Cara Monetisasi Blog Agar Menghasilkan


Cara monetisasi blog sebenarnya sangatlah luas, hal ini pun juga
termasuk blog yang dimonetisasi untuk bisnis offline misalnya. Sebagai blogger, kebanyakan mindset kita selalu memonetisasi dengan program-program bisnis online dan itu benar adanya, namun sebenarnya blog juga tak kalah hebatnya untuk difungsikan sebagai etalase produk fisik offline.

Jika blog Anda telah memiliki trafik yang tinggi dan stabil sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan blog sebagai lahan untuk menghasilkan profit meskipun itu hanyalah sebuah blog dengan trafik lokal. Jika Anda malah belum tahu sama sekali bagaimana memonetisasi blog, maka cara ini akan membuka wawasan Anda sebagai blogger bisnis dan jika Anda memang sudah banyak tahu strategi ini, siapa tahu ada cara monetisasi yang belum terpikirkan sebelumnya.

Blog
Cara Monetisasi Blog Agar Menghasilkan


Blogging atau bahasa gaulnya adalah ngeblog saat ini sudah sangat populer, apalagi dengan dukungan internet yang semakin menjamur dengan harga terjangkau yang berimbas kepada meningkatnya pengguna internet.

Dan salah satu tujuan mereka ini selain sebagai media social
networking juga untuk mendapatkan penghasilan baik sebagai sampingan maupun fulltime blogger. 

Blog adalah sarana terbaik kedua selain web social network seperti
Facebook atau Twitter untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan Anda menulis artikel yang berkualitas maka Anda telah memberikan nilai pada pembaca blog Anda. Selalu menghargai pendapat serta mempersilahkan mereka memberikan opininya kepada Anda, maka Anda telah membangun kredibilitas dan kepercayaan pada mereka dan tahukan Anda jika mereka telah percaya kepada Anda, maka mereka akan dengan senang
hati mendengarkan tawaran-tawaran Anda seperti misalnya sebuah produk.

Lalu bagaimana jika Anda belum punya blog?

Jika belum punya blog, Anda bisa memulainya dengan membuat blog gratisan atau tinggal beli domain dan hosting, lalu mulai berkreasi sesuai minat Anda. Setelah itu, jika blog Anda sudah memiliki trafik yang stabil, silahkan terapkan strategi monetisasi blog berikut ini :

1. Menulis Review Produk Dengan Link Afiliasi.

Jika Anda mengikuti sebuah bisnis produk afiliasi sebelumnya dan
memang produk tersebut mempunyai kualitas serta manfaat, jangan ragu untuk merekomendasikan kepada pembaca blog Anda. Tulis review yang baik tentang produk tersebut dan bagaimana produk itu memang bermanfaat untuk Anda. Sebisa mungkin buat list keunggulan bahkan mungkin kekurangannya. Utamakan kejujuran dalam membuat review karena jika ternyata produk itu berkualitas jelek setelah pembaca blog Anda membelinya dan Anda melakukan review sebaliknya, maka kredibilitas bisa jatuh serta pembaca akan meninggalkan blog Anda.

Buatlah posting khusus untuk produk tersebut dan pastikan untuk
menaruh link afiliasi Anda. Jika produk memang bagus dan review yang Anda lakukan juga menarik, maka konversi penjualan pun pastinya akan bagus. Semakin banyak pembaca blog Anda, penjualan pun akan meningkat

2. Merekomendasikan produk afiliasi.

Cara monetisasi blog dengan menulis sebuah artikel yang topik
pembahasannya relevan dengan produk tersebut sering dilakukan,
tentunya produk tersebut haruslah memiliki poin lebih yang tidak ada dalam artikel Anda. Blog Anda adalah mesin yang bisa Anda gunakan untuk trik ini.

Ketika sebuah artikel dipublish, maka pembaca akan melihat rekomendasi ini dan jika ternyata sebenarnya mereka tertarik dan kebetulan sedang mencari atau membutuhkan produk tersebut, maka besar kemungkinan mereka akan langsung membeli produk tersebut melalui link afiliasi Anda.

3. Menawarkan Space Iklan

Jika blog Anda memiliki komunitas yang solid dan trafik yang tinggi, Anda bisa menyediakan space khusus untuk menjual iklan seperti banner atau halaman khusus untuk iklan produk. Ini bisa menjadi pemasukan tersendiri untuk sekedar menutupi biaya operasional blog Anda seperti domain dan hosting. Blog ini pun menawarkan pasang iklan banner untuk promosi bisnis Anda.

4. Bangun list building di blog Anda

Ini adalah cara monetisasi blog yang paling sering dilakukan oleh
internet marketer untuk dibagikan kepada pengunjung blog melalui email sehingga untuk mendapatkannya, pengunjung akan memasukkan nama dan email mereka yang kemudian data nama dan email pengunjung ini akan masuk dalam list langganan Anda yang kemudian bisa dimonetisasi dengan penawaran berkualitas.


5. Gunakan Blog Sebagai Etalase Produk

Jika Anda memiliki produk sendiri entah itu berupa produk digital
seperti ebook, video tutorial, software atau bahkan produk fisik
lainnya, maka blog Anda bisa dimanfaatkan untuk tempat penawaran dan penjualannya. Jika Anda memiliki produk software, Anda bisa menawarkan secara gratis untuk versi trialnya yang bisa diupgrade versi pro atau premium untuk versi berbayarnya.

6. Gunakan Jaringan periklanan pihak lain.

Cara monetisasi blog menggunakan jaringan iklan pun sudah banyak dilakukan para blogger dengan menempatkan sebuah kode script iklan dari pihak ketiga dimana penghitungan earning bisa melalui per impresi atau per klik. Saat ini, Google Adsense masih jadi favorit untuk dipasang di blog atau dengan jaringan iklan lokal lainnya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Cara Monetisasi Blog Agar Menghasilkan ini, semoga bermanfaat.
Cara Monetisasi Blog Agar Menghasilkan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: