logo blog

Jangan Pelit Share Artikel Blog Teman

Saungmaman.com - Jangan Pelit Share Artikel Blog Teman

Aktivitas ngeblog kita ditentukan oleh banyak hal. Diawali dengan membuat blog, memposting artikel, mengedit dan mempublishnya. Namun untuk membuat blog kita bisa bersaing dengan begitu banyaknya blog-blog yang berlalu-lalang di jagat maya, langkah yang harus kita lakukan tidak hanya sebatas itu. Masih banyak hal yang harus kita lakukan agar keberadaan blog kita mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang penting untuk kita lakukan sebagai seorang blogger adalah dengan membiasakan diri men-share artikel blog teman.

Disini saya sebagai blogger yang merasa masih sebagai pemula atau istilah kerennya Newbie, ingin membagikan beberapa pengalaman selama kurang lebih satu tahun dalam mengelola blog Saungmaman.com ini. Walaupun saya mengenal dunia blogging sudah cukup lama sejak tahun 2009, namun baru serius menekuni dunia yang menjadi hobi saya sejak kecil ini baru kira-kira setahun belakangan ini.

Berawal dari kesibukan saya di tempat kerja yang baru, di bilangan Tebet, Jakarta Selatan dimana semua komputer terhubung dengan internet, saya memulai kembali aktivitas ngeblog dengan mencari kata kunci "Cara membuat blog supaya ramai pengunjung". Dan di urutan pertama pencarian google saya menemukan sebuah artikel yang cukup membuat saya tercengang, karena di blog tersebut terdapat banyak sekali komentar dengan berbagai gaya dan macam ragam celoteh yang membuat saya langsung terkesan pada pandangan pertama.

Mau tahu nama blog yang sangat super-ramai tersebut? Namanya adalah wongcungkup.com dengan adminnya yang keren sedikit yang bernama Mas Yanto atau lebih terkenal dengan sebutan Yanto Cungkup. Komentar pertama sayapun mendarat disana dengan mulus yang langsung disambut dengan sangat hangat oleh mang admin.

Beberapa saat kemudian, saya mendapat kejutan dengan hadirnya admin wongcungkup yang memberikan komentar di blog butut saya yang waktu itu masih bernama Blog Motivasi Dan Ragam informasi. Dalam komentar perdananya mang Yanto memberikan masukan yang sangat berharga buat saya berkenaan dengan teknik penulisan di blog saya yang memang alakadarnya. Saya sangat berterimakasih waktu itu, karena kehadiran beliau di blog saya begitu sangat berarti yang membuat semangat ngeblog saya bangkit kembali setelah sekian lama vakum.

Baca juga:
Seiring berjalannya waktu, blog inipun mengganti domain dari blogspot menjadi domain sendiri. Atas saran seorang teman, sayapun memutuskan untuk mengganti judul blog menjadi Saungmaman.com. Ini adalah nama yang diberikan oleh seorang teman blogger juga yang namanya Djangkaru Bumi yang juga saya kenali setelah berkomentar di blog wongcungkup, dengan blog kerennya bertajuk Djangkarubumi.com.

Semenjak itu, hubungan kami sebagai sesama blogger semakin akrab. Karena merasa mendapatkan banyak pelajaran dan ilmu baru dalam dunia blogging, sayapun semakin sering berkunjung ke blog wongcungkup, baik sekedar mampir, share artikel atau memberi komentar pada setiap artikel yang tayang.

Di blog wongcungkup juga saya mendapatkan banyak teman baru yang menjadi cikal bakal akan makin bertumbuhnya blog tempat curhat saya ini. Salah satu blogger senior yang sampai sekarang masih intens berinteraksi dengan saya adalah Mang Lembu dengan blognya yang berjudul DesaCilembu.com.

Mang Lembu adalah sosok seorang blogger senior yang sangat supel dan senang bercanda. Pembawaannya yang selalu ceria membuat saya merasa cocok dengan beliau karena saya juga orangnya suka bercanda. Dibalik pembawaannya yang terkesan sedikit "galak" ternyata beliau merupakan seorang blogger yang sangat suka membantu orang lain dan tidak pelit ilmu soal segala tetek-bengek perbloggeran. Hal ini membuat namanya begitu dikenal luas dikalangan blogger Indonesia, terlebih bagi para blogger yang tergabung dalam komunitas KPK (Komunitas Persahabatan & Kesetiakawanan) yang dipimpinnya.

Pertemanan di dunia maya yang semakin berkembang luas membawa saya merasa memiliki suasana baru yang sangat menyenangkan. Dunia blog adalah dunia yang sangat luas, apapun bisa kita temukan disana. Dengan ngeblog, saya bisa berkenalan dengan seorang travel blogger yang begitu konsisten memberitakan tentang obyek wisata ditanah air yaitu Blog Direktori-Wisata dengan adminnya Mang Indra Kusuma Sejati.

Dibidang teknologi saya bisa berkenalan dengan Kang Ahmad Zaelani dengan blognya http://www.root93.co.id/ atau Mas Indra DP pemilik blog Indradp.com Mas Dwi Sugiarto admin blog Media Kompilasi. Mas Dedy Akas dengan blognya DedyAkas.com Saya juga senang bisa mengenal Teh Santika pakar kesehatan pemilik blog Tanaman Berkhasiat.com, saya juga bisa keal Bang John dengan blognya Badee.xyz dan masih banyak blogger-blogger keren lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.

Dari kesemua blogger yang saya kenal tersebut bisa saya simpulkan kalau kesemuanya hampir memiliki kesamaan dalam hal berbagi atau share artikel. Budaya share artikel blog teman ini saya dapatkan ilmunya dari Mang Lembu. Pada awalnya saya tidak begitu peduli tentang ajakan ini, tapi setelah mencoba dan merasakan efeknya baru saya menyadari kalau budaya share itu bukan saja baik untuk pemilik blog tapi juga sangat berpengaruh buat kita yang men-share karena bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita.

Share

Mungkin ada sebagian blogger yang berpikir, ah share artikel hanya menguntungkan pemilik blog yang artikelnya di share sedangkan kita tidak mendapatkan apa-apa. Pendapat ini terbukti tidak benar, karena justru dengan rajin men-share artikel teman, blog kita akan mendapat keuntungan dengan mendapat kunjungan dari pengunjung organik, terlebih bila artikel yang di share itu sedang banyak dicari orang.

Jadi kesimpulannya: Jangan Pelit untuk Share Artikel Blog Teman, karena itu menunjukan kalau Anda adalah seorang blogger sejati yang menghargai hasil karya sahabat blogger lainnya. Mari budayakan share artikel blog teman, dapatkan link-back atau kunjungan balik organik dan juga simpati dari sahabat blogger lainnya yang akan mempererat tali persaudaraan sesama blogger dan pada akhirnya akan tercipta keharmonisan diantara blogger walaupun kita tidak pernah bertemu secara langsung di dunia nyata.

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger