Bisakah Menjadi Kaya dengan Menjadi Seorang Blogger?

Saungmaman.com - Bisakah Menjadi Kaya dengan Menjadi Seorang Blogger?

Setiap hari kita berkutat dengan internet, tapi tahukah anda siapa sebenarnya yang berada dibalik beredarnya begitu banyak konten baik berupa ragam artikel, informasi bisnis, berita olahraga, ramalan cuaca, dan lain-lain. Mereka adalah para penulis yang bekerja di bidang jurnalistik yang sebagian besar adalah merupakan seorang blogger.

Tahukah anda blogger itu apa? Sebelum membahas tentang apa itu blogger, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu asal muasal kata blog. Menurut Wikipedia Blog merupakan singkatan dari web log yaitu sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun pada beberapa blog tidak selalu demikian.

Kaya


Masih menurut Wikipedia, media blog dipopulerkan pertamakali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs yang pada akhirnya diakuisisi oleh Google sekitar akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan bagi perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang cukup beragam, mulai dari sekedar catatan harian, media publikasi atau informasi, sarana propaganda dalam acara kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian besar blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sedangkan sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Dengan memahami arti kata blog, maka bisa kita simpulkan bahwa blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog tersebut. Syarat seseorang bisa disebut blogger adalah hanya satu: bisa menulis! Menulis apa saja, bisa soal teknologi, tips dan trik untuk blogging, menulis tentang topik kesehatan, kuliner, dan masih banyak lagi topik atau niche yang bisa dijadikan bahan tulisan. Ada begitu banyak pilihan di internet, dan banyak layanan yang menyediakan tempat menulis blog secara gratis, seperti wordpress dan blogspot.
Baca juga: Belajar Memahami Konsep LAP (Learn-Action-Profit)
Ada pakar yang mengira kalau seorang blogger itu mempunyai kemampuan teknis yang tinggi, padahal pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena kemampuan utama blogger itu hanyalah menulis. Nah, dalam komunitas blogger yang memang hobinya adalah menulis, memang ada beberapa diantaranya yang memang punya kemampuan teknis lebih, ada yang lebih suka menulis karya seni, ada beberapa yang senang menulis tentang teknologi dan seterusnya. Tapi adalah salah besar menganggap blogger itu punya kemampuan teknis di atas rata-rata.

Singkatnya, blogger adalah juga manusia biasa dengan kemampuan rata-rata, yang membedakan hanyalah: suka menulis. Jangan percaya perkataan bahwa blogger itu punya keunggulan dibidang teknis, itu hanya menunjukkan kalau orang tersebut sebenarnya tidak tahu apa itu blogger.

Pertanyaannya kemudian adalah, kenapa banyak orang yang suka menggeluti profesi sebagai blogger? Apa istimewanya menjadi seorang blogger? Dan yang paling sering ditanyakan adalah apa bisa jadi kaya dengan jadi blogger? Jawabanya adalah sangat bisa!

Untuk menjadi kaya dengan menjalani profesi sebagai seorang penulis blog tentu bukanlah hal yang mudah. butuh waktu, usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya. Namun bila ditanyakan apakah ada blogger yang menjadi kaya raya dengan serius menekuni dunia blogging? Tentu saja ada. Berikut ini akan saya bahas beberapa nama blogger keren yang berhasil menapaki puncak kesuksesannya dengan menekuni profesi sebagai seorang blogger. Siapa sajakah mereka?
Baca juga: Ini Dia 10 Travel Blogger Pria Favorit Versi Saungmaman
1. Ghe John
Ghe John adalah pemilik blog Portal Uang dan juga admin blog ERUDISI. Siapa yang tak kenal dengan blog portal uang yang banyak membahas tentang seluk-beluk dunia blogging ini. Ghe John kini telah sukses menjadi salah seorang blooger papan atas dengan penghasilan yang cukup besar dari blog yang dikelolanya.

2. Mas Darmawan
Panduan IM adalah adalah sebuah blog yang digawangi oleh Mas Darmawan dengan topik pembahasan seputar SEO blog. Maka jangan heran kalau blognya selalu muncul diurutan teratas mesin pencarian. Artikelnya selalu menduduki peringkat atas karena memang memiliki kelebihan dibanding blogger yang lain. Tulisannya sangat berkualitas, lengkap dan cukup padat. Banyak para blogger menjadikan blog Panduan IM sebagai bahan rujukan dalam mengembangkan sebuah blog. Blognya yang selalu ramai membuat Mas Darmawan menjadi salah satu blogger yang cukup kaya raya dari penghasilannya mengeleola blog.

3. Mbak Indri Lidiawati
Mbak Indri adalah sapaan akrab dari pemilik blog Juragan Cipir yang juga berhasil menjadi salah seorang blogger kaya di tanah air. Blognya merupakan blog komunitas tempat berkumpulnya para blogger. Blog Juragan Cipir adalah blog umum yang memiliki banyak fans terutama peminat dunia blogging. Kita bisa tanya jawab di forum, kerap membahas berbagai permasalahan yang kita hadapi selama menjalankan aktifitas sebagai blogger. Selain itu kita juga bisa mengirim artikel untuk ditayangkan di blog Juragan Cipir.

4. Mas Sugeng
Hampir setiap blogger di Indonesia mengenal sosok Mas Sugeng, ia juga merupakan salah satu blogger kaya dari ngeblog. Mas Sugeng adalah seorang master SEO di dunia Blogging. Bisa dikatakan ilmu Mas Sugeng soal SEO bisa sangat diandalkan. Kita bisa banyak belajar darinya agar setiap artikel di blog kita bisa muncul dihalaman pertama Google. Di blog pribadinya yaitu Sugeng.id dia banyak membahas tentang dunia blogging dan selalu muncul di urutan teratas mesin pencarian. Terbukti walaupun blog tersebut jarang melakukan update artikel namun blog Mas Sugeng tersebut selalu ramai dikunjungi.

5. Eka Lesmana
Sosok Eka Lesmana banyak diidolakan oleh para blogger. Eka Lesmana merupakan blogger dengan penghasilan ratusan juta perbulan. Yang menarik dari seorang Eka Lesmana adalah bahwa ia memiliki kisah unik sebelum sukses menjadi seorang blogger. Ternyata ia dulunya hanyalah seorang ” Tukang Angon Bebek ” yang kemudian belajar tentang Internet Marketing, lalu mulai membuat sebuah toko online sampai membuat blog. Namun perjalanan sukses ngeblog-nya tidak semudah yang kita kira. Butuh perjuangan bertahun tahun sampai seorang Eka Lesmana bisa mendapatkan penghasilan seperti sekarang ini. Namun intinya ia merupakan sosok pekerja keras dan selalu konsisten dalam mengelola blognya, sehingga bisa meraih kesuksesan luar biasa seperti sekarang ini. Sementara untuk blognya sendiri hingga saat ini masih jadi misteri, mana blog Eka Lesmana? Entahlah.. untuk mengetahuinya coba aja googling di internet.

Nah, demikianlah kiranya info mengenai Bisakah Menjadi Kaya dengan Menjadi Seorang Blogger? yang bisa saya bagikan kali ini, semoga kesuksesan para blogger diatas mampu menginspirasi dan menambah motivasi kita dalam menggeluti dunia blogging.
Bisakah Menjadi Kaya dengan Menjadi Seorang Blogger? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment