Cara Terbaik Optimasi SEO Onpage Blog

Seringkali kita bertanya-tanya: Kenapa blog saya tidak memiliki pengunjung yang banyak, padahal saya sudah punya blog berumur cukup lama? Kenapa dan apa alasannya? 

Salah satu alasan yang bisa dikemukakan adalah yaitu karena artikel kurang berkualitas baik dari segi orisinalitas tulisan, struktur kode dalam blog, atau dari sisi optimasi seonya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?  Jawabannya adalah ubah perilaku pembuatan artikel yang biasa-biasa saja, lakukan optimasi terhadap artikel yang kita buat, lakukan optimasi SEO Onpage.

Apa itu Seo Onpage?

Seo Onpage  adalah gabungan faktor-faktor yang bisa menentukan teroptimasi atau tidaknya website terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, kita akan melakukan perbaikan/optimasi di dalam website secara manual dengan melakukan perbaikan yang dilakukan oleh diri kita sendiri.

Optimasi onpage bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kita memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung, dan benar-benar  memiliki kualitas terbaik. Blog yang baik harus memiliki dua kunci utama yaitu: relevansi dan kualitas.

Jadi secara singkat bisa dijelaskan bahwa Seo Onpage adalah optimasi yang datangnya atau perilakunya berasal dari dalam blog kita sendiri. Maka sebagai admin, kitalah yang menentukan optimasinya tersebut, mulai dari urutan struktur kode  artikel, pemilihan kata-kata, sampai pembidikan kata kunci yang ingin kita bidik. Nah, sekarang mari kita pelajari cara dan sekaligus tips untuk mengoptimasi blog dengan teknik seo onpage agar blog kita lebih memiliki kualitas lebih baik dibanding sebelumnya.

Salah satu ciri blog yang baik adalah memiliki kriteria sbb. :
  • Memberikan manfaat yang maksimum bagi pengunjung/user
  • Memiliki perbedaan dan lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis
  • Memilki pengunjung setia dan selalu dikunjungi dalam waktu yang lama dan berkesinambungan
  • Membangkitkan rasa selalu ingin mengunjungi, karena merasa membutuhkan blog tersebut
  • Mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang dicari oleh pengunjung
Perlu kita ketahui juga bahwasanya Google  menyatakan kalau mereka menentang konten yang:
  • Terlalu kurus (thin) alias tidak berbobot
  • Tidak mampu memberi nilai tambah bagi pengunjung
  • Konten tidak asli atau hasil copas
  • Membuat pembaca kecewa karena konten tidak bermutu
Kalau konten artikel anda masuk ke dalam salah satu kategori yang disebutkan diatas tersebut, maka jangan berharap akan mendapatkan peringkat yang tinggi. Google dan mesin pencari yang lain secara aktif  selalu memperbaharui algoritma-nya. Semakin ke depan, mereka akan semakin tahu cara memahami kualitas dari sebuah konten.
Berikut, beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam melakukan optimasi Seo Onpage agar blog kita tampil lebih baik:

1. Penentuan Jumlah Kata dalam Artikel  
Jumlah kata minimum dalam sebuah artikel yang di sarankan dan di rekomendasikan oleh para mastah dan pakar untuk blogger yaitu adalah minimal 300 kata tiap artikel. Apabila artikel kita sudah membuat 300 kata atau lebih per-artikel, maka seo onpage untuk kategori kata boleh dibilang sudah layak atau memiliki score SEO terbilang bagus.

2. Penentuan Keyword di Judul Artikel 
Pada judul artikel atau title-tag dengan memiliki struktur sbb.: kode<title>Judul Artikel</title> , haruslah berisikan atau disisipkan kata kunci yang kita bidik, sebaiknya peletakannya yaitu berada pada kata pertama judul artikel .

3. Menambahkan Kode Alt Tag pada Gambar

Alt Tag pada gambar yang kita posting juga sangat di rekomendasikan oleh para mastah di dunia blogging, karena hal ini bertujuan bukan hanya mengoptimasi gambar tersebut agar muncul pada halaman pertama google, tetapi juga memberikan kontribusi yang penting untuk meningkatkan nilai score-seo .

4. Penempatan Link Outbound dan Inbound
Pada setiap artikel  berikan minimal 1 link inbound dan minimal 1 link outbound, link in merupakan link antara artikel yang baru dengan artikel yang lainnya (dalam satu blog). Link inbound bisa meningkatkan jumlah pageview pada artikel sebelumnya, sebagai contoh cek  Artikel ini 
yang merupakan salah satu yang paling banyak dibaca. Link inbound bisa membantu agar artikel kita yang sebelumnya dapat dijelajahi oleh pembaca.  Sedangkan link outbound merupakan link dari artikel yang mengarah ke artikel atau laman blog lain.

5. Mengataur Kerapatan Kata Kunci (Keyword Density) 

 Sebaiknya kerapatan keyword atau kata kunci juga kita atur sebaik mungkin karena ini bisa menjadi salah satu faktor penentu seo-onpage google, kerapatan atau keyword density yang bagus untuk seo banyak dibahas di berbagai blog tutorial.

6. Meta Description 

Siapa yang tidak tahu dengan meta description ? Meta description merupakan pemaparan atau deskripsi dari judul bisanya tidak lebih dari 120 kata, juga bisa kita tempatkan kata kunci yang kita bidik didalamnya. Ini sangat penting karena disinilah pertama kali google akan mengcrawl judul, url dan deskripsi, maka pastikan penempatan pada deskripsi sudah maksimal.

7. Penempatan Keyword pada Permalink 
Atur sebaik-baiknya cara menempatkan salah satu Keyword atau kata kunci permalink dari sebuah artikel, ini  juga sangat dianjurkan. Pengaturan permalink pada blogger bisa kita lakukan dengan mudah. Pastikan keyword yang ditarget juga di tempatkan pada url artikel tersebut.

8. Banyaknya Karakter pada Judul   

Rekomendasi jumlah karakter pada judul adalah antar 40-70 karakter. Hindari menggunakan terlalu banyak karakter pada judul, karena penggunaan judul yang terlalu panjang atau terlalu banyak karakter berakibat kurang bagus untuk SEO Onpage blog.

9. Fokus Keyword Berada di Paragraf Pertama 

Fokus keyword juga diusahakan harus berada di paragraf pertama pada setiap artikel, seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya, bahwa google meng-crawl artikel blog dari atas dan biasanya google meng-crawl sampai 150 kata pertama. Namun hindari menempatkan kata kunci pada paragraf pertama terlalu rapat, karena nantinya akan mengakibatkan artikel tersebut dinilai tidak relevan atau matching dengan kata kunci.

10. Focus Keyword di H2 (Heading 2) 

Kelengkapan heading pada tiap artikel juga menjadi salah satu faktor penting optimasi seo-onpage pada sebuah artikel, sangat direkomendasikan membuat h1, h2, h3 atau sampai h6. Hal tersebut akan menambah point score-seo.

11. Tidak Membidik Kata Kunci yang Sudah Dibuat Sebelumnya
Para pakar seo yang sudah mahir tidak merekomendasikan membuat artikel blog dengan kata kunci/keyword yang sama persis dengan artikel yang telah dibuat pada postingan sebelumnya, karena nantinya akan terjadi bentrok. Kata kunci yang sama tidak akan muncul menjadi page-one mesin pencari.

12. Deskripsi Meta yang Menarik
Meta deskripsi blog memang bukan satu-satunya yang bisa membuat blog lebih kompetitif, namun alangkah baiknya bila kita memiliki Meta deskripsi blog yang menarik, karena itu akan merupakan nilai lebih yang bisa meningkatkan penilaian google terhadap blog kita dibanding blog lain yang tidak memiliki meta deskripsi yang baik.

Sementara cukup sekian saja pembahasan mengenai Cara Terbaik Optimasi SEO Onpage Blog kali ini, lebih kurangnya mohon untuk dikoreksi, semoga ilmu yang kita bagikan bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.


Cara Terbaik Optimasi SEO Onpage Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment