keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadan, semoga kita bisa memaknainya dengan baik, agar ibadah puasa kita tahun ini lebih barokah dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.. amin Ya Robbal'alamiinn.
7 Keutamaan Bulan Ramadan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Hayardin said...

Tidak lama lagi bulan Puasa akan kita sambut ya Mas, semoga saja kita semua bisa meraih ke 7 keutamaan bulan ramadhan yang sudah Mas paparkan diatas

Dwi Sugiarto said...

Mudahan mudahan senantiasa diberi kesehatan supaya bisa menjalankan ibadah puasa sampai akhir

Effendi Nurdiaman said...

Semoga di bulan puasa tahun ini kita mendapat berkah yang berlipat ganda seperti yang di sebutkan di atas ya mas dan semoga di beri kesehatan serta kelancaran bagi kita semua yg menjalankan :)

Maman Achman said...

Iya mas Hayar... semoga ibadah puasa kita bisa berjalan dengan baik dan lancar :)

Maman Achman said...

Amiin... ya mas Dwi, saya mohon maaf juga yah sebelum masuk bulan Ramadan, semoga ibadah puasa kita mendapat barokah.

Maman Achman said...

Amiin... makasih kang Fendi, menyambut ramadan maafin saya yah bila selama berkomentar ada salah2 kata.

Admin bos said...

Semoga kita termasuk orang irang yang beruntung bisa mendapatkan malam lailatul Qodar, dan ibadah kita jauh lebih baik danbberkualitas dari tahun tahun yang telah lalu ya kang... Aamiin

Maman Achman said...

Amiiinnn...
Iya bang admin, mari kita berlomba-lomba memperbanyak ibadah di bulan Ramadan ini dan dibulan-bulan selanjutnya tentunya :)

bayar artikel said...

dibulan ramadhan setan pada dibelenggu, tapi tetep aja gan masih susang banget ngelawan hawa nafsu sendiri hehe

lam kenal :)

Maman Achman said...

Lam kenal kembali.., betul gan, hawa nafsu sendiri malah biasanya makin menjadi-jadi di bulan ramadan. Nah,dengan berpuasa diharapkan kita mampu mengekangnya asalkan puasanya benar-benar kita lakukan sesuai aturan.

Rahayu Wiandra said...

Mulianya org yg meninggal(kembali kehadapan Ilahi) di Bulan Ramadhan ya kang. Allah akan membukakan pintu surga untuknya. Kbanyakan memang org yg meninggal di Bulan Ramadhan org yg semasa hidupnya baik dan sholih..

Admin bos said...

Setuju kang semoga kesehatan selalu diberikan kepada kita semua srhingga dapat betibadah dengan baik setiap saat aamiin

DoNurdians said...

selamat menjalankan ibadah puasa kang...semoga amalan kita dibulan ramadhan ini bisa di terima Allah swt

Makasih atas ulasannya mas

Maman Achman said...

begitulah non, semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung mendapat berkah di bulan ramadan

Maman Achman said...

DoNurdians terimakasih attensinya dan selamat menjalankan ibadah puasa..

Maman Achman said...

Amiin.. amiin.. makasih, haturnuhun bang Admin..

Kang Nurul Iman said...

Subhanallah ternyata banyak juga ya kang kebaikan yang akan kita dapatkan dibulan ramadhan dan yang paling membuat saya semangat adalah untuk mendapatkan malam lailatul qadar yang mana sudah disebutkan kang maman diatas bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan subhanallah sungguh nikmatya kang karunia yang diberikan oleh allah swt untuk umatnya.

Maman Achman said...

sama saya juga kang, semoga kita semua bisa mendapatkan malam lailatul qodar tersebut ya kang.. amiinn...

Kang Nurul Iman said...

Iya kang mungkin alasan allah swt untuk merahasiakan malam lailatul qadar itu supaya umatnya senantiasa beribadah dan selalu bertaqwa kepadanya dengan menyebut namanya dan berdzikir.

Maman Achman said...

betul kang..

Yono Petani said...

Bulan suci bulan yang penuh berkah dan dinantikan semua orang termasuk mamang lembu

Admin bos said...

Aamiin demikian juga sebaliknya ya kang.!

Maman Achman said...

Semoga kita bisa meraih semua kemuliaan yang ada di dalamnya ya mang...

Post a Comment