logo blog

Cara Membuat Halaman Privacy Policy Yang Benar

Cara Membuat Halaman Privacy Policy Yang Benar. Dalam pembahasan kali ini, saya ingin sedikit memberi pemahaman terlebih dahulu tentang apa itu Privacy Policy dan apa kegunaannya untuk sebuah blog.


Privacy


Privacy Policy atau Kebijakan Privasi keberadaannya sangat penting untuk Anda yang ingin memonetasi blog atau situs web. Hal ini dianjurkan oleh Google ketika Anda hendak menjadi publisher Google Adsense. Lalu apa sebenarnya Privacy Policy itu?

Privacy Policy merupakan halaman yang dibuat khusus yang berisi kebijakan yang Anda terapkan sebagai pemilik situs kepada para pengunjung blog/website. Hal ini terkait dengan bagaimana pengunjung bisa berkomunikasi dengan Anda, hal-hal apa yang harus dipahami pengunjung mengenai situs Anda, dan apa saja kebijakan yang Anda terapkan sebagai pemilik situs yang harus ditaati oleh setiap pengunjung tanpa terkecuali.
 

Jika Anda ingin melihat contoh Privacy Policy blog ini, silahkan klik disini.

Ketika kita hendak mendaftarkan diri sebagai publisher Google Adsense, keberadaan halaman kebijakan privasi ini menjadi sesuatu yang mutlak ada. Ini untuk menunjukan tentang keprofesionalan Anda dan membuktikan bahwa Anda adalah pemilik situs web tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat halaman Privacy Policy yang benar?
 

Untuk membuat halaman Privacy Policy yang benar, caranya cukup mudah. cukup mengikuti langkah-langkah singkat yang saya uraikan berikut ini:

1. Silahkan buka Tautan ini dan lakukan pendaftaran gratis sebagai member. Masuk ke Member Area, lalu klik Member Tool->Create your Privacy Policy seperti tampak pada gambar.


Create Privacy Policy


2. Silahkan isi data-data pribadi dan situs Anda.

Keterangan:
 

– Di bagian General Site Information, silahkan isi dengan url atau alamat blog Anda dan juga alamat email yang Anda gunakan terkait situs tersebut.

– Di bagian Use of Cookies, silahkan centang Yes jika  Anda menggunakan Cookies dan centang No jika tidak.

– Di bagian Advertiser Information, centang pihak ketiga mana saja yang terlibat dalam monetasi situs Anda.

3. Setelah semuanya selesai silahkan klik Create My Privacy Policy. Setelah itu akan terbuka halaman Privacy Policy blog yang siap digunakan.
 

4. Halaman yang terbuka tersebut berisi kode HTML yang telah dibuat tadi. Kemudian silahkan di salin untuk diletakkan di halaman Privacy Policy di situs Anda.

5. Copy seluruh kode tersebut terlebih dahulu.

6. Langkah selanjutnya, masuk ke Dashboard blog dan buatlah sebuah halaman baru. Isi judulnya dengan Privacy Policy atau Kebijakan Privacy. Paste-kan kode yang tadi di buat, lalu lakukan editing seperlunya bila di perlukan agar tampilan Privacy Policy blog Anda tampak lebih sempurna.

7. Halaman Privacy Policy yang dibuat tadi menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda berniat untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, silahkan terjemahkan dengan menggunakan translator pilihan Anda, tanpa mengurangi informasi apapun yang tertulis dari halaman Privacy Policy berbahasa Inggris sebelumnya.

8. Simpan Halaman Privacy Policy Anda untuk kemudian disematkan dalam template blog Anda, cara menyematkan dan mengatur posisinya pasti Anda sudah tahu.


Lakukan semua langkah di atas dengan benar, sehingga halaman Privacy Policy di dalam blog bisa tampil dan dapat diakses dengan mudah.

Demikian pembahasan tentang Cara Membuat Halaman Privacy Policy Yang Benar. Selamat mencoba dan semoga berbahagia karena Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan tingkat profesionalitas yang semakin meningkat sebagai seorang blogger!


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger