4 Makanan Khas Bulan Ramadan

Sahabat Saung Maman yang baik, kali ini admin mau berbagi info tentang 4 makanan dan minuman khas bulan ramadan yang menjadi favorit bagi seluruh keluarga di Indonesia. Daftar makanan dan minuman khas ramadan ini semoga dapat memenuhi kebutuhan para pembaca dalam menyiapkan menu sehat khas bulan Ramadan.

1. Kurma


Makanan khas ramadan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang berasal dari negara timur tengah. Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat buat kesehatan. Seperti misalnya untuk mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.
Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa. Bahkan banyak orang yang mengawali buka puasanya dengan makanan khas ramadan yang populer dengan nama kurma ini.

  1. Kolak


Makanan khas ramadan yang kedua adalah yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, namanya kolak. Hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa. Isi dari minuman kolak ini bisa  bermacam-ma macam tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari makanan khas ramadan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis.
Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya. Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang. Bahkan kolak pisang ini sangat pas jika di hidangkan pada saat berbuka, terlebih lagi jika makanan khas ramadhan ini di beri es.

  1. Cendol


Minuman khas bulan ramadan yang ke tiga adalah sebuah minuman segar yang di bernama cendol yang merupakan salah satu minuman yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya cendol di buat dengan bahan dasar tepung beras yang di campur dengan santan, gula merah dan juga es batu. Biasanya warna dasar dari cendol adalah hijau dan putih, warna putih di hasilkan dari santan dan warna hijau berasal dari daun pandan.
Sampai saat ini cendol merupakan minuman khas ramadan yang tidak bisa di pisahkan dengan menu berbuka puasa karena rasanya yang sangat menyegarkan. Anda bisa membuat cendol ini sendiri dengan mudah di rumah atau apabila anda tidak mau repot, anda bisa membeli minuman khas ramadan inidi sekitar rumah.

  1. Es Campur


Minuman segar di kala bulan Ramadan yang ke empat adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung. Salah satu minuman segar yang murah meriah ini namanya es campur. Es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.
Komposisi yang ada dalam es campur bisa bermacam-macam seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, susu dan sirop menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa. Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

Demikianlah sekilas pembahasan tentang 4 Macam Makanan Khas Bulan Ramadan kali ini, semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement
4 Makanan Khas Bulan Ramadan

You Might Also Like: