logo blog

5 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Walau Jarang Update

Inilah 5 Cara Yang Harus Dilakukan Agar Blog Ramai Pengunjung Walau Jarang Update.
 

Dalam dunia blogging, kita sering menemukan artikel-artikel para blogger senior yang menerangkan bahwa agar blog kita tetap ramai pengunjung meski jarang update, harus melakukan 5 cara berikut:

1. Buat Artikel Berumur Panjang

 
Apa itu artikel berumur panjang? Artikel berumur panjang adalah artikel yang berlaku selamanya alias tidak mengenal kata basi.  Jenis artikel seperti ini tetap banyak yang mencari walaupun usianya sudah lama sejak pertama kali di posting. Jenis artikel berumur panjang biasanya bisa kita temukan pada blog-blog yang membahas tentang tips dan trik blogging, berbagai cara dan teknik membuat sesuatu dan yang sejenisnya.



Blog-Tips


Sedangkan salah satu contoh artikel yang mudah basi adalah jenis konten berita. Pembaca membutuhkan informasi terbaru dari setiap artikel jenis ini, maka bila berita sudah tidak relevan orang akan beralih mencari sumber berita lain yang lebih baru.


Bukan berarti konten jenis berita tidak baik untuk mengisi postingan blog, namun bila kita tidak mempunyai cukup waktu untuk mengupdate berita, hindari untuk membuat artikel jenis ini.

Jika waktu memang cukup untuk selalu memperbaharui informasi, sah-sah saja membuat artikel berita, namun jika tidak maka bersiaplah blog Anda untuk ditinggalkan pembaca.

Kembali ke artikel berumur panjang, kita bisa memulainya dengan membuat artikel tentang tutorial. Semisal tutorial cara membuat blog dan seluk-beluknya atau tips dan trik perawatan komputer, cara dan tips jitu agar mudah menjual, tutorial tentang cara merawat hewan peliharaan dan teknik pembudidayaannya.

Contoh lainnya yang juga biasanya berumur panjang adalah tutorial tentang cara mengedit gambar menggunakan aplikasi Photoshop, atau bagaimana cara memperbaiki foto yang sudah usang agar tampak menjadi baru kembali, semua bisa kita jaadikan bahan penulisan artikel yang sampai kapanpun tetap banyak orang yang mencarinya.

Jenis artikel panjang umur berikutnya yang tak kalah menarik adalah jenis artikel definisi. Artikel definisi adalah jenis arikel yang membahas tentang suatu hal secara mendalam. Salah satu contohnya adalah artikel yang terdapat di situs wikipedia. Kita bisa menyaksikan di sana bahwa setiap menyajikan suatu pembahasan di lakukan dengan sangat lengkap dengan di sertai referensi dari berbagai sumber. Artikel jenis ini berpeluang untuk tetap di buru pembaca sampai kapanpun.


2. Optimasi Postingan Agar SEO Friendly

Setelah kita menerapkan teknik menulis artikel berumur panjang, langkah selanjutnya adalah membuat artikel kita lebih SEO (Search Engine Optimization) Friendly. Untuk mendapatkan artikel yang SEO Friendly, maka kita harus mempelajari trik agar seluruh artikel yang ada di dalam blog kita memiliki posisi yang baik di mata Search Engine (SE). Pembahasan tentang hal ini bisa kita cari di internet, hanya dengan mengetikkan kata kunci SEO, maka kita akan menemukan begitu banyak para mastah blogger yang mau membagikan ilmunya di blog mereka.



Blog-Tutorial


Untuk mengoptimasi artikel kita agar jinak di mesin pencari, sudah selayaknya kita melakukan berbagai upaya agar blog kita menempati posisi yang baik. Lakukan submit blog ke berbagai mesin pencari semisal Google, Yahoo, Bing, Yandex dan lain-lain.

Silahkan lakukan submit blog secara wajar dan jangan berlebihan. Karena selain kita ingin blog kita SEO Friendly sangat disarankan agar blog kita juga memiliki Human Friendly alias bersahabat dengan pengguna/user yaitu manusia.

Baca Juga : Cara Terbaik Optimasi SEO Onpage Blog

Hindari melakukan postingan hasil copy paste dari blog lain tanpa melakukan proses editing terlebih dahulu. Karena bila hal ini dilakukan, bukan hasil terbaik yang di dapat melainkan kejatuhan yang akan menimpa karena itu sama saja melakukan tindakan downgrade yang justru akan memperburuk citra blog kita di mesin pencari.


3. Lakukan Promosi Blog Secara Rutin

Hal yang juga baik untuk membuat blog kita ramai pengunjung adalah rutinitas dalam mempromosikan keberadaan blog. Kegiatan Blog Walking (BW) atau berkunjung ke blog teman sambil memberikan komentar merupakan salah satu trik jitu dalam mempromosikan blog.


Lakukan secara rutin dan berkomentarlah dengan cerdas sesuai topik yang di bahas di blog tersebut. Bila hal ini rajin dilakukan maka akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan jumlah visitor ke blog kita.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan akun sosial media yang kita punya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus dan lain-lain untuk mempromosikan keberadaan blog kita melalui link yang bisa kita sisipkan saat berinteraksi dengan para sahabat dunia maya.


Selanjutnya jika mempunyai dana lebih, bisa juga mempromosikannya dengan cara berbayar, misal melalui jasa review, atau membuat iklan di situs-situs penyedia iklan promosi berbayar lainnya. Atau bisa juga membuat inovasi sendiri dengan kreatifitas yang kita miliki. Intinya agar blog kita bisa di kenal luas di kalangan khalayak ramai. Tentang bagaimana caranya tergantung kemampuan kita dalam mempromosikannya.


4. Buat Internal Link

Saat membuat sebuah artikel, usahakan menambahkan internal link yang mengarah ke satu atau dua artikel lainnya yang ada dalam blog, yang mempunyai kesamaan pembahasan. Buatlah link secara wajar, ini bertujuan agar pembaca bisa memilih artikel yang sesuai dengan topik pembahasan dan berharap akan menemukan informasi yang relevan dengan topik yang di bahas sebelumnya.


Meskipun kita jarang mengupdate postingan, namun bila tepat menempatkan link internal dalam setiap artikel, ini akan membantu memperluas jangkauan pembaca dalam menjelajahi keseluruhan isi blog, yang akan memberi dampak baik dalam meningkatkan jumlah pageview.

Membuat internal link juga ada tekniknya. Buatlah artikel panjang menjadi bagian-bagain terpisah agar pengunjung merasa penasaran dan terus mencari informasi dengan mengklik link lanjutan yang kita buat. Ini dilakukan untuk mensiasati agar jumlah kata dalam sebuah artikel tidak terlalu banyak. Dengan memisahkannya menjadi bagain-bagian tertentu, maka kemungkinan pembaca berlama-lama di blog kita tentunya semakin besar.


5. Perbaharui Postingan “Basi”

Perbaharui postingan basi atau artikel lama yang pada awalnya kita anggap sudah cukup baik. Seiring berjalannya waktu tulisan yang dulu kita nggap sudah sempurna semakin hari tentunya akan mengalami perubahan. Untuk itulah informasi yang sebelumnya kita anggap sudah baik, akan lebih baik lagi bila kita memperbaharuinya dengan informasi tambahan yang lebih up to date.

 
Dalam melakukan perubahan tidak usah terlalu banyak, cukup dengan memberi sentuhan pada beberapa bagian yang memang layak untuk diganti atau ditambahkan. Kemudian ganti gambar atau foto lama dengan gambar baru yang lebih fress.

 
Sering kita merasa bosan dalam membaca sebuah informasi karena data yang di sajikan sudah basi. Maka satu-satunya jalan terbaik adalah melakukan pembaharuan di setiap artikel lama agar pengunjung merasa menemukan informasi terbaru, walaupun sebenarnya itu adalah artikel lama.


Dengan rajin mengupdate artikel lama, maka akan meningkatkan citra atau nilai baik blog kita di mata pengunjung.

Oke baiklah, mungkin untuk saat ini hanya itu saja tips 5 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Meskipun Jarang Update. Semoga artikel ini bisa membuat semangat ngeblog kita makin meningkat. Dan semoga dengan mempraktekkan ke 5 cara di atas dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog agar semakin ramai pengunjungnya.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger