logo blog

Cara Jitu Meningkatkan Pageview Blog dengan Matched Content Adsense

Saungmaman.com - Cara Jitu Meningkatkan Pageview Blog dengan Matched Content Adsense

Untuk meningkatkan pageview blog banyak cara dilakukan oleh para blogger. Salah satunya adalah dengan memasang unit iklan terbaru dari Google yang bernama Matched Content.

Apa yang dimaksud dengan iklan Matched Content?

Unit iklan matched content bisa diartikan sebagai artikel yang bisa tampil di halaman posting blog berdasarkan relevansinya dengan isi yang terkandung dalam artikel sebuah blog. Bisa juga diartikan sebagai post terkait/related post.

Dengan mengaktifkan fitur matched content diharapkan sebuah blog akan mendapatkan pageview lebih banyak. Meski matched content adalah produk dari Google Adsense, tapi jangan berharap akan mendapat penghasilan dari matched content ini. Fitur ini tidak akan bernilai uang, melainkan memiliki fungsi meningkatkan pageview suatu blog.


Dengan bertambahnya pageview maka dari situ earning akan bertambah. Teorinya, semakin banyak pengunjung yang mengklik matched content, maka semakin besar kemungkinan menambah pendapatan, karena secara tidak langsung jumlah penayangan iklan blog sobat (RPM) juga akan bertambah.

Tampilan matched content terlihat begitu rapi dan enak dilihat. Mengenai pengaturan tampilannya diatur sendiri oleh Google. Tugas kita sebagai blogger hanya memasangnya saja agar muncul disetiap akhir postingan. Fitur matched content sendiri bisa didapatkan dengan beberapa persyaratan yang tidak semua orang bisa mengetahuinya secara rinci.

Admin sendiri tidak menyadari kalau fitur ini sudah lama ada di akun adsense, keberadaannya baru diketahui setelah membaca sebuah postingan di blog teman mengenai cara meningkatkan pageview blog dengan matched content. Iseng-iseng masuk akun adsense dan taraaa.. ternyata fitur matched content sudah tersedia di akun adsense milik saya entah sejak kapan.

Untuk mengetahui apakah adsense sobat sudah tersedia fitur matched content silahkan mengeceknya dengan masuk ke akun adsense dan perhatikan di bawah My Site, Overview dan apabila dibawahnya ada tulisan Matched Content, berarti  blog sobat sudah siap dipasangi matched content. Lihat gambar:

Matched Content

Baca Juga: Tips Jitu Mengatasi Konten Tidak Memadai

Fitur yang diperkenalkan Google Adsense sejak pertengahan 2015 ini hanya menampilkan sedikit informasi soal keberadaannya. Namun menurut beberapa sumber, untuk bisa menampilkan iklan matched content, sebuah blog setidaknya memiliki syarat trafik yang rata-rata 2000 - 5000 pageview perhari. Konten yang dimuat di blog juga harus memiliki keunikan tersendiri. Jika semua itu terpenuhi, maka kemungkinan besar fitur ini akan menjadi hadiah yang indah dari Google.

Lalu bagaimana cara memasang iklan matched content?

Untuk memasang matched content di blog, pada intinya sama saja dengan cara memasang unit iklan pada umumnya. Yang membedakan mungkin hanya penempatannya saja. Posisi yang paling tepat adalah di akhir setiap artikel.

Untuk teknik pemasangan di blog, sama seperti memasang iklan adsense seperti biasa. Klik pada My Ads, pilih Ad Units lalu isikan nama iklannya dan pilih Matched Content dibagian Ad Type. Jangan lupa untuk mem-parse script iklan agar bisa berjalan dengan baik di mode HTML. Kemudian simpan kode dan paste-kan ke HTML blog tepat di akhir postingan. Bila semua langkah dilakukan dengan benar, maka pada blog kita nantinya akan tampil iklan matched content seperti tampak pada SS berikut ini, keren kan???

Matched Content

Baca juga:
Bila diperhatikan, Tampilan matched content yang tampil di halaman posting di blog begitu sederhana dan selalu memunculkan artikel terkait yang relevan dengan posting blog yang sedang tayang, maka fitur ini sangat efektif untuk meningkatkan pageviews.

Nah, bagaimana sobat, apakah tertarik untuk memasang ikaln matched content seperti yang ada pada blog ini? Silahkan cek akun adsense masing-masing. Bila sudah ada gambar seperti dibawah ini, berarti blog sobat sudah bisa dipasangi iklan matched content.

Matched Content

Demikianlah ulasan mengenai Cara Jitu Meningkatkan Pageview Blog dengan Matched Content Adsense kali ini. Semoga ulasan singkat ini bisa menambah wawasan kita semua tentang dunia blogging. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger