Makna Hari Kesaktian Pancasila

Saungmaman.com - Makna Hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober 2017 besok kita akan memperingati hari Kesaktian Pancasila, salah satu hari bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Hari itu adalah hari dimana Indonesia mempertahankan ideologinya.
Sejarah hari Kesaktian Pancasila tak lepas dari peran Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang saat itu dipimpin oleh Pangkostrad Mayjen TNI Soeharto yang berhasil menumpas gerakan kontra revolusioner Partai Komunis Indonesia.
Setelah 51 tahun lebih peristiwa bersejarah itu terjadi. Apa makna hari Kesaktian Pancasila bagi Komando Utama (Kotama) tempur yang dimiliki TNI AD ini? Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi mengatakan, makna dari hari Kesaktian Pancasila sama dengan menghayati Pancasila itu sendiri. Pancasila merupakan ideologi paling cocok untuk Indonesia dan tak bisa ditawar-tawar lagi.
 
“Pancasila adalah harga mati, jadi siapapun atau kelompok manapun yang berniat untuk mengubah Pancasila, akan berhadapan dengan saya dan juga seluruh Prajurit Kostrad seperti yang sudah dilakukan oleh pendahulu-pendahulu kami yang telah berhasil menumpas pemberontakan G 30 S/PKI,”kata Pangkostrad.
Menurut Pangkostrad, seluruh Sila dalam Pancasila dapat menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah ideologi yang tak akan lekang oleh zaman dan masih akan tetap relevan sampai kapan pun.

Selain itu, Pangkostrad berharap semangat ini juga diwarisi oleh para generasi penerus bangsa. Menurutnya, Pancasila yang kita hayati dan kita amalkan saat ini tercetus melalui proses yang panjang dan buah pikir para tokoh-tokoh bangsa pendiri negara Indonesia. “Jadi, sudah sepatutnya generasi penerus bangsa dapat meneruskan semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,”pungkasnya.

Sumber: id.wikipedia
Dengan memahami  Makna Hari Kesaktian Pancasila ini, semoga kita sebagai bangsa Indonesia makin cinta akan dasar negara kita yaitu Pancasila dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Siaga Indonesia
Makna Hari Kesaktian Pancasila

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: