Inilah Keutamaan Puasa Arafah Yang Tidak Boleh Kita Lewatkan

Saungmaman.com - Inilah Keutamaan Puasa Arafah Yang Tidak Boleh Kita Lewatkan

Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut hari raya qurban adalah hari besar umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijah dalam kalender Islam. Dalam menyambut hari raya qurban ini umat Islam pun menjalaninya dengan serangkaian ibadah puasa sunnah.

Jika menjelang Idul Fitri puasa dilaksanakan selama 30 hari penuh di bulan Ramadan, maka, pada Hari Raya Idul Adha, puasa dilaksanakan selama 9 hari, yakni mulai tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah.

Puasa yang dilaksanakan bulan Dzulhijah tersebut hukumya sunah, yang artinya jika dikerjakan akan mendapat pahala, tapi jika tidak, maka tidak berdosa.

Pada awalnya, beberapa pendapat mengungkapkan bahwa puasa Dzulhijjah dianjurkan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau disebut Puasa Tarawiyah dan tanggal 9 Dzulhijjah atau disebut Puasa Arafah . Namun, rupanya anjuran puasa di bulan Dzulhijjah ini tidak hanya dianjurkan pada tanggal-tanggal tersebut, tapi dalam beberapa hari lainnya sebelum Idul Adha.

Baca juga: Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktivitas Medsos

Meski hukumnya bersifat sunah, namun bukan berarti kita bisa begitu saja mengabaikannya. Sebab, ada keutamaan dan pahala yang bisa diraih oleh umat Islam yang menjalankannya.

Berikut ini adalah keutamaan Puasa Arafah yang perlu kita ketahui, agar bisa meningkatkan nilai keimanan kita dalam upaya mendekatkan diri pada Allah SWT. Kita sebagai umat Islam sangat membutuhkan pengampunan dari Allah oleh karena itu sudah seharusnya sebagai umat muslim berlomba-lomba melaksanakan puasa sunnah arafah dibulan Dzulhijjah ini.
  • Dikutip dari almanhaj.or.id, dari hadits Nabi yang diriwayatkan Imam Muslim, "Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.".
  • Sementara diikutip dari sumber lain, Muslim meriwayatkan, “Puasa di hari arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa assyura (tanggl 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR. Muslim).
Sunnah Arafah

Dua hadits tersebut sama-sama mengungkapkan keutamaan serta pahala yang akan didapat dari puasa Arafah, Maka marilah kita laksanakan puasa sunnah arafah, jangan sampai ketinggalan.

Demikianlah sharing mengenai Inilah Keutamaan Puasa Arafah Yang Tidak Boleh Kita Lewatkan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengingat bagi kita umat muslim dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.


Inilah Keutamaan Puasa Arafah Yang Tidak Boleh Kita Lewatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment