Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense?

Saungmaman.com - Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense?

Menunggu PIN dari Google Adsense (GA) adalah sebuah proses dari perjalanan panjang seorang blogger yang sedang berjuang mendapatkan pengakuan secara resmi sebagai "anak buah" si mbah dengan cara menjadi penayang iklan di blog yang dimilikinya.

Setelah sekian lama berkutat dengan upaya mendapatkan persetujuan penuh untuk menjadi seorang publisher iklan GA yang begitu banyak lika-likunya, kini saatnya memasuki tahap dimana cita-cita seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblognya semakin mendekati kenyataan.

Tahap yang dimaksud adalah proses untuk mendapatkan PIN dalam rangka memverifikasi alamat sesuai data yang dikirimkan seorang blogger ketika dirinya mengajukan diri menjadi publisher GA untuk  menayangkan iklan di blognya. Verifikasi alamat diperlukan untuk memastikan bahwa pendapatan seorang publisher GA benar-benar dikirimkan ke alamat yang tepat.

Para blogger yang sudah lama berkecimpung dengan dunia iklan adsense dari Google mungkin memiliki  pengalaman yang hampir sama saat menunggu PIN ini. Sama seperti pengalaman mendaftar GA yaitu sama-sama menunggu lama hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya untuk bisa diterima.

Baca juga: Review Kedua AdSense Apa yang Harus Dilakukan?

Google mengirimkan PIN kepada publishernya melalui Jasa POS Indonesia, biasanya PIN akan sampai ke alamat tujuan memakan waktu  kira-kira 2 sampai 4 minggu tergantung lokasi. PIN itu nantinya digunakan untuk memverifikasi kebenaran alamat yang dicantumkan di akun adsense. Perlu diingat agar berhati-hati saat memasukan PIN, karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka penayangan iklan akan dinonaktifkan.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense?
Contoh PIN Google Adsense (Sumber gambar: support.google.com)

Sebenarnya kita bisa memverifikasi alamat dengan menggunakan KTP, tapi itu hanya berlaku apabila kita melakukan tiga kali request PIN namun PIN tidak kunjung datang. Jadi harus sabar menunggu sampai 4 minggu atau lebih sebelum memverifkasi alamat menggunakan KTP.

Sekedar info bahwasanya Google mengirimkan PIN setelah penghasilan GA kita mencapai minimal $10 USD. Menurut pengalaman yang saya baca di blog teman-teman, kebanyakan dari mereka mempunyai pengalaman yang hampir sama saat menunggu PIN. Biasanya PIN dikembalikan lagi kepengirim karena beberapa alasan, jadi setelah request PIN ketiga, tapi PIN belum juga datang, maka langkah terakhir yang diambil adalah dengan memverifikasi alamat menggunakan scan KTP.

Pertanyaannya sekarang, Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense?

  • Sambil menunggu datangnya surat PIN yang sedang dalam pengiriman, alangkah baiknya kita tetap melakukan posting dan update blog seperti biasa, bahkan lebih banyak lagi kalau bisa, agar keberkahan serta rejeki yang akan kita terima makin bertambah kalau kita rajin. Karena percayalah segala usaha dan doa yang kita panjatkan tidak akan sia-sia selama itu merupakan hal yang positif.
  • Teruslah berusaha memperbaiki kualitas konten dengan membuat banyak artikel orisinil dengan gambar atau foto penunjang hasil jepretan sendiri.
  • Lanjutkan kegiatan silaturahmi sesama blogger (blogwalking) karena itu merupakan salah satu kunci agar blog kita tetap eksis dan banyak dikunjungi pembaca.
  • Jangan lupa berdoa karena doa merupakan kekuatan yang sangat dahsyat selain usaha dan kerja keras kita dalam mewujudkan cita-cita.

Setelah semua langkah diatas kita lakukan, saatnya kita berharap agar apa yang menjadi keinginan kita bisa segera terwujud dan menjadi kenyataan.

Nah, sobat saungmaman yang baik hatinya, sambil menunggu datangnya surat PIN dari Google, ada baiknya kita sedikit flashback lagi kebelakang. Yuk kita kenang kembali masa-masa penuh perjuangan saat kita berusaha mendapat pengakuan dari Google untuk menjadi publisher GA. Dalam usaha kita untuk menjadi publisher GA, banyak sekali ujian yang kita hadapi.

Ujian sebagai publisher GA memang cukup banyak, beberapa diantaranya adalah:

1. Saat mendaftar adsense, calon publisher harus sabar menunggu sampai disetujui sepenuhnya. Untuk diterima itu tidak mudah, bahkan dalam tahap review pertama dan kedua, banyak sekali calon publisher yang ditolak berkali-kali. Ada yang ditolak sampai 20 kali bahkan lebih. Bagi mereka yang tahan banting dan terus berusaha akhirnya bisa juga diterima seperti pengalaman mang admin yang mengelola blog saungmaman ini.

2. Setelah penghasilan terkumpul minimal $10, publisher GA wajib memverifikasi akun adsensenya. Google Akan Mengirimkan PIN ke alamat pembayaran yang tercantum pada Akun Google Adsense, pada proses ini lamanya bisa bervariasi tergantung situasi dan kondisi.

3. Untuk menerima Pembayaran, kita juga diharuskan memverifikasikan rekening bank, tujuannya agar Google memastikan mengirimkan uang ke rekening yang benar, ini sebenarnya bukan berarti mempersulit, tapi cara Google untuk melindungi pembayaran milik publishernya.

4. Memiliki Akun GA berarti wajib patuh terhadap pedoman mutu webmaster dan kebijakan yang ditetapkan oleh Google, sekali saja melanggar mungkin akan diberikan peringatan, namun jika ditemukan pelanggaran selanjutnya akun akan dibanned dan tidak diperbolehkan lagi berpartisipasi dalam program Google Adsense.

5. Saat menerima pembayaran, kita mungkin akan direpotkan lagi dengan kode swift bank jika kita menggunakan metode pembayaran transfer bank, kode swift ini dapat kita tanyakan pada pihak bank kita masing-masing.


Kalau melihat betapa sulitnya menjadi publisher Google Adsense, berarti anda harus tahu apa yang harus dilakukan, jangan sampai melakukan kesalahan yang berakibat akun dibanned. Bermainlah secara jujur dan bersih, jika caranya benar maka penghasilannya berkah, sebaliknya jika caranya salah hasilnya menjadi tidak berkah.

Akhirnya saya hanya bisa berdoa semoga PIN yang dinanti bisa segera saya terima, agar semangat dalam menulis dan berkarya dalam mengelola blog saungmaman ini bisa lebih meningkat lagi. Buat temen-temen yang masih berjuang dalam mendapatkan persetujuan pengajuan GA-nya, harap bersabar, teruslah berusaha dan jangan lupa berdoa agar lamarannya segera di approve oleh mbah Google.

Demikian pembahasan tentang Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense? kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Menunggu Kedatangan Surat PIN Google Adsense?

You Might Also Like: