Cara Ampuh Mengatasi Beban Mental Yang Berlebihan

SaungMaman - Cara Ampuh Mengatasi Beban Mental Yang Berlebihan

Suatu waktu ketika memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Steven Covey memperlihatkan segelas air dan mengajukan pertanyaan kepada para mahasiswanya: "Menurut Anda sekalian kira-kira berapa berat segelas air ini?" Para mahasiswa menjawab mulai dari 200 gr s/d 500 gram. "Ini bukan soal berat atau ringannya, tapi tergantung berapa lama Anda sanggup memegangnya," kata Covey. "Jika Anda memegangnya selama beberapa menit, tentu itu bukan masalah".

Pertanyaan yang diajukan oleh Steven Covey ini berkaitan dengan pembahasan materi tentang Cara Ampuh Mengatasi Beban Mental Yang Berlebihan, yang sebenarnya cukup sederhana dalam mengatasinya.

Segelas air di tangan, tidaklah berarti apa-apa bila Anda menggenggamnya dalam waktu yang singkat. Lain cerita bila Anda memegangnya selama 1 jam atau lebih, tentu lengan Anda akan merasa pegal atau sakit. Dan lebih fatalnya lagi, bila Anda memegangnya lebih dari 1 hari, mungkin Anda harus dibawa ke rumah sakit.

Kesimpulan dari eksperimen tadi adalah walaupun sebenarnya segelas air memiliki berat yang sama, tapi setelah semakin lama digenggam, maka beban yang terasa akan semakin berat. "Jika kita membawa beban secara terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu mengangkatnya lagi".


Beban


Begitu juga dengan beban mental yang mengganggu pikiran, beban seringan apapun akan meningkat beratnya bila menekan Anda dalam waktu yang cukup lama. Apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi tekanan sebuah beban mental adalah dengan meletakkannya, beristirahat sejenak sebelum kemudian kita memulainya lagi. Yang perlu kita perhatikan adalah bahwa kita harus meninggalkan beban kita secara berkala, agar kita memiliki kekuatan dan tenaga yang lebih besar dan mampu mengatasinya lagi pada kesempatan berikutnya.

Baca juga: Mengatasi Masalah Tanpa Marah-marah

Jadi ingatlah ini, sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan hari ini, tinggalkan semua beban pekerjaan. Jangan bawa pulang, biarlah beban itu dapat kita angkat kembali lagi besok. Apapun beban yang ada di pundak anda hari ini, coba lupakan dan tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah mendapatkan cukup energi, nanti dapat diambil lagi ...

Hidup ini cukup singkat kawan, jadi cobalah menikmati dan mensyukurinya dengan penuh lapang dada. Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat atau disentuh, tapi dapat dirasakan jauh di relung hati kita yang paling dalam.

Jadi Cara Ampuh Mengatasi Beban Mental Yang Berlebihan itu ternyata tidak terlalu sulit, kita hanya butuh waktu sejenak untuk beristirahat, relaksasi, bersyukur, kemudian mulailah dengan semangat baru, energi dan kekuatan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Semoga kita mampu menjadi pribadi-pribadi yang kuat tidak mudah menyerah dan selalu menyadari bahwa apapun keadaannya, selalu bisa kita hadapi dengan penuh kekuatan dan kesabaran.
Advertisement
Cara Ampuh Mengatasi Beban Mental Yang Berlebihan

You Might Also Like: