Ini Bahayanya Bila Kebanyakan Makan Daging Kambing

Saungmaman.com - Ini Bahayanya Bila Kebanyakan Makan Daging Kambing

Saat hari raya kurban biasanya kita akan mendapat bagian daging kambing yang kemudian akan diolah menjadi sate, gulai dan sop kambing.

Berbicara mengenai daging kambing, pasti Anda sudah sangat familiar dengan salah satu jenis daging merah ini. Namun perlu diketahui bahwa ada bahaya tersembunyi dibalik kelezatan dari daring kambing ini.

Daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Walau demikian, daging kambing masih kalah popularitasnya dengan daging sapi atau daging ayam.
Selain harganya yang cukup tinggi, daging kambing juga diternakkan tidak sebanyak daging sapi. Daging kambing umumnya diolah dan dikonsumsi sebagai salah satu bahan makanan dalam acara-acara tertentu, seperti lebaran, aqiqah dan juga acara seremonial lainnya semisal acara pernikahan.

Daging kambing
Namun demikian tidak semua orang menyukai daging kambing, karena selain bau kambing yang khas, daging kambing juga bisa menimbulkan efek negatif buat kesehatan, apalagi bagi mereka yang sudah lanjut usia, daging kambing sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Nah seberapa besar bahayanya bila mengkonsumsi daging kambing bila berlebihan?
Berikut ini ada beberapa bahaya makan daging kambing buat kesehatan:
  1. Mengakibatkan naiknya kadar kolesterol
Mengkonsumsi daging kambing berlebihan dapat menimbulkan naiknya kolesterol, bagi yang memiliki turunan kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makan daging kambing, karena daging kambing memiliki kandungan kolesetrol jahat atau LDL yang cukup tinggi.
  1. Mengakibatkan Hipertensi
Buat mereka yang mempunyai hipertensi/tekanan darah tinggi sebaiknya jangan makan daging kambing, karena makan daging kambing akan memperparah hipertensi. Daging kambing memiliki efek yang cukup signifikan dalam meningkatkan tekanan darah. Meningkatnya tekanan darah, bisa mengakibatkan berbagai macam gejala hipertensi seperti misalnya  mudah pusing, pening, mual dan juga terasa lemas dan mudah lelah. Selain itu, apabila tekanan darah menjadi tinggi, emosi dan juga mood akan terganggu, dimana anda akan mudah marah.
  1. Mengakibatkan naiknya asam lambung/GERD
Makan daging kambing dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung di dalam tubuh, atau yang dikenal dengan istilah GERD, yaitu dapat menimbulkan berbagai macam gejala yang tidak nyaman, terutama pada bagian lambung dan kerongkongan. Lambung dan juga kerongkongan akan terasa sangat panas, perih, mual dan juga terasa seperti terbakar.
  1. Mengakibatkan obesitas
Daging kambing memilki kandungan lemak yang cukup tinggi, kandungan lemak yang tinggi ini akan sangat mempengaruhi jumlah lemak di dalam tubuh. Bila makan daging kambing secara berlebihan, tanpa disertai dengan olahraga  maka akan menyebabkan lemak menjadi menumpuk. Penumpukan lemak ini akan meningkatkan bahaya obesitas/kegemukan.
  1. Memperlambat sistem peredaran darah
Daging kambing dapat memperlambat dari sistem peredaran darah. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi asal lemak dan juga kolestrol tinggi yang terkandung dalam daging kambing. Lemak dan kolestrol ini sangat berperan penting  dalam proses penyumbatan pembuluh darah. Bila terjadipenyumbatan pembuluh darah, maka sudah bisa dipastikan, kondisi peredaran darah menjadi tidajk baik/terhambat. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah dapat menyebabkan tidak berfungsinya organ-organ tubuh vital, seperti jantung dan juga otak secara optimal. Ini dikarenakan oleh kekurangan pasokan darah dan juga oksigen.
  1. Mengakibatkan sembelit
Daging kambing memiliki kandungan lemak tinggi. Kandungan lemak yang tinggi ini dapat menghambat kerja saluran pencernaan, pengaruhnya kuarng baik untuk organ pencernaan, yang dapat menyebabkan munculnya gejala sembelit atau kesulitan buang air besar.

Demikian info kesehatan yang bisa saya bagikan kai ini, semoga artikel Ini Bahayanya Bila Kebanyakan Makan Daging Kambing ini bermanfaat.

Sumber: Raya Post


Ini Bahayanya Bila Kebanyakan Makan Daging Kambing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment