6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula

Saungmaman.com - 6 Hal Penting Yang harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula

Saya bukanlah seorang blogger profesional atau orang yang ahli dalam dunia blogging, saya juga bukan mastah, suhu atau apalah namanya. Saya hanyalah seorang penyuka dunia tulis-menulis melalui media online dan sedang mencoba memperdalam ilmu yang berkaitan dengan dunia jurnalistik.

Menekuni sebuah hobi membuat seseorang bisa melampaui banyak hal yang sebelumnya dianggap hal yang mustahil. Pengalaman membuktikan, banyak para penulis senior yang saat ini meraih kesuksesan luar biasa pada awal memulai kariernya hanya sekedar menyalurkan hobi atau kegemarannya dalam membuat karya tulis.

Seiring berjalannya waktu, keadaanpun berubah. Dengan ketekunan dan konsistensi dalam melatih kemampuan diri, seseorang yang pada awalnya awam sama sekali akan sesuatu hal, berubah drastis menjadi sangat piawai dalam dunia yang digelutinya.

Begitupun dengan profesi seorang blogger, saat ini profesi sebagai blogger sudah menjadi pekerjaan yang cukup bergengsi dan berkelas. Terbukti banyak perusahaan atau brand-brand ternama yang mengincar para blogger untuk diajak bekerjasama dalam meningkatkan nilai jual bisnis atau usaha mereka agar makin dikenal luas oleh masyarakat.


Menarik untuk dicermati bahwasanya saat ini banyak sekali bermunculan blogger-blogger ternama yang pada awalnya memulai karier mereka hanya dari sekedar coba-coba. Namun dengan ketekunan dan kerja keras mereka, telah merubah paradigma yang mengatakan bahwa untuk menjadi seorang penulis blog itu butuh pendidikan yang tinggi dan harus punya gelar.

Itu semua tidak berlaku, untuk bisa jadi profesional tidak harus punya ilmu tinggi, gelar berderet, atau kecakapan akademik. Yang dibutuhkan hanyalah keuletan, semangat juang dan kemauan yang tinggi untuk belajar disertai konsistensi dalam memperdalam ilmu yang diminati. Dengan menggabungkan  kesemuanya, siapapun bisa menjadi apa yang mereka inginkan termasuk menjadi seorang blogger profesional!

Mengawali karier sebagai blogger memang bukan perkara yang mudah, karena profesi ini tidak ada sekolahnya. Semua harus diawali dari angka nol. Kunci kesuksesan seorang blogger dimulai dari awal mula pertama ketika ia memutuskan untuk memasuki dunia yang penuh warna ini.

Blogger Pemula

Ketika seseorang memutuskan untuk terjun kedalamnya, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, sebelum kemudian memutuskan untuk benar-benar terjun kedalamnya, atau malah akan menyesal nanti dikemudian hari.

Bila Anda memang serius ingin mendalami profesi sebagai seorang blogger, maka simak hal-hal penting dibawah ini, agar nanti tidak merasakan keragu-raguan dalam memutuskan apakah terus berlanjut atau berhenti karena menganggap apa yang dilakukan selama ini sia-sia atau hanya membuang-buang waktu saja.

Berikut, 6 hal penting yang harus diperhatikan oleh blogger pemula:

1. Menentukan Topik atau Niche Blog

Hal paling penting dalam membangun sebuah blog adalah menentukan topik atau niche blog. Bila anda memilih topik yang tidak dikuasai maka besar kemungkinan blog tidak akan bisa bertahan lama. Seperti halnya dalam membangun sebuah bisnis, bila bisnis tersebut merupakan hal yang Anda kuasai, maka bisa dipastikan bisnis tersebut akan berkembang dengan baik, karena Anda melakukannya dengan senang hati dan memang sesuai dengan keahlian Anda.

2. Menggunakan Top Level Domain (TLD)

Pada awal membangun blog, biasanya seorang blogger menggunakan domain gratisan, setelah lama berselang dan merasa sudah tiba masanya, baru kemudian memutuskan untuk menggunakan domain berbayar. Hal ini cukup penting mengingat domain berbayar memiliki nilai lebih dibanding yang gratisan. Ini berkaitan dengan nilai jual yang ikut mempengaruhi kepercayaan para klien yang ingin menjalin kerjasama yang biasanya lebih mempercayai blog dengan domain TLD.

3. Pemilihan Template yang Responsif

Pemilihan template blog merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Pilihlah template yang responsif dari penyedia template premium yang banyak bertebaran di linimasa. Dengan menggunakan template berkualitas tinggi, dijamin eksistensi blog akan makin diperhitungkan baik di mesin pencari maupun dimata para calon pemasang iklan yang menyukai keindahan tampilan blog Anda. Untuk urusan yang satu ini, saya merekomendasikan menggunakan template KompiAjaib kepunyaan Kang Adhy Suryadi.
Baca: Menjadi Penulis Tamu Di Blog Kompi Ajaib
4. Memahami SEO On Page

SEO On Page penting kita kuasai agar blog yang kita bangun bukan saja ramah di mata pembaca/manusia, tetapi juga ramah di mesin pencari terutama Google. Kenapa demikian? Karena tak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini pencarian informasi di dunia maya masih dikuasai oleh mesin pencari Google. Maka untuk itulah kenapa kita perlu memahami SEO On Page.
Baca: Cara Terbaik Optimasi SEO On Page Blog
5. Belajar SEO Off Page

SEO Off Page pada dasarnya adalah bagaimana cara menempatkan link pada blog orang lain yang merujuk pada blog kita atau biasa disebut backlink. Semakin baik backlink yang merujuk ke blog kita, maka akan semakin baik posisi artikel kita di mata mesin pencari. Inilah yang menjadi perhatian para pegiat SEO tentang bagaimana menemukan teknik yang jitu untuk meningkatkan kepercayaan search engine. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menanam backlink baik sebanyak-banyaknya, baik yang gratisan ataupun dengan membayar.

6. Memonetisasi Blog

Ini satu lagi hal yang sangat penting, bagaimana caranya agar blog bisa menghasilkan. Banyak cara bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog dengan cara memonetisasinya, misalnya ikut program Pay Per Click (PPC), affiliasi, jualan produk, menyediakan jasa review dan lain-lain. Semakin berkualitas blog yang kita bangun, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan job atau tawaran kerjasama.

Dari semua catatan diatas, dapat disimpulkan bahwa, fokuslah terlebih dahulu dalam mengembangkan sebuah blog, setelah blog berkembang semakin baik dan dikenal luas dengan berbagai peningkatan peringkat baik Alexa Rank, Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) maka akan semakin mudah bagi kita dalam meraih penghasilan dari blog. Selamat berjuang dan semoga sukses!

6 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Blogger Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment