logo blog

7 Tips Mudah Membuat Email Gmail Anda Lebih Aman

Saungmaman.com - 7 Tips Mudah Membuat Email Gmail Anda Lebih Aman

Untuk melindungi agar alamat email gmail kita tidak mudah di-hack atau disusupi orang lain, ada  beberapa hal yang harus kita perhatikan. Lakukan beberapa pengaturan pengamanan agar email gmail yang begitu penting buat kita menjadi lebih aman. Pengamanan perlu dilakukan karena email menyimpan begitu banyak data-data penting yang sangat sayang sekali bila sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Tentunya sobat bertanya-tanya, langkah-langkah pengamanan seperti apa sih yang perlu dilakukan agar akun email  gmail kita aman dari gangguan orang-orang usil? Tenang... berikut ini akan saya share 7 Tips Mudah Membuat Email Gmail Anda Lebih Aman.

Baca juga:
Mari kita bahas satu-persatau:

1. Hindari mencentang “stay signed in”.
Jangan membiasakan diri mencentang tulisan stay signed in terutama di komputer yang sering digunakan oleh banyak orang. Kalau sobat memberi tanda centang, maka username dan password akan disimpan pada cookies di komputer. Dan bahayanya adalah, spyware bisa ikutan dan memiliki kemampuan membaca informasi yang disimpan ini.

Gmail

2. Gunakan https.
Untuk meningkatkan keamanan pada akun gmail, aktifkan fitur https untuk membuat data anda lebih aman. Sebab data yang dikirim akan di enkripsi terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya dengan mengklik “Settings” lalu pada pilihan “browser connection” pilih “always use https”. Kalau sudah, jangan lupa klik “save changes”.

Gmail_a

3. Periksa “Last Account activity” pada bagian bawah email.
Periksa “details” jika ingin mengetahui detailnya, maka akan terbuka kotak baru yang menampilkan detail alamat IP lokasi anda membuka alamat gmail anda. Jika ada nomer IP yang dirasa mencurigakan, ada kemungkinan orang lain sudah menyusup ke akun gmail sobat. Hal yang perlu segera dilakukan adalah segera ganti password email anda!

Gmail_b

4. Ubah password secara berkala.
Biasakan mengganti password email secara berkala. Buat kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan simbol seperti  $ ? % ^& * ( ) _  = {  } ] : @ ‘ ~ # | ? / dalam password agar tidak mudah di hack.

5. Update informasi recovery akun gmail.
Caranya pada pengaturan/setting email sobat bisa tambahkan email lain untuk menerima link setiing ulang password. Link itu akan dikirimkan jika sewaktu-waktu sobat lupa password. Bila diperlukan tambahkan juga nomer teleponyang bisa dihubungi.

6. Jangan lupa Log Out.
Setiap kali setelah selesai menggunakan email, jangan lupa untuk keluar dari akun gmail/log out. Sekalipun menggunakan komputer pribadi, lebih baik jika kita selalu membiasakan diri menekan tombol log out setiap selesai menggunakan gmail.

7. Bersihkan data di browser.
Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser sobat sehabis menggunakan gmail supaya lebih aman, cukup simpel 'kan?

Nah, kiranya cukup sekian topik pembahasan mengenai 7 Tips Mudah Membuat Email Gmail Anda Lebih Aman kali ini, semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger