logo blog

Ramadan Berkah Perbanyak Ibadah

SaungMaman.Com - Ramadan Berkah Perbanyak Ibadah 

Bulan Suci Ramadan sebentar lagi kita jelang. Berbagai persiapan menyambut bulan suci penuh berkah ini segera kita mulai dari sekarang. Momen terindah yang hanya muncul setahun sekali ini tidak boleh kita sia-siakan. Ramadan berkah menjadi bagian terpenting dalam 1 tahun perjalanan hidup kita. Karenanya jangan sampai kita melewatkannya begitu saja tanpa ada perlakuan istimewa dalam menyambutnya.

Dalam menyambut bulan suci Ramadan, sebaiknya kita memulainya dengan niat yang tulus untuk memuliakan bulan ini dengan sebaik-baiknya. Kita perbanyak ibadah dengan melaksanakan puasa sebulan penuh, melakukan ibadah sholat taraweh berjamaah, bertadarus membaca dan memahami isi Al Quran dan ibadah-ibadah lainnya semampu kita sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal nanti.

Ramadan

Idulfitri atau juga ditulis dengan Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر ‘Īdul-Fiṭr) adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

    Pada tanggal 1 Syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Id), disunnahkan melaksanakan salat Id di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar). Sebelum salat Id di lakukan imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat Id baru membayar zakatnya hukum nya sedekah biasa bukan zakat. Adapun hukum dari Salat Idul Fitri ini adalah sunnah mu'akkad. Di malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunnahkan mengumandangkan takbir. Adapun kalimat takbir adalah sebagai berikut:

    Arab Latin Terjemahan
    الله أكبر الله أكبر الله أكبر Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
    لا إله إلا الله la ilaha illa Allah Tidak ada Tuhan selain Allah
    الله أكبر الله أكبر Allahu akbar, Allahu akbar Allah Maha Besar, Allah Maha Besar
    ولله الحمد wa li-illahi al-hamd Segala puji hanya bagi Allah
    Takbir mulai dikumandangkan setelah bulan Syawal dimulai. Selain menunaikan Salat Sunnah Idul Fitri, kaum muslimin juga harus membayar zakat fitrah sebanyak 2,5 kilogram bahan pangan pokok. Tujuan dari zakat fitrah sendiri adalah untuk memberi kebahagiaan pada kaum fakir miskin. Kemudian, Khutbah diberikan setelah Salat Idul Fitri berlangsung, dan dilanjutkan dengan do'a. itu, kaum muslimin di Indonesia memiliki tradisi saling bermaaf-maafan, terkadang beberapa orang akan berziarah mengunjungi kuburan.

    Di Indonesia sering mengucapkan doa Minal 'Aidin wal-Faizin, sebenarnya itu adalah tradisi masyarakat Asia Tenggara. Menurut sebagian besar ulama ucapan tersebut ditidaklah berdasar dari ucapan dari Nabi Muhammad. Perkataan ini mulanya berasal dari seorang penyair pada masa Al-Andalus, yang bernama Shafiyuddin Al-Huli, ketika dia membawakan syair yang konteksnya mengisahkan dendang wanita di hari raya.

    Adapun ucapan yang disunnahkan olehnya adalah Taqabbalallahu minna wa minkum ("Semoga Allah menerima amal kami dan kalian") atau Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik ("Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu" dan semisalnya.”) dan semisalnya.

    Demikian uraian singkat tentang Ramadan Berkah Perbanyak Ibadah semoga bermanfaat.

    Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Idulfitri


    Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
    Print PDF
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger