Uji Nyali: Sehari Tanpa Gadget, Mampukah?

Saungmaman.com - Uji Nyali: Sehari Tanpa Gadget, Mampukah?

Apakah sobat pernah mencoba melakukan sebuah eksperimen, menguji nyali untuk tidak menggunakan handphone (hp) atau gadget sehari saja?

Di era teknologi internet seperti sekarang ini, keberadaan perangkat komunikasi berbentuk smartphone atau gadget memang sudah sangat melekat dalam keseharian. Lihat saja buktinya, dimanapun orang berada pasti memegang handphone. Mau tidur main hp,  bangun tidur,  hp yang pertama kali dicari. Mau makan foto dulu makanannya pake hp trus di unggah ke medsos, dan seterusnya.

Jaman memang sudah jauh berubah. Kalau dulu orang menggunakan gadget/handphone hanya sebatas buat berkomunikasi, sekarang sudah lebih banyak ragam manfaat gadget yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau penggunaannya masih dalam tahap yang wajar sih nggak apa-apa, tapi kalau sudah berlebihan dan menyebabkan kecanduan, itu yang harus diwaspadai.

Terlalu bergantung pada alat yang satu ini bisa berakibat buruk bagi si pelaku terutama dalam hal hubungan sosial. Bayangkan, karena terlalu asyik bersosial media menggunakan hp, lalu melupakan orang-orang terdekat yang seharusnya mendapatkan perhatian.



Sudah banyak kisah bubarnya sebuah tatanan keluarga karena menjadi korban dari sisi negatif penggunaan gadget. Ini perlu kita hindari agar perubahan-perubahan prilaku yang kurang baik akibat ketergantungan terhadap alat komunikasi bernama handphone ini bisa diminimalisir.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, cobalah sobat melakukan sebuah uji nyali : Sehari Tanpa Gadget, Mampukah? Hal ini perlu kita lakukan, agar kemampuan mengendalikan keinginan menggunakan hp bisa kita kuasai.

Bila sobat mampu melakukannya, selamat, itu pertanda kalau sobat belum terkena penyakit kecanduan. Tapi bila tidak, ini harus diwaspadai, gejala awal ketergantungan harus segera diatasi sebelum dampaknya semakin parah.

Berdasarkan pengalaman admin selama ini, ternyata mampu koq melakukan eksperimen ini. Cobalah tiru, setiap hari Sabtu atau Minggu jangan menggunakan hp. Berikan hp pada istri atau anak bagi yang sudah berkeluarga, atau cukup simpan dalam lemari bagi mereka yang masih jomblo.

Lupakan bersenang-senang lewat hp untuk sementara waktu, alihkan pada hal lain yang jauh lebih bermanfaat. Yakinlah dengan tekad yang kuat sobat pasti bisa melakukannya.

Kiranya cukup sekian coretan
Saungmaman mengenai Uji Nyali: Sehari Tanpa Gadget, Mampukah? Semoga tulisan kecil ini bisa memberikan manfaat buat pembaca sekalian.
Uji Nyali: Sehari Tanpa Gadget,  Mampukah?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: