logo blog

Nilai-Nilai Positif dari Penyelenggaraan Pemilu

Nilai-Nilai Positif dari Penyelenggaraan Pemilu. Sungguh tidak bijaksana jika kita hanya membicarakan kekurangan-kekurangan pemilu. Karena sebenarnya banyak Nilai-Nilai Positif dari Penyelenggaraan Pemilu Lalu apa saja nilai-nilai positif yang bisa kita petik dari setiap penyelenggaraan pemilu? Jawabannya dapat kita temukan jika kita menjawabnya dengan sebuah penilaian positif dan gagasan-gagasan baru yang dapat membuat negeri ini lebih maju dalam membangun sistem demokrasi di tanah air. Dengan maraknya pemberitaan mengenai pemilu yang makin marak belakangan ini, masyarakat di tuntut untuk lebih jeli dalam memilih informasi, agar tidak mudah terprovokasi dan mendapatkan informasi yang berimbang.

Pemilu
Nilai-nilai positif yang dapat kita petik dari penyelenggaraan pemilu antara lain:
  1. Banyak politikus yang menebar janji untuk membangun negeri ini dengan program-programnya dan rakyat di berikan harapan yang menyenangkan. Namun jangan lupa rakyat harus menagih janji-janji yang diberikan oleh politikus dalam kampanyenya agar saat menang nanti janji tersebut dapat direalisasikan. 
  2. Masyarakat saat ini menjadi lebih jeli dalam memilih calon pemimpinnya karena tidak ingin menyesal pada masa depan. Pemilih cerdas lebih mengedepankan kinerja paslon daripada janji-janji semata. 
  3. Penyelenggara pemilu harus bisa lebih bekerja sama dengan masyarakat agar penyelenggaraan pemungutan suara berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur. 
  4. Banyak hal menarik yang kita lihat pada pelaksanaan kampanye terbuka partai politik, salah satunya adalah para pedagang kaki lima yang mendapat keuntungan lebih dari hasil penjualan barang dagangannya. 
  5. Kita juga banyak menyaksikan kalau dalam masa kampanye, banyak industri kecil yang mendapat banyak imbas positif. Misalnya industri percetakan dan industri makanan dan minuman. 
Walaupun terdapat banyak nilai-nilai postif, ada hal lain-lain yang terjadi, sulit disimpulkan apakah ini adalah pesta rakyat atau pesta segelintir orang saja. Namun rakyat sekarang sudah mulai cerdas dalam menentukan pilihannya. Dari beberapa pengalaman yang terjadi pada pemilu yang lalu, masyarakat dihadapkan pada adanya harapan-harapan baru yang diberikan oleh para calon pemimpinnya. Para elit politik pun diharapkan tidak menyia-nyiakan amanah yang dipercayakan kepadanya. Akhirnya kita dapat menarik kesimpulan yang menarik dari penyelenggaraan pemilu ini, yaitu adanya harapan dan doa yang begitu besar dari masyarakat kepada wakil rakyatnya agar bisa menjadi yang mereka harapkan, walaupun diliputi rasa kecemasan terhadap apa yang akan terjadi setelah mereka memimpin nanti.
Semoga saja, hasil yang didapat dari penyelenggaran pemilu kali ini, siapapun pemenangnya adalah mereka yang mampu memenuhi setiap janji-janjinya untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Demikian opini singkat tentang Nilai-Nilai Positif dari Penyelenggaraan Pemilu kali ini, semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger