Ngaku Blogger? Harus Tahan Banting!

Anda mengaku seorang Blogger? Nanti dulu, tidak semudah itu keleesss... jadi blogger itu banyak rintangannya, jadi jangan buru-buru mengaku diri sebagai seorang blogger bila belum mampu melewati berbagai halangan dan rintangan serta aral yang melintang didepan mata. Emang apa saja sih yang menjadi halangan atau rintangan untuk layak disebut seorang blogger? Pasti pertanyaan ini menyeruak di benak sobat semua. Nah, mari kita bahas satu persatu apa saja itu.

1. Yang paling kuat rintangannya bagi seorang blogger itu adalah Konsistensi. Pekerjaan utama seorang blogger itu adalah menulis. Kalau tidak bisa menulis, jangan bermimpi jadi seorang blogger. kalau bisa menulis tapi hanya sesekali saja alias jarang update artikel, jangan pula bisa berharap akan berumur panjang menyandang predikat sebagai seorang blogger. Jadi, sebelum sobat memutuskan untuk serius menggeluti dunia blogging, tanyakan terlebih dahulu pada diri sendiri, apakah saya akan konsisten dalam menulis? Apakah saya akan rajin mengupdate artikel? Kalau jawabanya adalah tidak, sebaiknya urungkan niat sobat untuk menjadi seorang blogger.

2. Rintangan yang kedua adalah Blog Walking (BW). Untuk bisa mempunyai sebuah blog yang ramai pengunjung, kita harus rajin melakukan kunjungan ke blog-blog lain sekedar bersilaturahmi, meninggalkan komentar mengenai topik  yang sedang dibahas oleh blogger lain, sekedar say hello, atau menanyakan sesuatu tentang hal yang tidak dimengerti pada blogger yang sudah berpengalaman, menjadi hal yang sangat penting bila ingin menjadi seorang blogger sukses. Jangan harap blog sobat akan dikunjungi oleh orang lain bila sobat sendiri hanya berfokus menata blog sendiri tanpa mau mengunjungi blog lain dan meninggalkan kesan positif buat mereka. Yakini bahwa benih kebaikan sekecil apapun yang sobat semai di tempat lain akan berbuah manis bila saatnya tiba dan menjadi hadiah terindah yang akan menjadi pengobat rasa lelah kita di masa lalu.

3. Harus Tahan Banting! Ada kalanya disaat kita mengunjungi blog sahabat dan meninggalkan komentar disana, kita berharap sahabat tersebut mau berkunjung balik ke blog kita. Namun karena satu dan lain hal, bisa saja sahabat kita tersebut tidak melakukannya. Disini kearifan dan kebesaran hati kita sedang diuji. Apakah kita bisa bersikap sebagai seorang ksatria yang mau Berpikir dan Berjiwa Besar, atau mengerdilkan diri sendiri dengan membalas untuk tidak lagi mengunjungi blog tersebut, alias melakukan balas dendam? Disinilah akan terlihat nantinya, bila sobat mengaku seorang blogger sejati, maka yang perlu sobat lakukan adalah terus berkunjung ke blog manapun dan tanpa mengemukakan alasan apapun, pokoknya terus melakukan blog-walking dan selalu bersikap positif karena menyadari bahwa saling berkunjung sesama blogger itu adalah merupakan hal yang "wajib " bagi seseorang yang mengaku dirinya sebagai blogger.

4. Saling Memahami. Ada kalanya dalam berkomentar kita melakukan hal-hal yang sedikit "gila". Walaupun maksud hati sekedar bercanda, namun yang namanya manusia terkadang suka kebablasan. Tentunya sobat pernah mengalami mendapatkan kata-kata yang kurang pantas, sedikit kasar, agak nyelekit, dan sejenisnya. Dalam hal ini, bila keadaan hati kita sedang dalam keadaan aman dan terkendali, tentunya kita bisa menerimanya dengan santai dan tanpa beban. Namun lain keadaannya bila suasana hati kita sedang galau, atau sedang dirundung masalah, bisa saja kita akan tersulut emosi dan membalasnya dengan kata-kata yang kurang pantas juga. Hal ini jangan sampai terjadi. kembangkan sikap saling memahami, dan ketahui karakter masing-masing sahabat-sahabat blogger kita agar kita bisa membalas komentar atau kata-kata yang kurang baik dengan kata-kata yang tetap tenang dan mampu menyejukan hati.

5. Siap Sukses Harus Siap Gagal. Hal yang paling diinginkan oleh seorang blogger dalam jangka panjang adalah ingin mendapatkan kesuksesan (baca: meraih penghasilan) dengan aktifitas ngeblog yang dirintisnya dari sekarang. Namun apa jadinya bila yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Salah satu contoh yang paling banyak terjadi adalah, ketika seseorang berjuang begitu keras untuk bisa menjadi seorang penayang Google Adsense, namun selalu kandas dan tak pernah disetujui. Lagi-lagi disini jiwa besar kita kembali diuji. Menyerah begitu saja, atau terus berupaya sambil berusaha memperbaiki apa-apa yang dirasa kurang  atau belum maksimal? Jangan pernah bermimpi menjadi seorang blogger bila takut gagal, tapi sebaliknya, untuk menjadi blogger sukses, sobat harus siap menerima kegagalan bukan untuk menyerah, tapi menjadikan kegagalan sebagai cambuk agar mau berusaha lebih baik lagi.

Untuk bisa menghasilkan benefit dari blog, bukan hanya bisa didapatkan dari satu sumber saja. Masih banyak cara lain, menjalani Bisnis Affiliasi misalnya atau memasang iklan mandiri, dan lain-lain. banyak jalan menuju Roma istilah kerennya. Cari dan temukan cemistrimu dalam ngeblog, dengan terus berusaha pantang menyerah, selebihnya serahkan pada Yang Maha Kuasa atas segala usaha yang kita lakukan, dan yakinlah tidak ada usaha yang sia-sia asalkan kita ikhlas menjalaninya.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal ingin Admin sampaikan dalam artikel Ngaku Blogger? Harus Tahan Banting! kali ini, namun untuk sementara, itu saja dulu yang bisa saya share, Insya Allah dikesempatan lain bisa dilanjutkan kembali.

Salam.


Ngaku Blogger? Harus Tahan Banting! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment