URL POSTINGAN BLOG TIDAK SESUAI JUDUL

Apakah sobat pernah mengalami saat memposting sebuah artikel, url postingan tersebut ternyata tidak sama dengan judulnya. Ini bisa jadi karena saat menulis posting blog, sobat lupa membuat judul terlebih dahulu. Akibatnya alamat url tersebut menjadi berebeda dengan judulnya.

Saya sendiri pernah mengalaminya dan merasa kurang sreg dengan salah satu artikel saya. Ada yang bilang ini akan mengakibatkan postingan kita jadi kurang SEO Friendly atau apalah. Yang jelas jadi kurang menariklah pokoknya.

Kalau artikel tersebut belum lama kita posting dan belum ada komentarnya, masih bisa kita edit. Caranya: Masuk ke dashboard blog kita lalu pilih artikel yang akan kita ubah url-nya dan kembalikan ke draft. Langkah selanjautnya. ubah permalinknya  menjadi khusus (ada di sebelah kanan editor) menjadi sesuai judul yang kita tulis. Pisahkan setiap kata dengan tanda ( - ) dan berakhiran .html.

Namun untuk artikel yang sudah lama dan sudah banyak komentarnya terutama dengan komentar disqus, akan timbul masalah baru. Seluruh komentar di postingan tersebut akan hilang alias menjadi nol. Sedangkan komentar yang bawaan blogspot tetap tersimpan. Jadi pikirkan baik-baik sebelum melakukan ini.

Demikian tips cara merubah url postingan blog agar sesuai dengan judul, semoga bermanfaat.
URL POSTINGAN BLOG TIDAK SESUAI JUDUL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Admin bos said...

Nah punya saya ada satu kang menyangkut kasus ini.! Yah telat kang memberi informasi Karena udah banyak konentarnya.. Hehe pengalaman kang tadinya gak tau menulis dulu baru buat judul akan bermasalah.. Trimakasih infonya ya kang.!

Maman Achman said...

iya ni bang Admin, saya juga mengalami kejadian ini pada postingan sebelumnya, lupa membuat judul akhirnya secara otomatis urlnya save sendiri.. jadi kacau, hehe...

Irham Sya'roni said...

Sungguh, saya makin cinta berkunjung ke blog Kang Maman yang ini. Soalnya, banyak hal-hal penting seputar IT dan dunia blog yang semula tidak saya ketahui menjadi terjelaskan di sini.
Seperti artikel ini, walaupun tampak sepele, tapi penting banget.
Makasih banyak, Kang.. Jangan bosan nularin ilmunya, ya...

Maman Achman said...

Aduh, saya jadi tersanjung nih pak... hehe.. Itulah yang menjadi motto hidup saya pak: Berbagi Itu Indah.. Dengan berbagi saya bisa mendapatkan kepuasan tersendiri apabila yang saya bagikan bisa memberi manfaat buat sahabat2 saya.

Terimakasih sekali lagi atas attensi bapak dan selalu berkunjung ke blog yang sederhana ini. Salam ukhuwwah.

Diar Nurhakim said...

Saya suka membiasakan pake permalink khusus buat postingan yang nembak kata kunci kang, biar SEO Friendly betul, sehingga mudah-mudahan nggak ngalamin yang kang maman alamin hehehehe, kecuali yang judul kalo posting cerita, suka pake permalink khusus suka enggak, nah kalo tips-tips biasanya sebelum di publish suka pake....

Siiiipppp kangggggg.... :D

Maman Achman said...

sip juga kang Diar, sebelum2nya saya kurang ngerti apa itu permalink, dengan kejadian ini akhirnya jadi sedikit tahu, ternyata permalink itu sangat penting dalam dunia blogging, mksh masukkannya kang...

Admin bos said...

Yah tu kang... Saya biarin aja jadinya he he he

Admin bos said...

Nah buat pernalink inivsaya juga gak paham kang... Harus lebih giat belajar nih kang.!

Hendra Suhendra said...

Nah baru aja saya alami,ternyata punya pengaruh besar ya, ngerubah dikit judul blog, diedit di peemailink, eh postingan malah ilang, hahaha 😂, tapi Alhamdulillah bisa lagi....

Maman Achman said...

aduh, koq bisa gitu kang hendra.. mungkin bukan hilang 'kali, cuman "ngumpet" lalu muncul lagi, hehehe...

Maman Achman said...

secara singkat bisa diartikan begini bang: Permalink adalah kependekan kata dari Permanent Link atau link permanen dari suatu halaman sebuah web atau blog, maka permalink ini adalah suatu alamat Url (uniform resource locator) pada setiap postingan yang kita buat.

Maman Achman said...

sama bang, saya udah coba rubah, tapi komen pada ngilang, akhirnya saya kembalikan ke semula, hehe...

Kang Nurul Iman said...

Kalau hal semacam ini sih kang saya belum pernah ngalamin tapi kalau judulnya salah satu huruf saya pernah ngalaminnya tapi pas saya ganti hurufnya kok urlnya masih bisa diklik ya kang sungguh aneh kan.

Maman Achman said...

kalau cuma salah satu huruf mungkin gak masalh kang, tapi kalau salah semua itu yang repot hahahaha... :)

Kang Nurul Iman said...

Ahi hi hi kalau itu mah kang sudah salah semua bukan salah lagi, tapi kalau begitu dari awalnya juga pasti sudah ketahuan dong kang kan kalau yang ini mah satu huruf jadi baru tahunya pas sudah dipublish.

Abdullah Al Pinrany said...

Waalaikumussalam sudah jadi dotcom sekarang kang , ia saya masih ingat waktu masih mamanachman blogspot itu pertama kali ngeblog dulu kang kira-kira tahun 2009 Alhamdulillah kita masih diberi umur panjang di atas islam kang

Maman Achman said...

Waálaikum salam wr.wb. Iya kang, blm lama saya ubah jadi dotcom. Sudah lama yah kita tak berkomunikasi, gimana sekarang ngeblognya makin lancar tentunya..

Alhamdulillah kang kita masih bisa menjalin silaturahmi walau hanya di dunia maya..

Post a Comment