Setahun Fokus Ngeblog Dapat Apa?

Saungmaman.com - Setahun Fokus Ngeblog Dapat Apa?

Tak terasa, kalau dihitung-hitung aktivitas (fokus) ngeblog saya di blog Saungmaman ini sudah setahun lebih. Kenapa saya bilang fokus? Karena perjalanan saya dalam dunia blogging sebenarnya sudah cukup lama, namun yang benar-benar fokus atau serius menekuni aktivitas yang berawal dari hobi ini memang baru setahun terakhir ini, yaitu setelah blog saya yang awalnya berekstensi blogspot berganti domain menjadi Top Level Domain (TLD) sekitar setahun yang lalu.
Baca postingan yang ini: SaungMaman(dot)Com 
Perjalanan setahun lebih Saungmaman mengalami banyak fase atau tahapan yang bila diperhatikan grafiknya secara keseluruhan menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Sempat menyentuh angka 500 ribuan peringkat alexa rank global, kemudian karena adanya perubahan algoritma penghitungan alexa atau apalah namanya, peringkatnya terus menurun hingga mencapai angka 1,8 jutaan. angka yang cukup 'menyesakkan dada'...

Langkah yang kemudian saya  lakukan untuk meningkatkan peringkat alexa adalah dengan berusaha sekuat tenaga meningkatkan peringkat alexa dengan berbagai cara yang saya cari infonya di internet. Dan syukur alhamdulillah, lambat laun peringkat alexa blog ini kembali merangkak naik dan mampu bertahan di kisaran angka 1,3 jutaan hingga saat ini.
Baca artikel yang ini untuk meningkatkan peringkat alexa rank: 3 Cara Mudah Meningkatkan Peringkat Alexa Rank
Sekedar menengok kembali ke belakang (flashback) tentang perjalanan Setahun Fokus Ngeblog, ada yang ingin saya bagikan kepada para pembaca sekalian, baik para pengunjung yang sedang mencari berbagai info, maupun teman-teman blogger yang baik secara sengaja melakukan aktivitas blogwalking atau sekedar bersilaturahmi.

Saya tegaskan terlebih dahulu bahwa apa yang ingin saya ceritakan di sini bukan untuk menyombongkan diri atau pamer prestasi, semua saya lakukan semata-mata sebagai catatan ringan saja atau istilahnya sekedar sharing. Semoga pengalaman yang akan saya bagikan berikut ini bisa menjadi motivasi yang sifatnya membangun dan bisa memacu semangat kita untuk bisa berkarya lebih baik lagi dan menambah kepercayaan diri bahwa siapapun mampu berbuat sesuatu yang sebelumnya dianggap tidak bisa.

Saungmamandotcom
Saung Maman
Terus terang, di awal-awal ngeblog saya sama sekali tidak tahu apa itu blog, bagaimana blog itu di buat, siapa saja yang bisa menjadi seorang blogger dan apa saja keuntungannya bila kita serius menggeluti dunia blogging. Lalu entah bagaimana awalnya tiba-tiba saya tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang blog, mulai kasak-kusuk mencari berbagai informasi yang berkenaan dengan blog dan tanpa saya sadari saya sudah berada di dalamnya.
Baca postingan pertama saya (yang membuat saya kembali fokus ngeblog setelah lama vakum): Blogger Itu Baik Hati
Semenjak saat itu saya mulai menemukan passion atau gairah yang membuat saya benar-benar bersemangat dan mencintai pekerjaan ini. Setahun menggeluti dunia yang satu ini saya menemukan fakta bahwa ternyata siapapun yang tadinya tidak tahu apa-apa, dengan banyak belajar ternyata bisa menjadi apa yang sebelumnya dianggap mustahil. Padahal sebelum-sebelumnya tidak sedikitpun saya berfikir akan bisa menjadi seperti sekarang ini.

Semakin hari bergelut dengan dunia tulis-menulis, saya merasakan bahwa aktivitas blogging itu bila ditekuni dengan serius bisa sangat menyenangkan, apalagi setelah membuktikan bahwa dari yang awalnya tidak tahu apa-apa, menjadi sok tahu dan selalu berusaha membagikan setiap ilmu yang baru diketahuinya tersebut kepada para pembaca dengan cara mempostingnya di blog.

Dengan menulis dan berbagi pengalaman di blog bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga yaitu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru dan juga income dalam bentuk materi. Ini sungguh di luar dugaan, sebelumnya saya kurang begitu yakin bahwa dengan ngeblog bisa menghasilkan uang.

Lalu, setelah setahun lebih fokus ngeblog, kamu dapat apa?
Income pertama yang saya hasilkan dari ngeblog ini adalah ketika ada seorang klien menawari saya untuk bekerjasama pemasangan banner. Setelah melakukan negosiasi, disepakati sebuah kontrak pemasangan 3 slot banner selama 1 bulan. Ini adalah pengalaman baru buat saya dan membuka mata hati saya bahwa ternyata ngeblog bisa menghasilkan uang itu benar adanya.
Baca juga: Agar Blog Cepat Terkenal Dan Menghasilkan
Semenjak itu semangat menulis saya makin meningkat dan job-job atau tawaran kerjasama penulisan artikel mulai berdatangan. Job review, Artikel placement, sponsored post, dan lain-lain datang silih berganti membuat aktivitas menulis makin padat dan menuntut saya untuk bekerja lebih keras lagi bahkan harus "lembur" sampai larut malam karena waktu menulis memang hanya bisa dilakukan malam hari sepulang kerja yang baru selesai pukul 21.00.

Kenapa ini bisa terjadi? Saya menemukan kesimpulan bahwa dengan mengelola blog secara benar dan konsisten, maka peringkat blog kita akan terus meningkat dan banyak di cari oleh para pemasang iklan. Peringkat blog selain di ukur dengan alexa rank juga di lihat dari PA (Page Authorithy) dan DA (Domain Authorhity). Semakin tinggi PA dan DA sebuah blog semakin baik "nilai jual" blog tersebut dan berpeluang mendapat tawaran kerjasama dengan pemasang iklan juga semakin besar.
Baca pembahasan mengenai PA dan DA blog di sini: Apa Arti PA dan DA pada Blog?
Demikian kiranya artikel Saungmaman kali ini, semoga curhatan mengenai Setahun Fokus Ngeblog Dapat Apa? ini bermanfaat. Sekali lagi saya utarakan di sini bahwa artikel ini bukan bermaksud menyombongkan diri, melainkan sekedar berbagi yang tujuannya untuk memberi motivasi dan tidak bermaksud menggurui. Semoga sedikit banyaknya, pengalaman ini bisa memberi manfaat positif bagi kita semua.
Setahun Fokus Ngeblog Dapat Apa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment