logo blog

Cara Jitu Membuat Judul Artikel yang Menarik

Cara Jitu Membuat Judul Artikel yang Menarik 

Judul merupakan sesuatu yang sangat penting dalam sebuah artikel. Sebaik apapun artikel yang kamu tulis tidak akan banyak yang membaca bila judulnya tidak menarik.

Kenapa demikian? Karena mayoritas pembaca yang mampir ke sebuah blog, itu karena adanya rasa penasaran dan tertarik setelah membaca sebuah judul sebelum memutuskan untuk meneruskan membaca atau meninggalkannya.

Judul juga bisa di bilang ruhnya sebuah tulisan. Ketika seseorang merasa penasaran membaca sebuah judul yang menurutnya layak untuk terus di baca, maka kesempatan makin terbuka lebar bagi sebuah artikel untuk terus di baca.


Judul


Yang terpenting adalah bagaimana kemampuan penulis memberikan kesesuaian antar judul dengan keseluruhan isi tulisan. Relevan atau tidak, nyambung atau tidak, disinilah kemampuan seorang penulis bisa dilihat apakah ia mampu menggabungkan antara judul dengan isinya atau hanya berupa tulisan biasa yang isinya membosankan.

Lalu bagaimana sebenarnya kriteria judul yang menarik tersebut? Mari sama-sama kita bahas di sini.

1. Jangan Membuat Judul "Alakadarnya"


Ketika membuat sebuah artikel, biasanya kita membuat sebuah rangkuman. Tulisan yang panjang lebar di rangkum menjadi sebuah kata pendek yang merupakan kesimpulan. Membuat judul yang berupa rangkuman sebaiknya kita hindari, seperti contoh: "Membuat Blog", atau "Cerita Tamasya" atau "Bermain di Pantai".

Coba bandingkan dengan yang ini: "Cara Jitu Membuat Blog dengan Mudah", atau "Serunya Bertamasya Bersama Sahabat Lama", atau "Uniknya Wisata Bahari Pantai Carita", sangat terasa perbedaannya bukan?

Ketika ingin menulis sebuah judul, kita tidak hanya merangkum isi, namun sebaiknya buatlah judul yang mampu memikat pembaca agar tertarik dan merasa penasaran untuk terus membaca artikel kita. Begitu hebatnya arti sebuah judul, bisa dibilang hampir tiga perempat pembaca blog datang lewat judul.



Judul Artikel


Judul yang spesifik dan menarik, memiliki kekuatan yang tiada tara. Berbeda dengan judul yang terlalu luas maknanya. Tidak jelas informasi apa yang akan diberikan. Selain membosankan, judul yang terlalu standar juga tidak akan di lirik oleh pembaca.

Sementara judul yang menawarkan informasi yang lebih jelas dan fresh, selain memberikan informasi yang memang dibutuhkan dan tertarget, juga membuat pembaca lebih fokus dalam mendalami isi artikel.


2. Manusia Memiliki Sifat Ingin Tahu

Ketika seseorang mendapatkan sebuah pertanyaan, sudah pasti isi kepalanya langsung mencari-cari jawabannya. Namun juga akan semakin penasaran ketika jawaban yang sebenarnya dari pertanyaan yang dilontarkan belum terjawab.

Contoh: "Bagaimana Cara Mendapatkan Dollar Gratis Terbaru?"

Ketika mendapati pertanyaan di atas, seseorang pasti akan langsung penasaran. Walaupun tak terlalu penting, namun karena adanya kekuatan yang mendorong seseorang untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan tersebut, maka mau tidak mau akan melihat isi artikel karena adanya "efek magis" dari judul tersebut.


3. Menambahkan Angka Mendongkrak Rasa Penasaran


Menggunakan angka dalam judul terbukti lebih banyak mendatangkan pengunjung. Maka dari itu jangan heran banyak artikel bertebaran yang mengandung angka di dalamnya. Seperti "8 Cara Jitu Mendapatkan Income Gratis dari Internet"

Angka di dalam judul artikel menjelaskan bahwa artikel tersebut berisi daftar tentang banyak hal. Orang akan meneruskan membaca poin-poin yang disampaikan dalam rangkaian tulisan dengan angka-angka di dalamnya karena berharap menemukan sesuatu yang bermanfaat dari artikel tersebut.

Tentunya semakin banyak nilai angkanya, semakin menarik minat pembaca. Ini seperti pembeli yang di iming-imingi hadiah yang bermacam-macam.


Selain itu ada tips lainnya mengenai pemberian angka ini. Ternyata artikel yang menuliskan angka-angka unik, cukup menarik minat pembaca misalnya "Rahasia Angka 212"


4. Memilih Kata-kata Persuasif

Pemilihan kata-kata persuasif dipercaya mampu membuat pembaca betah berlama-lama membaca sebuah artikel. Kata-kata seperti Booming, Super Keren, Bongkar Rahasia, Cara Instan, Ruarr Biasaa, dan kata-kata bombastis lainnya dapat memancing mata pembaca untuk melirik artikel kita.
 

Langkah selanjutnya tinggal kita lengkapi judul yang bombastis tadi dengan keterangan yang lebih lengkap dan mendetail agar pembaca semakin berminat untuk membaca tulisan kita. Namun perlu diperhatikan juga, penggunaan kata-kata persuasif ini sebaiknya jangan gterlalu berlebihan. Gunakan sewajarnya saja.


5. Memberikan Kesan yang Lebih Personal

Ketika kita membuat artikel yang panjang, kadang pembaca akan banyak melewatkan beberapa item. Tetapi pembaca akan lebih penasaran jika kita memasukkan sedikit kata-kata penegasan.

Salah satu contohnya, "Perhatikan dengan seksama poin nomor 5"  Setidaknya membuat mereka penasaran. Ada apa sih di poin nomor 5 itu?


6. Out Of The Box

Berikan sesuatu yang berbeda bagi pembaca. Bukan konten yang sudah pasaran dan tersebar luas di internet. Jika konten itu sudah ada, berikan informasi lebih, lebih detail dan lebih akurat di antara judul lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Jitu Membuat Judul Artikel yang Menarik ini, semoga ada manfaat yang bisa kita ambil untuk meningkatkan kualitas ngeblog kita dari hari ke hari.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger