logo blog

Dampak Buruk Mengganti Judul Dan Deskripsi Blog

Dalam sebuah pembahasan di sebuah thread saya membaca kalau sering mengganti judul dan deskripsi blog akan berdampak buruk bagi perkembangan sebuah blog. Khususnya untuk faktor seo yang berimbas pada menurunnya jumlah hasil di mesin pencarian.

Seo Blog
Seo Blog
Pertanyaannya adalah apakah diperbolehkan mengganti judul dan deskripsi blog? Jawabannya tentu saja boleh, namun harus diperhatikan beberapa hal agar efek positifnya lebih banyak ketimbang efek negatif yang ditimbulkannya.


Mengganti judul dan deskripsi blog atau salah satunya tentu saja memiliki efek yang bisa saja negatif bisa juga positif terhadap peringkat artikel di search engine. Mengapa? Berikut ini adalah beberapa alasannya. Namun sebelum membaca lebih lanjut perlu saya ingatkan bahwa artikel ini cukup singkat tapi perlu sedikit konsentrasi untuk dapat memahami inti dari pembahasan ini terutama bagi pemula yang baru memulai membuat blog.

Mengganti Judul Blog

1. Judul blog memiliki fungsi untuk mempertegas suatu kata kunci yang anda target di halaman posting yang relevan. Ketika kita mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencari tidak jarang kita temukan yang muncul justru bukan halaman artikel tapi melainkan homepage dari blog. Bahkan terkadang dari homepage blog yang tidak memiliki halaman artikel dan tanpa backlink malahan.

Artinya kata yang digunakan pada judul blog sangat berpotensi untuk mendatangkan traffic dari search engine, maka tidak heran banyak para blogger menggunakan kata kunci sebagai judul blog dibandingkan menggunakan kata yang memiliki nilai brand sebagai nama blog. Selain itu menggunakan kata kunci untuk dijadikan sebagai judul blog dapat membantu halaman artikel yang relevan dengan kata kunci yang di target.

2. Judul blog merupakan suatu patokan atau sinyal yang di jadikan oleh google untuk menilai niche suatu blog ketika menemukan blog yang banyak membahas topik berbeda (blog gado-gado). Dampak buruk seringnya gonta ganti judul dan deskripsi blog akan berakibat, menurunnya jumlah hasil pencarian di search engine, karena akan merubah apa-apa yang pernah terindeks sebelumnya.


Kesimpulannya adalah mengganti judul pada sebuah blog bisa berdampak positif jika kita menggunakan kata yang relevan dengan topik pembahasan yang dominan dalam struktur keseluruhan blog dan akan berdampak negatif jika sebaliknya. Maka saat sobat memutuskan untuk mengganti judul atau deskripsi blog, harap perhatikan baik-baik agar nama pengganti yang sobat gunakan memiliki nilai lebih dari nama sebelumnya.

Mengganti Deskripsi Blog
 
Deskripsi blog adalah beberapa susunan baris kata sebagai gambaran secara umum yang menjelaskan apa saja yang menjadi fokus bahasan di sebuah blog dan sama seperti halnya judul blog, deskripsi blog juga diubah sesuai dengan kata kunci yang kita target.

Deskripsi Blog
Deskripsi Blog
 

Misalnya blog ini, yang tadinya berjudul "Blog Motivasi Dan Ragam Informasi" saya ganti menjadi "Saung Maman", sedangkan deskripsi blog saya ubah yang awalnya merupakan judul blog, sekarang saya ubah menjadi deskripsi blog. Bisa dibilang ini adalah sebuah eksperimen, sejauh mana perubahan yang saya lakukan ini akan memberikan efek positif atau negatif, kita tunggu saja :)

Penggunaan deskripsi tersebut saya bermaksud untuk memaksimalkan posisi peringkat artikel di kata kunci seputar "Blog Motivasi dan Ragam Informasi".

Untuk kata kunci Motivasi tetap jadi prioritas, walau masih kalau dengan kata kunci yang lain. Sedangkan  kata Ragam Informasi itu sangat luas pengertiannya, namun saya meyakini dengan lebih banyak membuat artikel tentang Tutorial Blog, lama kelamaan mesin pencari akan membacanya sebagai blog yang membahas seputar motivasi dan informasi tutorial blog yang memang sedang saya targetkan di blog ini.

Hal ini saya lakukan karena seiring berjalannya waktu ternyata saya mendapati bahwa SE tidak mampu untuk memaksimalkan salah satu kata kunci yang di target, tapi justru banyak artikel lain yang ternyata mendatangkan visitor. Misalnya saja artikel dengan topik tutorial blog, blog-tips, bisnis online atau cara menghasilkan uang dari internet yang kini lebih banyak di baca, ketimbang artikel motivasi.

Sobat boleh-boleh saja mengganti deskripsi blog yang tidak atau kurang maksimal dengan deskripsi yang lebih berpotensi untuk menjuarai serp. Begitu juga sebaliknya jika menghilangkan kata kunci yang sudah maksimal pada deskripsi blog maka tidak menutup kemungkinan jika artikel terkait dengan kata kunci tersebut akan mengalami jumlah penurunan peringkat secara signifikan.

Kesimpulannya adalah deskripsi blog boleh diganti sesuai dengan kata kunci apa yang ingin dimaksimalkan dan kata kunci apa yang ingin kita nomor-duakan.

Sebelum saya akhiri pembahasan tentang Dampak Buruk Mengganti Judul Dan Deskripsi Blog, ingin saya pertegas bahwa judul blog dan deskripsi blog, hanya sebagian kecil saja dari faktor seo yang mempengaruhi peringkat artikel di mesin pencari. Seo adalah sesuatu yang dinamis mengikuti perkembangan algoritma khususnya untuk mesin pencari google.

Jadi jika sobat berfikir kalau banyak koq, blog yang menjuarai kata kunci strategis tapi judul blog dan deskripsinya tidak seperti penjelasan di artikel ini, itu betul.  Artinya blog tersebut unggul di faktor seo yang lain misalnya kualitas backlink, kualitas artikel, usia domain, sosial media sharing atau yang lain-lainnya.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger