Dirgahayu Republik Indonesia Ke-71


17 Agustus adalah tanggal yang sangat bersejarah bagi kita bangsa Indonesia. Tidak terasa, sudah 71 tahun negara kita Indonesia menjadi negara yang merdeka. Banyak sekali perubahan positif yang telah kita alami, semua berkat jasa para pejuang kemerdekaan dan para pemimpin dinegeri tercinta ini. 

Namun kita juga sadar, belum merasakan sepenuhnya “Merdeka 100%”. Masih ada begitu banyak hal yang perlu diperbaiki seperti tindak korupsi, kesenjangan sosial, dan yang lainnya yang masih perlu dibenahi. Dan kita sebagai putra-putri penerus bangsa, butuh kerja lebih keras lagi, kerja cerdas dan inovasi baru agar pembangunan yang kita inginkan bisa segera terealisasi dan dapat dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

Kita perlu menemukan solusi trik-trik baru dalam mengisi kemerdekaan, bukan saling mencari kesalahan orang lain yang tidak ada habisnya. Mari kita berusaha menjadi warga negara yang baik. Jadilah warga yang bisa dibanggakan, tidak hanya jadi penonton. Tunjukkan kalau kita adalah bangsa yang besar, selalu melakukan hal yang  positif, serta menghilangkan yang negatif. Kita harus yakin, kedepan nanti Indonesia bisa berubah menjadi lebih baik lagi! 


Berbicara tentang peringatan 17 agustus dan melihat acara penaikan dan penurunan bendera merah putih di televisi, saya jadi teringgat masa lalu. Waktu itu saat masih SMP saya pernah juga menjadi pasukan pengibar bendera untuk acara 17-an selama 3 tahun berturut-turut. Sekolah saya SMP Negeri 1 Cigudeg-Bogor, dipercaya oleh pihak kecamatan untuk menjadi pasukan pengibar bendera. Walaupun hanya tingkat kecamatan, tapi saya merasa cukup bangga kala itu.

Terus terang, menjadi pasukan pengibar bendera itu tidak mudah, butuh latihan keras dan kerjasama tim yang baik. Pelatihnya saja dari pihak Koramil, maka gaya melatihnya juga seperti tentara, tegas dan penuh disiplin.

Dan Alhamdulillah, selama 3 tahun berturut-turut menjadi pasukan pengibar bendera tingkat kecamatan, semuanya berjalan sukses. Sayangnya waktu itu saya belum kenal dunia fotografi, jadi tidak ada dokumentasinya.



Dirgahayu Republik Indonesia Ke-71 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment