logo blog

Cara Jitu Membuat Judul Artikel Blog Yang Menarik

Saat sobat memutuskan untuk menjadi seorang blogger, tentunya sobat tahu konsekwensinya yaitu harus mampu membuat tulisan yang baik dan berbobot. Setelah mampu membuat tulisan yang baik, tentu sobat punya target berapa orang yang sobat inginkan untuk membaca tulisan yang di posting? Jawabannya pasti seragam: sebanyak-banyaknya!


Faktanya, banyak tulisan yang di buat hanya menjadi tumpukan naskah yang tidak cukup berarti lantaran memiliki daya baca (readership) yang rendah. Ada banyak faktor yang menentukan daya baca, diantaranya: kualitas materi atau isi, nilai kebutuhan pembaca (demand), gaya penulisan, minimnya publikasi (sosmed, dll), Optimasi Search Engine (SEO), dan masih banyak lagi.

Ada satu hal yang seringkali kita lupakan, namun sebenarnya menyumbang persentase cukup besar dalam hal ketertarikan pembaca pada sebuah artikel, yaitu: Judul. Karenanya admin tergugah untuk membuat artikel Cara Jitu Membuat Judul Blog Menarik ini.

Sedemikian besarkah pengaruh judul bagi sebuah blog? Jawabannya adalah: Sangat penting! Ibarat rumah, judul artikel adalah pintu gerbang. Judul adalah ringkasan teramat singkat bagi sebuah artikel yang di bahas di dalamnya.

Perlu kita sadari, pengunjung atau pembaca akan memutuskan terus membaca atau tidak, umumnya berdasarkan informasi yang dia dapat dari judul artikel. Banyak artikel yang bagus pada akhirnya menjadi sia-sia ditulis lantaran tidak memiliki judul yang menarik. Ini karena penulisnya lupa membuat judul yang atraktif yang sebenarnya teramat sangat penting.

Cara Jitu Membuat Judul Blog Menarik
Membuat Judul Artikel Blog Menarik


Membuat judul artikel, ibaratnya membuat senjata ampuh yang mampu menghipnotis pembaca untuk tetap membaca. Jangan membuat judul yang membosankan, buatlah sekreatif mungkin, pembahasan selengkapnya akan di jelaskan di bawah, maka teruslah membaca.

Perlu kita ketahui bahwa dalam membuat artikel, segala hal yang terkait di dalamnya memiliki efek psikologis. Judul yang menarik, membuat penasaran, menimbulkan rasa ingin tahu, membujuk, di tambah dengan materi yang memadai dan kaya akan informasi, semuanya harus merupakan satu kesatuan, jangan terpisahkan.

Perlu di tegaskan di sini bahwa membuat judul yang menarik bukan berarti mengabaikan isi konten. Konten yang baik tentu lebih diharapkan karena akan membuat pembaca cukup terbantu dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Beberapa judul artikel memiliki efek luar biasa bagi suatu konten karena memilik kelebihan dilihat dari sisi tata bahasa maupun topik yang di pilih. Banyak yang bisa kita pelajari untuk mendapatkan hasil maksimal dengan hanya membuat judul yang menarik saja. Selanjutnya tinggal menentukan bagaimana kita membuatnya agar konten bisa sinkron dengan judul yang kita buat.

Potensi klik yang tinggi banyak di dapatkan dengan mengoptimalkan judul artikel. Menurut pengamatan, banyak judul artikel di buat dengan mengedepankan rasa keingintahuan pembaca untuk terus membaca artikel karena memiliki keunikan. 

Lalu bagaiman cara membuat judul blog agar lebih menarik? Berikut ini pemaparannya. Mari kita bahas satu persatu:

1. Judul yang Mengandung unsur Pro dan Kontra
Judul dengan  tema pro dan kontra biasanya berisi tentang teori perbandingan. Biasanya dalam hal kualitas atau spesifikasi produk. Satu produk dinilai memiliki kelebihan dibanding produk lainnya dari satu sisi, sementara di sisi lain produk yang lain memiliki kelebihan dari segi lainnya.


Judul pro dan kontra akan semakin menarik bila kita mampu mengolahnya secara taktis, dengan memberikan lebih banyak perbandingan antar produk melalui penjabaran yang komprehensif.

Ide: Banyak gagasan yang bisa kita tuangkan dalam judul dengan tema ini misalnya "Kelebihan Platform Blogger dibanding ..." atau "Mau Untung Besar dengan Modal Kecil" dan lain sebagainya.

2. Cara atau Panduan
Bisa di gambarkan kalau judul seperti ini pasti memuat tentang panduan, tata-cara, tips dan bagaimana suatu pekerjaan dilakukan agar lebih mudah dengan mengikuti prosedur yang di jabarkan. Banyaknya topik tentang panduan menunjukan bahwa judul dengan tema ini masih dibutuhkan banyak orang.

Ide: Contoh sederhana membuat judul dengan tema ini antara lain "Panduan Bisnis Online Buat Newbie" atau "Cara Pintar Belajar Internet Marketing"  dan judul-judul sejenis yang bisa dikembangkan lebih banyak lagi.

3. Rahasia
Judul artikel dengan kata "Rahasia" sangat banyak di internet, kata-kata yang menimbulkan rasa penasaran dan rasa keingintahuan masih banyak diburu oleh para pencari berita.

Artikel-artikel dengan judul demikian memiliki CTR yang cukup tinggi, walaupun sebenarnya kata rahasia yang di gembor-gemborkan tersebut sudah bukan rahasia lagi. Ya, karena sebenarnya kata-kata tersebut bertujuan hanya untuk memancing pengunjung untuk terus membaca.

Ide: Judul demikian cukup mudah dirancang, kita hanya tinggal menyusun kata-demi kata semenarik mungkin, semisal "Rahasia Halaman 1 Google Terungkap" atau "Rahasia Membuat Blog Tanpa Ribet ada Di Sini" dan lain-lain. Judul artikel seperti ini masih banyak dicari, hanya saja harus di barengi dengan konten atau isi yang sesuai faktanya agar pembaca tidak merasa dibohongin.

4. Humor atau Sindiran
Bila Sobat punya selera humor yang tinggi, tak ada salahnya bila sesekali membuat judul dengan sedikit berbau humor atau satir. Orang akan tertarik membaca karena rasa suka akan sesuatu yang lucu. Buatlah judul yang bisa mengundang rasa ingin tersenyum atau bahkan tetawa.

Judul dengan tema humor seperti ini banyak digunakan para blogger untuk mengundang rasa ingin membaca. Awalnya mungkin sedikit tergoda dengan kata-kata lucu, ada juga yang sedikit tersinggung dan penasaran lalu memutuskan untuk melanjutkan membaca.
 
Ide: Untuk membuat judul dengan tema ini dibuthkan sedikit kreatifitas, karena bagi yang kurang memiliki rasa humor, tentu akan kesulitan membuatnya. Namun bila sobat memang ingin mencobanya, bisa di lakukan dengan melatihnya sedikit demi sedikit. Kebiasaan membuat kata-kata lucu saat berkomentar, bisa kita jadikan sarana untuk melatih menjadi seseorang yang punya selera humor.

5. Negasi (Penggunaan Kalimat Negatif)
Selain kata-kata yang menentramkan, kata-kata yang mengandung unsur negatif, bisa juga di jadikan sebuah judul. Sesuatu yang menimbulkan tanda tanya biasanya akan membuat orang penasaran dan rasa ingin tahu yang besar, sehingga tertarik untuk membacanya.

Jurus ini harus hati-hati dalam menerapkannya dan harus disiapkan secara matang karena menimbulkan perasaan tidak nyaman, rasa takut, was-was dan ketidaksukaan saat membacanya. Namun dalam penyusunannya usahakan memberikan solusi dan pemecahan masalah secara tuntas, agar pembaca tidak merasa malas untuk membacanya.

Dengan penjelasan yang tersusun rapi dan mudah di mengerti, pembaca yang tadinya merasa takut, frustasi dan lain-lain akan berubah menjadi gembira dan menemukan jawaban atas permasalahan yang mereka hadapi

Ide: Mungkin ini sedikit menyimpang, karena menimbulkan kesan kurang baik. Orang akan mudah penasaran dengan sesuatu yang sifatnya negatif, sebagai contoh: "Blog Anda Akan Hilang Bila.....", atau "Baca Berita Ini atau Anda akan Kehilangan ...."

Penutup
Kalau ditanya apakah gagasan-gagasan tersebut bisa benar-benar efektif untuk mengoptimalkan sebuah artikel blog? Jawabannya relatif, tergantung bagaimana sobat menerapkannya. Ada kalanya yang menurut orang lain baik, belum tentu sesuai dengan yang menjadi harapan kita. Yang penting berusahalah melakukan yang terbaik, sesuai kemampuan masing-masing.

Gagasan di atas sebagai bahan pertimbangan saja, jadi tidak diharuskan untuk digunakan semua pada setiap artikel. Silahkan sobat pilih yang sekiranya perlu saja, selebihnya bisa diabaikan.

Kiranya cukup sekian pembahasan tentang Cara Jitu Membuat Judul Blog Menarik ini, semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger