Pentingnya Update Artikel Blog

Beberapa hari belakangan ini Admin agak jarang meng-update artikel blog, akibatnya pageview dan jumlah visitor-pun langsung menurun. Apakah sobat-sobat juga mengalami hal yang sama?

Salah satu penyakit yang sering menghinggapi para blogger newbie adalah malas meng-update artikel. Jangan salahkan orang lain bila keadaan ini dibiarkan akan berakibat kemalasan semakin bertambah karena efek berantai yang ditimbulkannya tak bisa dihindari.

Sekali kita lalai dalam meng-update artikel atau postingan maka imbasnya akan berdampak begitu buruk terhadap perkembangan blog. Pertama, kita akan semakin malas menulis, malas blogwalking, malas memberi komentar dan yang paling parah adalah malas membuka komputer atau laptop.

Yang punya gadget canggih mungkin masih mending bisa update seperlunya melalui gadget walaupun tidak sesempurna dengan menggunakan komputer atau laptop. Tapi bagi pengguna gadget 'edisi kadaluarsa' tentunya akan mengalami kesulitan bukan?

Dampak buruk yang kedua adalah peringkat Alexa Rank langsung merosot dalam jumlah yang cukup signifikan. Ini saya alami sendiri ketika rajin update minimal 1 artikel dalam 1 hari angkanya terus membaik, dari hari ke hari selalu ada peningkatan. Tapi setelah jarang update (lebih dari 3 hari tanpa posting dan BW) maka peringkat Alexanya-pun langsung turun dengan angka cukup besar mencapai belasan ribu. Cukup menyesakkan!

Kemudian yang ketiga yang tak kalah ruginya adalah kehilangan mood atau ide untuk membuat bahan postingan. Ini yang tidak boleh sampai terjadi. Sebenarnya ide itu selalu ada walaupun hanya sedikit saja, asalkan kita bisa mengalahkan rasa malas tersebut ide sekecil apapun masih bisa menjadi sebuah hal yang besar bila kita mampu mengembangkannya.

Jadi kalau boleh saya simpulkan, untuk membuat blog kita agar tetap bagus posisinya adalah dengan selalu rajin meng-update. Jangan sampai terjadi kekosongan dalam waktu yang terlalu lama. Buat para mastah yang blognya sudah stabil sih mungkin tidak ada masalah walaupun mereka jarang update, blognya tetap bagus karena memang mereka telah menancapkan blognya di mesin pencarian dengan sangat baik.

Nah, buat kita-kita yang blognya masih kembang-kempis istilahnya, hindari malas meng-update blog, karena sekali saja kita malas meng-update, siap-siap aja untuk ketinggalan dari yang lain dan harus berusaha bangkit kembali dengan mengerahkan sekuat tenaga agar bisa kembali ke posisi seperti yang kita inginkan.

Kiranya cukup sekian curhatan saya tentang Pentingnya Update Artikel Blog ini, semoga bisa menjadi bahan pembelajaran buat kita semua.


Pentingnya Update Artikel Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment