logo blog

Apa Dan Bagaimana Cara Kerja Bitcoin

Sebenarnya apa dan bagaimana sih cara kerja Bitcoin? Pertanyaan ini mungkin banyak ditanyakan oleh teman-teman yang belum tahu apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya?

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Faktanya kalau kita mau sedikit berusaha mencari informasi di internet, banyak sekali situs yang membahas soal mata uang jenis Cryptocurrency ini dalam beberapa tahun terakhir.


Bitcoin

 

Perkenalan buat pengguna baru

Sebagai pengguna baru, sebenarnya kita bisa memulainya dengan cara membuat dompet atau Wallet Bitcoin di situs yang menyediakan jasa pembuatan wallet Bitcoin. Setelah kita punya wallet, langkah selanjutnya adalah mengisi wallet/dompet tersebut dengan mata uang bicoin dengan cara memburunya di situs-situs faucet yang banyak bertebaran di internet.
 

Kita bisa menambang Bitcoin dalam beragam bentuk faucet yang bisa kita pilih sesuai kesenangan dan kemampuan device atau perangkat yang kita miliki. Biasanya tugas kita sangat mudah yaitu hanya mengisi rechaptcha dan mengklik claim satoshi.
 

Timbul pertanyaan, berapa besar nilai satoshi yang bisa kita raih dalam sekali klik? Nilainya bisa dibilang sangat kecil. Lalu kenapa banyak orang yang mau melakukannya? Ini sebenarnya mirip dengan sebuah permainan atau game, di mana kita memilik rasa senang atas kegiatan tersebut. Namun yang lebih penting lagi adalah ada nilai tambahhnya karena bila kegiatan ini di lakukan secara terus menerus dan konsisten, maka akan memberikan profit yang besar dengan mengumpulkan satoshi demi satoshi sampai terkumpul sebanyak-banyaknya.
 

Sekedar info, bahwasanya nilai mata uang Bitcoin ini saat ini sudah sangat tinggi yang 1 BTC-nya mencapai 800 USD lebih, jauh meningkat berkali-kali lipat nilainya di bandingkan saat awal pemunculannya.
 

Untuk memahami apa dan bagaimana cara kerja Bitcoin, sebaiknya kita mengenali apa-apa saja yang berkaitan dengannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu di ketahui bila kita ingin mengenal lebih jauh tentang Bitcoin ini.

Saldo - rantai blok

Rantai-blok adalah sebuah data transaksi umum bersama di mana jaringan Bitcoin tersimpan. Semua data transaksi terkonfirmasi termasuk di dalam rantai-blok. Dengan demikian, dompet Bitcoin dapat mengkalkulasi berapa sisa uang yang dapat dibelanjakan dan transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk digunakan dengan Bitcoin yang memang dimiliki oleh pengguna. Integritas dan urutan kronologis serta beragam informasi rantai-blok diberlakukan dengan sistem pengamanan kriptografi.




             

 


Transaksi - kunci pribadi

Sebuah transaksi adalah transfer nilai antara dompet Bitcoin yang mana hal ini termasuk di dalam rantai-blok. Dompet Bitcoin menyimpan data bagian rahasia yang disebut kunci pribadi, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis yang menunjukan bahwa memang benar si pemilik dompetlah yang bertransaksi. Tanda tangan juga mencegah transaksi diubah oleh siapapun setelah diterbitkan.
 

Semua transaksi diintegrasikan antara pengguna dan biasanya akan mulai dikonfirmasi oleh jaringan dalam waktu kurang lebih 10 menit, melalui proses yang disebut penambangan.
Memproses - penambangan

Penambangan merupakan sebuah sistem kesepakatan terdistribusi yang digunakan untuk mengkonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkan mereka ke dalam rantai-blok. Penambangan menyusun urutan kronologis dalam rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui berbagai aktifitas pada sistem.
 

Untuk dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dibungkus dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi yang sangat ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan tersebut untuk mencegah blok sebelumnya dimodifikasi atau di atur ulang karena akan membatalkan semua blok berikutnya.
 

Penambangan juga bisa di bilang seperti sebuah lotre yang kompetitif untuk mencegah setiap individu dengan mudahnya menambahkan atau mengurangi blok baru secara berturut-turut ke dalam rantai-blok. Dengan demikian, tidak ada seorangpun yang bisa mengendalikan apa yang dimasukkan ke dalam rantai-blok atau mengganti bagian-bagian tertentu dari rantai-blok untuk memutar balik transaksi yang terjadi.

Pergi ke pusat bantuan Bitcoin

Artikel ini adalah merupakan rangkuman yang sangat pendek dan singkat mengenai sistem atau Cara Kerja Bitcoin. Jika Anda ingin rincian yang lebih jelas dan memadai, Anda bisa membaca makalah aslinya yang bisa menjelaskan rancangan sistem tersebut secara lebih detail, cobalah untuk membaca dokumentasi developer serta menjelajahi Bitcoin wiki.


Info tambahan: Ini adalah nilai bitcoin dengan satuan terkecil yang bernama Satoshi:

1 Satoshi = 0.00000001 B
10 Satoshi = 0.0000001 B
100 Satoshi = 0.000001 B
1,000 Satoshi = 0.00001 B
10,000 Satoshi = 0.0001 B
100,000 Satoshi = 0.001 B
100,000,000 Satoshi = 1 B


 

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger