Mi Instan Asal Korea Positif Mengandung Babi

Saungmaman.com - Mi Instan Asal Korea Positif Mengandung Babi 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya melakukan pencabutan  nomor izin edar terhadap empat jenis mi instan yang berasal dari Korea Selatan karena positif mengandung babi.

Keempat produk yang mengandung babi tersebut, yakni Mi Instan Samyang rasa U-Dong, Mi Instan Samyang rasa Kimchi, Mi Instan Nongshim varian Shin Ramyun Black, dan Mi Instan Ottogi varian Yeul Ramen. Semua produk ini diimpor oleh PT Koin Bumi.

Menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito, importir sudah melanggar ketentuan yang ada, importir pada saat registrasi tidak menyampaikan bahwa produk yang mereka edarkan mengandung babi atau turunannya.

Menurut informasi, setelah mendapat nomor registrasi dan surat izin impor, importir mengimpor produk yang tidak sesuai. Informasi adanya kandungan babi pada empat produk mi instan asal Korea ini baru  diketahui oleh BPOM dalam pengawasan saat barang sudah masuk ke pasar (post-market).

Selain itu, informasi juga berkat adanya laporan dari masyarakat atas produk-produk ini. Setelah dicek dan dilakukan uji laboratorium, ternyata memang positif mengandung babi.

Sumber terpercaya menyebutkan bahwa BPOM sudah berkomunikasi dengan importir keempat produk ini, yakni PT Koin Bumi. Kepada importir, BPOM telah meminta agar importir yang bersangkutan untuk segera melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran.

Mi Instan Asal Korea Positif Mengandung Babi

Penarikan produk merupakan konsekwensi karena BPOM sudah mencabut izin edar produk-produk tersebut. Menurut kepala BPOM, kalau sudah dicabut izin edarnya itu barang sudah termasuk barang ilegal. Jadi harus segera ditarik dari peredaran, karena bisa dikenai sanksi importirnya kalau sampai ditemukan produk tanpa izin edar.

Surat BPOM Nomor IN.08.04.532.06.17.2432 tertanggal 15 Juni 2017, menyebutkan bahwa, berdasarkan hasil pemeriksaan sampling dan pengujian terhadap mi instan asal Korea, beberapa produk menunjukkan hasil positif (+) mengandung adanya fragmen DNA spesifik babi namun tidak mencantumkan peringatan "Mengandung Babi" pada label.

Demikian informasi tentang Mi Instan Asal Korea Positif Mengandung Babi kali ini, semoga kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam memilih makanan yang baik halal, agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.
Mi Instan Asal Korea Positif Mengandung Babi

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: