logo blog

Tips Mengelola Banyak Blog di Tengah Keterbatasan Waktu

Tips Mengelola Banyak Blog di Tengah Keterbatasan Waktu.
Mengelola banyak blog agar lebih efektif dan bisa tertangani dengan baik ternyata tidaklah mudah. Apalagi buat blogger yang punya keterbatasan terutama soal waktu. Kesibukan di tempat kerja yang cukup menyita waktu menyebabkan seringnya terjadi keterlambatan dalam mengupdate artikel.

Blog yang baik adalah blog yang memiliki kredibilitas dan kualitas yang baik yang mana konten adalah segalanya. Konten/artikel merupakan 'napas' dari keberadaan sebuah blog. Bila konten yang disajikan selalu terlambat hadir atau  kalaupun ada namun jeda waktunya terlalu lama, jangan harap blog tersebut akan bisa bertahan lama. Berbeda dengan blog yang selalu rajin menghasilkan konten berkualitas dan banyak diburu oleh pembaca, maka sudah bisa dipastikan kalau si empunya blog tersebut memang serius dalam mengelola blognya, dan berpeluang mendapatkan penghasilan dengen meonetisasinya.

Seperti sudah kita ketahui bersama, bahwasanya mengelola sebuah blog bila dilakukan dengan serius bisa menghasilkan income yang boleh dibilang menggiurkan. Banyak kisah-kisah sukses para blogger yang pada awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi, lambat-laun blog tersebut menjadi besar dan memberikan pemasukan yang luar biasa besar.

Katakanlah misalnya seperti menjadi publisher Google AdSense (GA), menjadi master Internet Marketing, Blog Toko Online, Blog Afilliasi dan masih banyak lagi, yang kesemuanya merupakan sarana mengumpulkan pundi-pundi rupiah atau dollar yang bisa dilakukan via blog.

Namun dari sekian banyak cara menghasilkan uang dari internet lewat blog, maka menjadi penayang Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak diminati. Makanya banyak para blogger yang sudah merasakan 'gurihnya' income dari GA mengambil keputusan untuk membuat blog sebanyak-banyaknya dengan harapan akan mendapatkan uang lebih banyak dari GA yang diikutinya.

Dan salah satu kemudahannya memang, setelah kita memperoleh "surat cinta" atau persetujuan dari Google AdSense, kita bebas memasang iklan di blog mana saja tanpa harus mendaftar ualng kembali, asalkan blog tersebut tidak menyalahi atau sesuai dengan Kebijakan Program Google AdSense.

Nah, dalam mengelola banyak blog untuk didaftarkan menjadi publisher GA tentunya kita harus mempunyai trik yang jitu agar blog kita yang banyak itu bisa tertangani dengan baik alias tidak terbengkalai dan semuanya bisa menghasilkan.


Blog


Berikut mari kita cermati satu persatu trik dan tips mengelola banyak blog terutama buat para sobat yang memiliki keterbatasan waktu.

1. Bijak Mengatur Waktu
Selain sibuk di dunia online, sudah pasti kita semua memiliki kesibukan di dunia offline. Hal ini tentu saja menuntut kita untuk pintar-pintar membagi waktu antara kesibukan online dan rutinitas kita di offline. Jangan sampai salah satunya jadi korban. Maka buatlah skedul atau jadwal yang jelas, kapan waktu untuk online dan kapan saatnya kita bekerja secara offline.

Ketika kita sudah resmi menjadi publisher GA, maka mengupdate artikel adalah merupakan suatu hal yang "wajib" agar blog tetap bisa eksis dan mendatangkan banyak pengunjung yang merupakan cikal bakal terjadinya income melalui klik iklan. Maka mau tidak mau mengupdate artikel harus dilakukan sebisa mungkin dengan tetap memperhatikan kualitas konten atau isi tulisan.

Secara teori, memiliki banyak blog maka akan mendapatkan pemasukan lebih banyak, namun pada prakteknya bila blog tersebut tidak dirawat dengan baik, maka jangan harap keajaiban akan datang. Pertahanakan terus iramanya agar semua blog bisa berjalan bersamaan walau didera keterbatasan waktu.

2. Kembangkan Ide MenulisLebih Kreatif
Sebagai blogger, kita tentu pernah mengalami kekosongan ide. Walau sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menulis artikel, namun ada kalanya kita seperti kehilangan ide atau mood untuk menulis. Solusinya, buatlah sebuah komitmen dalam diri kita agar bisa konsisten dalam menulis seberapapun lelahnya kondisi kita. Menulis adalah sebuah proses kreatif yang membutuhkan konsentrasi dan imajinasi. Denagn berkomitmen, mudah-mudahan kita bisa mngalahkan raasa malas yang merupakan penyakit utama seoprang penulis blog.

3. Fokus Pada Tujuan Awal
Semakin banyak blog yang kita miliki, menuntut kita untuk lebih fokus dalam menanganinya.Memang tidak mudah, namun dengan semangat dan teguh pada tujuan awal, hal-hal yang menjadi penghalang dalam mengelola banyak blog bisa kita lewati. Yang penting bisa tetap fokus dan tidak mudah menyerah diterjang badai yang menerjang, hehehe...

4. Konsistensi dan Kontinuitas
Hasil yang didapat dari mengelola blog dengan jumlah yang banyak, tergantung bagaimana kita memenejnya. Sebenarnya dengan satu blog saja bisa juga mendapatkan hasil yang boleh dibilang lumayan, asalkan ditangani dengan cara yang baik dan profesional. Namun lebih banyak blog tentu saja lebih baik, dengan satu catatan harus mengembangkan sikap konsistensi dan kontinuitas alias menangani dengan serius semua blog dan merawtnya secara berkelanjutan. Percuma saja punya banyak blog tapi tidak diurus, sama saja punya banyak rekening tapi isinya nol semua, sama aja bohong 'kaaannn...  😋

Nah, kiranya itu saja yang bisa saya share pada kesempatan ini. Semoga catatan kecil tentang Tips Mengelola Banyak Blog di Tengah Keterbatasan Waktu ini bisa bermanfaat buat yang membutuhkan.

Salam.

 
Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger