Pokemon Go: Yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa hari belakangan ini saya begitu sering mendengar berita tentang Pokemon Go. Bahkan banyak cerita-cerita lucu bahkan heboh seperti pada gambar disamping ini, gak percaya baca aja sendiri, dijamin ngakak, wkwkwkw... 

Apakah ini merupakan kebangkitan kembali game yang pernah hadir beberapa tahun yang lalu?

Ya, betul sekali. Hanya saja kali ini dalam bentuk aplikasi di game smartphone (android) dengan menggunakan sistem navigasi GPS. Cara memainkannya dengan mengikuti petunjuk yang ada di smarthpone untuk menangkap bola-bola dan boneka monster yang unik dan lucu seperti Pikachu dan Jigglypuff di lokasi-lokasi tertentu dan menjinakannya untuk dilatih menjadi ''monster peliharaan''  agar menjadi lebih pintar.


Tahukah kalian, di tahun 90-an monster-monster lucu ini sangat populer dalam permainan Nintendo dan Game Boy.
Waktu itu kartu-kartu game pokemon sangat laku untuk ditukarkan baik di taman bermain, di sekolah-sekolah 
dan tempat-tempat lainnya. Pokemon hadir jauh sebelum Minecraft dan bahkan sebelum adanya permainan  Tamagotchi.

Tadinya, Pokemon di Game Boy dan DS (Nintendo) adalah program kartun dengan teknologi yang sangat sederhana serta hanya tukar menukar kartu, namun kali ini telah diperbaharui menjadi sebuah game populer di ponsel pintar.

Beberapa nama yang perlu kamu ketahui tentang Pokemon Go bisa kamu baca dibawah ini:

Pokemon: pocket monster atau monster saku
Pokestop: tempat-tempat penting
Pokeball: tool atau peralatan yang dapat dilempar untuk menangkap Pokemon untuk dilatih
Gym: lokasi dimana Pokemon bertanding dengan monster yang lain
Pikachu: Ini dia Pokemon yang paling mashur dan menjadi ikon di negara Jepang sana.





Game ini bisa didapatkan dengan mendownloadnya di toko-toko aplikasi seperti App Store untuk pengguna iPhone atau Google Play bagi para pengguna Android. Game ini gratis namun layaknya game gratis lainnya, biasanya ada hal-hal yang mesti dibeli saat kamu masuk dalam permainan ini.

Untuk sementara ini Pokemon Go baru dapat mainkan dengan baik di negara Australia, Selandia Baru dan AS dan akan dirilis di Jepang, kabarnya segera menyusul..

Di Indonesia sendiri, Pokemon Go belum beredar, namun banyak para gamer yang mendownload aplikasinya melalui APK (Android application package) yang disebar di situs-situs game yang banyak beredar di internet.

Saking banyaknya orang yang memainkan game ini seringkali server mengalami gangguan karena tidak kuat menampung banyaknya peminat game yang sangat unik ini. Terdengar kabar, akibat kejadian tersebut maka pengembangnya yaitu Niantic yang didirikan perusahaan induk teknologi raksasa tersebut, Alphabet Inc– untuk sementar menunda dulu peluncuran game ini di seluruh dunia.


Lalu, kejadian apa saja yang pernah dialami saat seseorang memainkan Pokemon Go? Simak beberapa yang berikut ini:

  • Seorang perempuan di AS menemukan mayat saat dia sedang mencari Pokemon di sebuah sungai. Polisi berkata pria itu sudah tewas sekitar 24 jam.
  • Empat orang ditangkap polisi setelah mereka ketahuan menggunakan game ini untuk menggiring para pemain ke tempat yang sepi dan merampoknya dengan senjata.
  • Menanggapi kejadian ini, pengembang Pokemon Go menyarankan agar orang-orang sebaiknya bermain dengan teman atau orang yang dikenal saja dan selalu waspada setiap saat. 
  • Banyak juga laporan mengenai orang-orang yang terjatuh dan mengalami luka-luka saat terlalu asyik bermain game Pokemon Go di jalanan. 
Melihat fenomena ini apakah Anda yakin akan merasa aman memainkan game ini? Sebaiknya memang dilakukan dengan bijak, boleh-boleh saja bermain, asal ingat waktu dan tempat, jangan terlalu asyik bermain lalu lupa diri dan keadaan yang akhirnya dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Beberapa orang mengaku jika permainan ini  seakan-akan bekerja dengan waktu nyata, saat anda berada dekat dengan pemain lain, itu memang nyata karena Anda melihat mereka di kehidupan sebenarnya.

Saat Anda mendaftar, Anda diminta mengizinkan Niantic Labs untuk memakai lokasi dan membaginya secara online. Dengan begitu Image copyright EPA Image caption Dunia yang anda lihat di Pokemon Go bisa selaras dan sinkron dengan dunia nyata.

Ketentuan semacam ini hampir sama dengan apa yang diminta semua media sosial lain. namun Anda bisa saja mematikan fungsi ini, hanya saja jika hal ini dilakukan, game Pokemon Go tidak dapat dimainkan dengan sempurna, tentunya tiadak seru dong...


Apakah game ini telah sukses sejauh ini? 

Ini baru dimulai! Perjalanan masih jauh, Sepertinya game Pokemon Go ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bagaimana perkembangan game ini selanjutnya? Kita lihat saja nanti..


Pokemon Go: Yang Harus Kamu Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment