Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos

SaungMaman.Com - Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos

Candu medsos yang menyerang kaum muda dan juga kaum tua masa kini sepertinya sulit sekali untuk ditinggalkan. Kebiasaan membagikan setiap keadaan atau situasi seseorang dalam bentuk status seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, sepertinya sudah menjadi kebiasaan rutin yang sangat sulit untuk dihentikan.

Kebiasaan berbagi di media sosial sampai menimbulkan ungkapan "Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat", hal ini memang banyak terjadi, hanya karena terlalu sering mengupdate status dan berkomunikasi dengan teman jauh sampai bertengkar bahkan sampai berpisah, ini yang harus kita hindari.

Berbagai macam cara di tempuh oleh sebagian orang untuk bisa lepas dari kecanduan berbagi segala hal melalui  situs media sosial tersebut hanya seperti angin lalu dan mampu bertahan dalam hitungan hari, setelahnya kembali lagi sepeti semula.

Mumpung dalam suasana puasa dimana kita dituntut untuk menahan diri dalam segala hal, ada baiknya kita menjadikan Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos. Hal ini bisa menjadi ajang pembelajaran buat kita agar membatasi diri dalam berinteraksi dengan sahabat di dunia maya.

Dibutuhkan komitmen dan kemauan tingkat tinggi untuk benar-benar bisa terlepas dari kebiasaan berbagi perasaan dan kondisi di berbagai media sosial tersebut. Bila hanya niat tanpa tekad yang kuat rasanya sulit untuk bisa terealisasi.

Baca juga: 2 Macam Kebahagiaan Orang yang Berpuasa

Nah, berdasarkan pengalaman admin yang dulu sempat juga mengalami bagaimana rasanya kecanduan media sosial (hampir setiap jam mengupdate status). Berikut ini ada beberapa tips yang bisa sobat-sobat praktekan agar bisa terlepas dari kebiasaan tersebut. Ini hanya pengalaman dan belum teruji sepenuhnya akan kebenarannya, jadi bacanya jangan terlalu serius cukup diambil yang sekiranya sesuai dengan hati nurani sobat saja.

1. Yang pertama-tama adalah niatkan dalam hati bahwa saya ingin mengurangi kegiatan saya di media sosial, demi kebaikan saya sebelum keberadaannya merusak kehidupan saya dan juga keluarga.

2. Setiap kali ingin menggunakan sosial media, langsung membatalkannya dan mengalihkan dengan kesibukan lain yang jauh lebih bermanfaat misalnya, jalan-jalan, membaca, berkebun atau membuat karya tulis dalam blog pribadi yang bila ditekuni dengan serius bisa menjadi ladang mencari penghasilan tambahan.

3. Ubah kebiasaan berbagi perasaan melalui update status dengan menuliskannya dalam buku atau catatan kecil yang suatu saat bisa menjadi kenangan manis saat membacanya kembali.

4. Bila memungkinkan, matikan handphone (HP) atau gadget saat bekerja, agar fokus pada pekerjaan dan lupa akan media sosial. Mang admin sendiri memutuskan untuk tidak membawa HP saat bekerja dan bisa!


Medsos


5. Tutup sementara akun medsos sobat dalam jangka waktun tertentu, sampai bisa mengendalikan seberapa besar keinginan dan seberapa sering membuka akun medsos, bila sudah dapat mengendalikannya boleh di buka kembali nanti tapi ingat, hanya sesekali saja.

6. Luangkan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan anggota keluarga. Tanamkan rasa memiliki yang tinggi bahwa mereka jauh lebih berharga dari semua pertemanan semu yang ada di media sosial.

Demikianlah pengalaman yang bisa mang admin share kali ini semoga catatan kecil tentang Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos ini bisa berguna khususnya buat sobat-sobat yang ingin mengurangi kegiatan di media sosialnya.

Advertisement
Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos

You Might Also Like: