Semangat Mengendur Setelah Liburan? Ini Solusinya...

Liburan panjang lebaran telah usai, kini saatnya kita kembali melakukan aktifitas seperti semula. Liburan memang sangat menyenangkan, apalagi libur panjang lebaran yang biasanya diiringi dengan cuti bersama yang berlangsung cukup lama. Setelah masa liburan usai biasanya semangat untuk bekerja akan mengendur, akibat efek terlalu lama beristirahat dan bersantai yang masih terasa hingga memasuki masa kerja

Lalu kiat apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi mengendurnya semangat kerja setelah liburan? Berikut ini tips-nya yang bisa kita lakukan, semoga bisa membantu:
 

1. Ubah Pola Pikir Menjadi Positif

Saat masuk hari pertama kerja setelah liburan tentunya kita akan disibukan dengan begitu banyak pekerjaan yang menumpuk yang kita tinggalkan saat liburan. Jangan panik, berpikirlah positif dan katakan dalam hati bahwa ini adalah pekerjaan  yang harus saya selesaikan satu persatu dengan baik. Bayangkan kalau saat masuk kerja tapi tidak ada satupun pekerjaan yang menanti keterampilan kita, tentunya kita akan merasa tidak enak bukan? Syukuri pekerjaan yang menumpuk sebagai anugerah karena kita masih diberi pekerjaan, sementara di luar sana masih banyak orang yang masih kebingungan mencari pekerjaan.


2. Dahulukan Yang Mudah

Saat mulai pekerjaan, dahulukan pekerjaan yang mudah. Ini akan membantu kita dalam melancarkan semua kegiatan menjadi lebih dari yang kita harapkan. Ibarat berolahraga, kita memerlukan pemanasan agar tidak mengalami cedera saat melakukan gerakan-gerakan dalam olah raga. Begitu juga dalam pekerjaan, apabila kita telah berhasil melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mudah, bisa dipastikan kita juga akan mampu menyelesaikan pekerjaan berikutnya yang jauh lebih sulit karena tubuh kita sudah siap untuk melakukannya.



3. Bekerja Sesuai Kemampuan

Saat pekerjaan menumpuk, jangan memaksakan diri untuk mengerjakannya di luar batas kemampuan kita. Hindari kerja lembur yang hanya akan memporsir tenaga, namun berakibat buruk bagi kesehatan. Ingatlah masih ada keluarga yang membutuhkan kehadiran kita di tengah-tengah mereka. Kalau kita sakit, tentunya semua akan menjadi susah dibuatnya. Bekerjalah sesuai batas kemampuan, jangan memaksakan diri.


4. Bekerjasama Dengan Teman

Saat pekerjaan tidak bisa lagi kita tangani sendirian, jangan malu untuk meminta bantuan teman untuk membantu meringankan pekerjaan kita. Tentunya memintanya dengan cara yang bijak, begitu pula saat teman meminta pertolongan kita jangan ragu untuk membantu. Bukankah bekerja sebagai sebuah tim itu jauh lebih baik? Maka saling membantu sesama teman bisa menjadi solusi terbaik dalam mengatasi pekerjaan yang menumpuk.

Demikianlah yang bisa dilakukan untuk mengatasi semangat kerja yang mengendur setelah liburan panjang. Apabila masih merasa kurang bahagia dalam melakukannya itu berarti kita kurang mencintai pekerjaan. Padahal salah satu kunci agar bisa sukses dalam pekerjaan adalah dengan mencintainya. Pekerjaan kita adalah napas hidup kita, maka barang siapa ingin terus bertahan hidup maka ia harus membuatnya terus hidup dan melakukan semua pekerjaan dengan sepenuh hati.

Setelah membaca ini, apakah Anda masih terus mengeluh tentang pekerjaan yang menumpuk setelah liburan? Jika iya cobalah menemukan sisi menarik dari pekerjaan Anda dan tetaplah tersenyum karena itulah yang bisa membuat kita terus bertahan hidup. Jangan berpikir negatif karena hal itu hanya akan membuat Anda tidak bersemangat dan akan kehilangan potensi besar  yang boleh jadi sedang menunggu di depan mata!


Salam! 


Semangat Mengendur Setelah Liburan? Ini Solusinya... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment