Tidak Bisa Update Blog, Gak Masalah Asalkan...

Saung Maman - Tidak Bisa Update Blog, Gak Masalah Asalkan...

Banyak blogger yang mengalami kesulitan saat ingin mengupdate blognya karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena kesibukan di dunia offline atau terkait masalah pekerjaan yang menjadi kewajiban.

Tidak Bisa Update Blog, Gak Masalah Asalkan... Kita mau melakukan sedikit trik sederhana agar walaupun jarang update tapi keberadaan blog kita bisa selalu mempunyai trafik yang tinggi di mesin pencarian.

Cara mudah dan sederhana untuk mengoptimalkan blog agar tetap bisa eksis walaupun jarang update ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Update blog yang baik memang sebaiknya sebanyak dan sesering mungkin, kalau bisa tentunya. Tapi minimalnya adalah satu hari satu artikel sudah cukuplah. Namun bagaimana bila kesibukan tidak memungkinkan untuk mengupdate satu artikelpun dalam beberapa hari?

Baca juga:  5 Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Walau Jarang Update

Cara mensiasatinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan sedikitnya 10-15 menit dalam waktu luang yang kita miliki untuk membuat draft pendek, bisa menggunakan gadget (dengan menyimpannya di notes atau email) atau dengan menggunakan PC bila pekerjaan seharihari Anda ada di depan PC. Nah, setelah memiliki waktu yang senggang barulah draft tadi dimaksimalkan untuk kemudian di publish.

Update


Cara lainnya cukup dengan melakukan aktifitas blogwalking alias mengunjungi blog sahabat, sebagai ajang menjalin silaturahmi dan saling menyapa sesama blogger. Aktifitas blogwalking bisa dilakukan dengan mudah, soalnya saat ini hampir semua dari kita memiliki gadget yang punya kemampuan membuka website atau blog dan bisa berkomentar di sana.

Blogwalking selain bisa jadi ajang menciptakan keharmonisan antar blogger, sisi positif lainnya adalah membuat blog kita tetap bisa mendapat kunjungan, sementara disisi lain kita tetap dapat melakukan rutinitas pekerjaan tanpa terganggu oleh kegiatan blogging yang memang butuh ketekunan dan selalu on-time untuk membalas setiap komentar yang masuk.

Kesimpulan:
Tidak bisa update blog bisa diatasi dengan 2 cara sederhana yaitu: Membuat draft di sela-sela kesibukan offline kemudian menyempurnakannya setelah meiliki waktu luang. Kemudian melakukan aktifitas blogwalking sebagai sarana mempertahankan eksistensi blog kita pada blogger lain dan menerima kunjungan balik dari blog yang kita komentari.

Demikian update singkat tentang Tidak Bisa Update Blog, Gak Masalah Asalkan... kali ini, semoga ada manfaatnya.


Advertisement
Tidak Bisa Update Blog, Gak Masalah Asalkan...

You Might Also Like: