logo blog

Cara Melihat Tampilan Blog Di Berbagai Perangkat

Beberapa hari belakangan ini perasaan Mang Admin sempat berbunga-bunga karena pengajuan Adsense yang seringkali di tolak sempat di terima (lagi) pada tahap review pertama. Bisa masuk akun adsense dengan  email yang baru rasanya sungguh menyenangkan, walaupun nilainya masih nol-nol semuanya, hehe...


Berharap akan lolos review kedua, rupanya keberuntungan (lagi-lagi) belum berpihak kepada saya. Di hari ke-empat setelah unit iklan dipasang di blog dalam keadaan blank alias kosong, akhirnya dapat pemberitahuan (lagi) dari google kalau pengajuan adsense saya kembali di tolak dengan alasan (lagi-lagi) karena konten tidak memadai.

Mengalami penolakan berkali-kali dengan alasan yang sama memang terasa menyesakkan, walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin mengatasi apa-apa yang menjadi alasan penolakan diterimanya pengajuan jadi publisher adsense. Tapi begitulah adanya, alasan penolakan dan kriteria apa saja yang menjadi pertimbangan penolakan, hanya google saja yang tahu. Kita hanya bisa berusaha, keputusan tetap pihak mereka yang menentukan.

Tapi di balik rasa kecewa yang saya rasakan, ada pelajaran berharga yang saya dapatkan. Untuk meraih sebuah cita-cita memang tidak mudah. Banyak hal yang harus kita pelajari dan lakukan. Seperti keinginan untuk dapat di terima sebagai seorang penayang adsense, maka kita perbanyak mendalami ilmunya. Mulai dari search di mesin pencarian, banyak membaca buku referensi, tanya temen-temen blogger, kumpul di forum-forum, dll.

Semakin banyak yang kita pelajari, semakin sadar kita bahwa ilmu yang kita miliki saat ini masih sangat sedikit. Itu berarti, kita harus belajar lebih banyak lagi. Jangan cepat merasa puas akan pencapaian yang sudah kita raih, jangan merasa sudah pintar lalu malas untuk belajar. Tapi sebaliknya, semakin banyak ilmu mestinya semakin merasa kekurangan ilmu, sehingga terus berusaha mendalami banyak ilmu-ilmu lain yang memang kita butuhkan.

Salah satu ilmu yang ingin saya bagikan saat ini adalah tentang bagaimana cara melihat tampilan blog di berbagai perangkat, seperti desktop/komputer, tablet, perangkat android, BB, internet TV dll.

Kenapa hal ini perlu kita ketahui ilmunya, karena ini merupakan salah satu hal yang cukup penting kalau ingin blog kita maju. Tampilan blog yang sempurna di semua perangkat tentu akan berdampak baik pada nilai sebuah blog, terutama dalam hal kenyamanan pengguna.

 
Tampilan Blog
Tampilan Blog


Saya tertarik membahas hal ini karena ada temen blogger yang bernama Intan Sudibjo dengan blognya http://cloud.intanews.my.id/ yang mengomentari kalau blog saya ketika di lihat di ponsel tidak ada kepalanya katanya, hehehe...

Awalnya saya bingung, tidak mengerti apa yang di maksudnya, maklumlah saya memang sangat jarang sekali membuka blog dengan menggunakan perangkat ponsel. Tapi setelah ia mengatakan suruh ngecek di salah satu website, ternyata baru saya sadari kalau memang tampilan blog saya terlihat tidak bagus tampilannya kalau di lihat di handphone android/BB atau perangkat mobile lainnya.

Nah, tentunya ini menjadi pekerjaan rumah buat saya sebagai blogger yang ingin blognya bisa tampil maksimal di semua perangkat. Lalu sobat tentu bertanya-tanya, bagaimana cara mengeceknya? Ternyata caranya cukup mudah.

Silahkan sobat kunjungi situs quirktools.com, lalu pilih screenfly dan masukan url blog sobat di kolom yang tersedia. Selanjutnya silahkan pilih di perangkat apa blog sobat yang ingin di cek tampilannya dengan cara klik gambar yang tertera di menu bar di atas sebelah kiri.

Pilih Perangkat
Pilih Perangkat

Banyak perangkat yang bisa kita cek di sana, silahkan pilih dan lihat seperti apa blog sobat terlihat di setiap perangkat.

Untuk melihat tampilan di perangkat desktop, klik gambar paling kiri. Disitu tertera banyak ukuran layar monitor yang bisa dipilih.

Versi Desktop
Tampilan Versi Desktop

Dengan mengetahui tampilan blog kita (terutama judul blog) di perangkat-perangkat tersebut, kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan yang di rasa perlu agar tampilan blog kita terlihat lebih sempurna di semua perangkat.

Tampilan Versi Mobile
Tampilan Versi Mobile

Hal ini sudah saya praktekan dengan mengganti header blog dengan yang baru yang mulai tayang hari ini. Mudah-mudahan ini akan membawa perubahan yang lebih baik dibandingkan dengan tampilan sebelumnya.

Dengan semakin baiknya kualitas blog, semoga akan meningkatkan potensi diterimanya pengajuan google adsense, karena blog yang tampilannya baik dan enak di lihat tentu akan berpengaruh baik pula pada tingkat kenyamanan pengunjung yang tentunya akan berdampak pada meningknya trafik blog.

Kiranya itu saja pembahasan mengenai Cara Melihat Tampilan Blog di Berbagai Perangkat ini, semoga bermanfaat. Kalau ada pengalaman sobat yang hampir sama dengan yang saya kemukakan disini, silahkan berbagi di kolom komentar. Mari saling berbagi.

Untuk mengoptimalkan blog lebih lanjut, silahkan sobat baca Tool Penting lainnya.

Salam.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger