Hati-Hati! Virus Zika Bisa Menular Lewat Air Mata

Penyebaran virus Zika yang makin marak di Asia Tenggara belakangan ini sungguh mengkhawatirkan. 

Seperti kita ketahui virus Zika adalah sejenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Gejalanya mirip dengan penyakit demam berdarah. Pada beberapa kasus yang menimpa ibu hamil, virus ini bisa menyebabkan kerusakan pada ukuran otak bayi.

Para penelitu juga memukan bahwa para bayi yang terinveksi virus Zika mengalami sakit mata seperti peradangan saraf optik, kerusakan retina dan kebutaan. Sedangkan pada orang dewasa bisa menyebabkan peradangan selaput mata.

Menurut seorang peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa virus Zika bisa menular melalui air mata. Kesimpulan ini dia dapat setelah melakukan percobaan pada seekor tikus.

Uji ini menjelaskan kenapa pada beberapa pasien ada yang mengalami sakit mata bahkan sampai mengalami kebutaan. Masih belum jelas bagaimana virus bisa masuk ke dalam mata, namun kemungkinan besar virus tersebut bisa melintasi penghalang darah-retina yang memisahkan mata dari aliran darah dan masuk ke syaraf optik mata.

Semoga saja para peneliti segera dapat menemukan vaksin mujarab untuk menghentikan penyebaran virus yang cukup meresahkan ini, agar kita bisa tenang bepergian kemana saja.

Untuk menghindari tertularnya virus Zika yang bisa kita lakukan adalah menghindari kontak langsung dengan penderita, dan biasakan hidup dalam lingkungan yang bersih.

 
Hati-Hati! Virus Zika Bisa Menular Lewat Air Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment