logo blog

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Penyebab Blog Sepi Pengunjung. Hampir semua blogger menginginkan blognya ramai dikunjungi oleh pembaca, baik berasal dari Search Engine (SE) maupun dari link yang terpasang di blog-blog sahabat ataupun media sosial dan forum-forum. Namun jarang yang memahami bagaimana cara yang paling efektif untuk melakukannya.

Hal ini sangat diperlukan agar eksistensi blog dapat dipertahankan, terlebih bagi para pebisnis online yang menggantungkan pemasukannya melalui blog yang mereka kelola. Blog yang ramai pengunjung berarti pemasukan yang berlimpah buat si pemilik blog.

Memang ada beberapa blogger yang tidak terlalu memikirkan soal trafik, yang penting bisa menulis dan blognya bisa muncul di mesin pencarian sudah merasa cukup puas. Tetapi alangkah baiknya bila blog memiliki pengunjung atau visitor yang banyak, maka akan lebih mudah melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar menyalurkan hobi.

Blog yang ramai pengunjung bisa mendatangkan manfaat yang begitu besar bagi pembaca maupun pemiliknya. Selain kepuasan bathin, juga ada hal lain yang dapat diraih yaitu mampu memberikan nilai lebih bila dimonetasi dengan baik.

Sobat pasti tahu yang saya maksud. Ya, benar blog yang banyak pengunjungnya bisa dimanfaatkan untuk meraih penghasilan tambahan dengan cara memasang iklan, baik iklan AdSense yang asli produk google maupun iklan mandiri dari para penayang iklan lainnya.





Sedangkan blog yang sepi pengunjung, selain kurang diminati juga tidak dapat memberikan nilai lebih. Maka banyak para blogger mencari tahu bagaimana cara membuat blog agar mampu menyedot banyak visitor.

Berbagai tips dan trik banyak ditemukan di internet, baik berupa e-book, tutorial maupun beragam postingan yang semuanya bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dengan sedikit memahami tentang cara browsing internet.

Kembali ke Penyebab Blog Sepi Pengunjung, Ada beberapa hal yang bisa kita telusuri. Namun umumnya ada 7 penyebab utama kenapa blog sepi pengunjung, yaitu:

1. Peringkat Masih Rendah
Blog kita tidak akan mampu bersaing di SERP kalau peringkatnya masih sangat rendah. Maka kita harus banyak belajar tentang berbagai tips dan trik agar kualitas blog di SE memiliki kekuatan yang tentu saja akan berpengaruh terhadap nilai sebuah blog.


Persaingan di dunia blogging sangat ketat. Jangan harap mampu bersaing kalau Peringkat blog kita masih di bawah standar yang diharapkan.

2. Jumlah Artikel Belum Banyak 
Bayangkan jika sobat memilki sebuah blog dengan jumlah artikel yang hanya beberapa buah saja. Tentunya pembaca akan kesulitan menemukan informasi yang mereka cari, akibatnya dalam hitungan menit pengunjung akan berlalu meninggalkan blog kita tanpa pamit.

Untuk menghindari hal itu terjadi, maka bergeraklah dengan sigap, buat postingan sebanyak-banyaknya. Cari bahan artikel dari berbagai sumber agar mampu memuaskan pembaca.

 3. Konten Kurang Berkualitas
Dalam memposting sebuah artikel, usahakan artikel tersebut banyak diminati. Jangan membuat artikel yang mudah basi, kurang familiar atau tidak disukai pembaca. Pembaca akan senang berkunjung ke blog kita kalau informasi yang kita berikan selalu fress dan up to date. Maka rajin-rajinlah mengupdate blog dengan konten berkualitas yang banyak di buru pencari informasi.

4. Informasi Musiman 

Hindari memposting berita yang bersipat musiman atau hanya ramai sesaat. Berita yang membutuhkan pembaruan setiap hari sebaiknya kita hindari, karena sekali saja kita lalai mengupdatenya, maka jumlah pengunjung akan cepat turun dengan drastis.

5. Navigasi Kurang Memadai
Blog sobat tidak menyediakan menu navigasi yang baik. Bagaimana blog bisa ramai kalau pembaca mengalami kesulitan saat akan membuka halaman berikutnya dari blog sobat. Akibatnya bounce rate tinggi dan blog anda dianggap memilki kinerja yang buruk. Akibatnya semua artikel akan dibenamkan jauh di halaman belakang dari mesin pencari.

6. Kurang Memperhatikan SEO
Seorang pengelola blog harus memahami tentang SEO. Sedikitnya harus tahu tentang bagaimana cara menampilkan blog di halaman pertama SE, bagaimana cara menaikan peringkat Alexa, bagaimana agar blog tidak mudah turun peringkatnya dan lain-lain.

Peringkat blog yang turun drastis akan mengalami kesulitan bila ingin bangkit kembali. Keseriusan sobat dalam mengupdate artikel secara rutin dan terus-menerus itu membuktikan kalau sobat betul-betul memperhatikan dan peduli akan SEO. 

7. Loading Blog Lambat
Usahakan menggunakan template blog yang ringan dan valid HTML5 agar mempunyai loading yang cepat. Tidak semua pengguna internet mempunyai kemampuan membuka suatu halaman blog dengan baik, akibatnya mereka akan terpental dan tidak akan kembali lagi bila loading blog sobat berat.


Bila blog sobat mengalamai salah satu atau beberapa diantaranya dari uraian di atas, maka segeralah memperbaikinya. Jangan membiarkan kesalahan-kesalahan kecil, karena bila terus dibiarkan kesalahan sekecil apapun akan berubah menjadi besar.
Satu hal lagi, lakukan pembersihan dari artikel-artikel lama yang sudah tidak relevan lagi atau sudah kadaluwarsa dengan cara menghapusnya. Artikel lama yang sudah basi sebaiknya kita hilangkan agar blog kita mempunyai nilai bagus dimata mesin pencari karena mempunyai konten yang berkualitas dan selalu baru.

Demikian pembahasan tentang Penyebab Blog Sepi Pengunjung, semoga bermanfaat.




Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger