logo blog

10 Langkah Penting dalam Menulis

10 Langkah Penting dalam Menulis.
Ketika Anda memutuskan ingin menulis sebuah artikel baik buat postingan blog atau dalam bentuk lainnya, maka tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Bahan tulisan dan alat-alat pendukungnya merupakan hal utama dalam kegiatan tulis menulis. Tetapi yang harus diperhatikan adalah dari mana Anda mulai? 

Writing


Jika Anda ingin berhasil dalam menulis, maka luangkan waktu sejenak untuk membaca tips-tips berikut ini.  Sebaiknya mulailah dengan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memulai dari halaman kosong hingga menghasilkan ribuan kata-kata tertulis. Bila segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang maka Anda akan dapat mencapai tujuan Anda!

Baca juga: 6 Manfaat Menulis yang Perlu Kita Ketahui 

 

1. Pilih Topik


Ini harus menjadi sesuatu yang menjadi kesenangan Anda, dan Anda harus memiliki banyak pengetahuan tentang apa yang ingin Anda tulis. Anda akan berpikir dan berbicara tentang topik ini selama beberapa waktu lamanya, jadi jangan memilih topik yang membuat Anda bosan dalam waktu singkat.

2. Mengatur Rencana


Tahap perencanaan ini penting karena itu adalah peta jalan yang memandu Anda melalui ide asli dari awal sampai akhir. Bila Anda memiliki kerangka, hal ini membantu Anda untuk bekerja melalui proses penulisan, sehingga Anda tidak akan menjadi macet ketika Anda mulai kehilangan konsentrasi. Sebuah rencana yang matang akan mengidentifikasi target tulisan Anda.

3. Membuat Kerangka Tulisan


Ini adalah fase penting dari menulis yang akan membantu Anda untuk mengurangi waktu menulis. Membuat kerangka tulisan artinya membagi bagian tulisan ke dalam beberapa sub atau bab-bab tertentu untuk kemudian di susun secara sistematis dan terkonsep. Setelah kerangka semuanya siap, maka Anda akan dengan mudah menyusunnya menjadi sebuah karya tulis.

4. Menetapkan Tujuan


Menetapkan tujuan untuk untuk menulis jumlah tertentu dalam waktu tertentu sangatlah penting. Berangkat dari awal, sebaiknya Anda sudah menetapkan tujuan berapa lama kira-kira Anda menghabiskan waktu untuk menulis. Ini nantinya akan membantu menghemat banyak waktu yang tentu saja akan mengurangi waktu yang terbuang dengan percuma.

5. Siapkan Draft Pertama


Setelah Anda membuat rencana, menentukan kerangka tulisan dan menetapkan tujuan, saatnya untuk mempersiapkan draft pertama. Perlu diperhatikan dalam daftar terperinci Anda apakah masih membutuhkan lebih banyak data atau informasi sebelum Anda mulai menulis. Jika Anda perlu membuat penambahan tertentu atau menetapkan beberapa fakta, Anda mungkin perlu melakukan pengecekan lebih lanjut sehingga tulisan Anda akurat. Jika Anda menemukan hal-hal yang ingin diubah, menghapus atau menambah, Anda bebas untuk melakukannya dalam tahap ini. 

6. Tulislah Draft Pertama Anda


Setelah Anda mempersiapkan draft pertama, maka mulailah memilih tempat yang nyaman untuk menulis. Kenyamanan saat menulis membuat pikiran fress dan dapat berkonsentrasi dalam menyusun setiap kata demi kata dengan baik. Mulailah menulus draft pertama dengan penuh keyakinan diri. Draft pertama Anda adalah langkah awal dalam membuat sebuah karya besar maka buatlah draft pertama Anda semaksimal mungkin. 

7. Edit Draft Pertama Anda


Setelah Anda menyelesaikan draft pertama, saatnya untuk membaca dari awal sampai akhir. Anda akan tahu bagian mana yang sekiranya perlu diedit lebih lanjut. Ketika Anda membaca draft pertama, pastikan untuk membuat catatan perubahan yang Anda buat. Membuat perubahan sedemikian rupa bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil yang tidak perlu. Begitu pula dengan draft kedua, ketiga dan seterusnya.

8. Pengeditan Terakhir


Pada titik ini, banyak dari para penulis yang ingin segera mempublish tulisannya. Padahal sebelum kita benar-benar yakin akan mempublikasikan hasil karya kita, ada satu langkah lagi yang harus kita lakukan yaitu pengeditan terakhir. Ini bertujuan untuk membuat tulisan kita benar-benar layak untuk dipublikasikan.

9. Review Terakhir


Ini mungkin akan sedikit melelahkan, karena Anda harus membaca materi lagi untuk yang terakhir kalinya. Ini adalah waktu terakhir untuk membaca materi, dan pada titik ini Anda mungkin cukup sakit dan lelah.. Hal ini sangat umum, jadi jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Ini adalah waktu untuk membuat perubahan yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan Anda. Review dan editing akhir merupakan bagian yang sangat penting dari proses ketika Anda menulis.

10. Publish!


Nah, setelah semua tahapan dalam menulis ini Anda selesaikan, saatnya untuk publish! Adalah hal yang sangat menyenangkan ketika tulisan kita sudah benar-benar siap untuk dipublikasikan. pada tahap ini, kita hanya bisa berdoa semoga tulisan kita benar-benar layak untuk diterima khalayak ramai dan mampu memberi kontribusi yang bermanfaat buat yang membacanya.

Demikianlah ulasan tentang 10 Langkah Penting dalam Menulis ini, semoga bermanfaat dan teruslah menulis!
Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger