Desain Blog Agar Lebih Menarik Dan Responsif

Banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan membuat desain adalah sesuatu yang rumit dan harus dilakukan oleh ahlinya. Apalagi jika hal itu sudah berhubungan dengan desain blog, maka banyak blogger pemula yang kemudian beranggapan kalau orang yang bisa mendesain blog adalah mereka yang sudah mahir dalam dunia blog.


Pernyataan ini tidaklah salah sepenuhnya, walaupun juga bukan berarti betul semuanya. Mendesain blog adalah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang, walaupun kualitas dari desainnya itu juga ditentukan oleh pengalaman, taste atau selera dari seorang pendesain itu sendiri.

Nah, untuk membantu anda dalam membuat blog agar tampak lebih menarik, mari kita perhatikan pemaparan singkat desain blog berikut ini:

Hal pertama kali yang perlu diperhatikan adalah Tema atau niche blog. Jadi, dalam sebuah blog haruslah mempunyai tema. Tema ini berfungsi menyatukan tulisan-tulisan. Dalam arti bahwa tema yang tepat dapat memperkuat tulisan atau konten blog anda. Jangan bingung masalah tema untuk blog anda karena di dalam layanan blog itu sendiri biasanya sudah di sediakan tema-tema yang bisa kita pilih.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih tema adalah, trend tema, jenis blog (isi konten blog anda), responsivitas tema, dll.

Desain Blog
Blog Desain

Yang kedua yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah blog adalah widget yang anda gunakan. Widget adalah alat bantu dalam mempercantik blog dengan menyediakan fitur fitur tertentu. Penting untuk diingat bahwa semakin sedikit widget yang anda gunakan maka web anda akan lebih cepat dalam loading.

Ketiga, adalah font. Penggunaan font dalam sebuah blog dianggap cukup penting mengingat font adalah hal pertama yang dihadapi pembaca blog anda. Bisa jadi, jika sebuah blog menggunakan font yang rumit, seseorang akan malas membaca kontennya. Ataupun ketika font yang digunakan tidak tepat. Misalnya untuk blog berita yang digunakan adalah comic sans (yang mana seharusnya adalah font standar seperti Times new Roman atau Arial).

Sebenarnya dalam sebuah tema yang anda pilih biasanya sudah ada font bawaan tema itu sendiri. Tapi font ini biasanya bersifat kondisional, bisa anda aplikasikan atau tidak terserah anda. Sama seperti widget, font yang banyak justru malah menambah beban blog anda sehingga menjadikan loadingnya lama.

Hal terakhir dan yang tak kalah penting dalam membuat desain ini adalah masalah gadget iklan. Kadang kala, banyak orang yang tergiur dengan layanan iklan di blog untuk menambah penghasilan. Namun, tidak sedikit yang tidak memperhatikan penempatan iklan di blognya secara tepat, sehingga bukannya malah menambah pengunjung, namun sebaliknya.

Kesalahan dalam penempatan iklan, maka blog anda akan terlihat jelek sehingga akan membuat pengunjung bosan atau bahkan tidak suka. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan yakni, ikuti aturan, jangan gunakan iklan pop up, dan letakkanlah iklan anda di tempat strategis. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut tentu dapat dipastikan blog anda semakin menarik dan banyak pengunjungnya.

Advertisement
Desain Blog Agar Lebih Menarik Dan Responsif

You Might Also Like: