Persiapan Mudik Lebaran 2016

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, bagi para perantau yang tinggal jauh dari kampung halaman, tentunya lebaran merupakan momen paling penting untuk bisa berkumpul bersama keluarga di kampung atau biasa diistilahkan dengan mudik.

Untuk melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman, kita tentunya harus melakukan berbagai macam persiapan agar mudiknya lancar dari mulai keberangkatan, diperjalanan sampai ke tempat tujuan dan berkumpul bersama keluarga.

Bagaimana supaya acara mudik kita berlangsung dengan baik dan tanpa hamabatan? Berikut ini adalah tips agar perjalanan mudik Anda terasa aman, nyaman dan menyenangkan hingga sampai tempat tujuan:

1. Cek Kondisi Kendaraan
Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan bermotor, periksa kembali kondisi ban, lampu, rem, kopling, kaca spion,  dan lain-lainnya. Usahakan semua kondisinya terjamin dan tidak mengalami kerusakan walau sekecil apapun.
2. Bawa Peta Mudik
Peta jalur mudik sangat penting untuk mengetahui jalur-jalur alternatif selain jalur utama secara detail siapa tahu ada kemacetan parah di suatu tempat. Peta lengkap untuk jalur mudik juga bermanfaat untuk mengetahui lokasi-lokasi fasilitas umum yang diperlukan bagi pemudik seperti SPBU, ATM, Rest Area dll.
3. Komponen Cadangan Kendaraan
Persiapkan dengan cermat komponen cadangan kendaraan untuk berjaga-jaga bila terjadi kerusakan onderdil kendaraan saat diperjalanan. Tidak selamanya disepanjang jalan kita menemukan bengkel, maka alangkah baiknya apabila Anda juga sedikit memiliki kemampuan memperbaiki kendaraan dalam keadaan darurat.
4. Mengatur Barang Bawaan
Bawalah hanya barang-barang yang benar-benar diperlukan saat mudik. Hindari membawa barang yang membuat repot, cukup membawa yang penting-penting saja. tinggalkan barang-barang yang tidak dibutuhkan, toh di kampung halaman juga kita masih bisa meminjam sama sanak saudara bila perlu.
5. Beristirahat Yang Cukup Saat Kelelahan
Untuk pemudik yang jaraknya cukup jauh, sebaiknya mempersiapkan fisik dan mental dengan baik. Beristirahatlah yang cukup, jangan lupa sarapan sebelum berangkat dan membawa bekal secukupnya untuk diperjalanan. Bila kondisi badan sudah terlalu lelah usahakan untuk beristirahat di rest area terdekat, hindari mengantuk saat mengemudi karena akibtanya akan sangat fatal.

Demikian Tips mudik lebaran kali ini, semoga bisa menjadi bahan referensi agar kita selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.
Persiapan Mudik Lebaran 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment