Apa Alasan Utama Blogger Berkomentar di Blog Sahabat?

Saungmaman.com - Apa Alasan Utama Blogger Berkomentar di Blog Sahabat?

Ada pertanyaan yang sedikit menggelitik buat saya menanggapi banyaknya komentar yang mampir di sebuah blog. Pertanyaan yang cukup sederhana namun tidak mudah untuk menentukan jawabannya.

Banyaknya komentar yang menghiasi kolom komentar sebuah blog bisa memiliki banyak penafsiran. Yang jadi pertanyaan adalah, dari sekian banyak blog ada blog yang memiliki komentar yang cukup banyak, walaupun artikelnya tidak terlalu bagus atau pas-pasan (seperti blog ini misalnya, hehe...). Tetapi ada juga blog yang artikelnya sangat baik dan bermutu tetapi tidak ada satupun komentar yang mampir di blog tersebut.

Nah, yang ingin saya tanyakan kepada sahabat-sahabat semua (khususnya para blogger) yang memang suka berkunjung ke blog sahabat atau dalam bahasa kerennya disebut blogwalking atau biasa di singkat BW adalah: Apa Alasan Utama Blogger Berkomentar di Blog Sahabat?

Berdasarkan pengalaman saya sebagai admin blog Saung Maman yang selama kurang lebih satu setengah tahun ini secara serius mengelola blog, artikel apapun yang diposting selalu mendapat respon positif dari teman-teman, dengan banyaknya komentar-komentar positif yang cukup interaktif dan penuh warna.

Jarang sekali menemukan komentar negatif yang bertentangan atau 'berlawanan arah'. Tentu saja sebagai admin saya merasa cukup senang dengan kondisi seperti ini. Komentar-komentar yang masuk sebisa mungkin selalu saya jawab sesuai isinya, walau terkadang jawaban saya agak melenceng dari isi yang dimaksud oleh pemberi komentar.

Melalui tulisan singkat ini, saya ingin sedikit melakukan sebuah 'survey kecil-kecilan' yang intinya ingin mengetahui apa alasan utama blogger berkomentar di blog sahabat. Maksud dari survey ini adalah ingin mendapatkan sebuah gambaran tentang bagaimana sebuah blog bisa terlihat begitu baik karena banyaknya komentar yang masuk, yang berarti blog tersebut memiliki banyak pengunjung setia dan bernilai baik di mata para pembaca.

Survey
Source: Pixabay

Ramai atau tidaknya pengunjung sebuah blog memang tidak bisa di nilai hanya berdasarkan banyaknya komentar yang masuk, namun setidaknya ini bisa dijadikan acuan bahwa blog tersebut cukup populer setidaknya di mata para blogger itu sendiri.

Blog yang ramai pengunjung banyak di minati oleh para advertiser atau pemasang iklan untuk diajak bekerjasama. Selain itu Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) juga menjadi penilaian tersendiri bagi layak atau tidaknya sebuah blog untuk dipasangi Content Placement atau Sponsored Post.

Baca juga:
Apa Arti PA dan DA pada Blog?
Trik Sederhana Meningkatkan PA (Page Authority) Blog
Nah, kembali ke soal survey, berikut ini beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan mengenai alasan utama blogger berkomentar di blog sahabat:

1. Apa alasan utama blogger mau berkomentar di blog sahabat?
a. Sekedar basa-basi atau nitip link agar dikunjungi balik
b. Adminnya ramah dan selalu menjawab komentar yang masuk
c. Bersilaturahmi, mengoreksi kesalahan atau memberi masukan

2. Berapa kali rata-rata sebuah blog anda kunjungi dalam satu hari?
a. 1 kali
b. 2 kali
c. lebih dari 5 kali

3. Berapa banyak blog yang dikomentari dalam satu hari?
a. Rata-rata 10 blog perhari
b. Diatas 20
c. Diatas 30

4. Apakah anda selalu menjawab setiap komentar yang masuk?
a. Selalu
b. Kadang-kadang
c. Tidak pernah

Kiranya hanya itu saja surveynya, saya berharap teman-teman mau sedikit berpartisipasi, agar kita bisa mengambil sisi positifnya dari adanya survey ini. Silahkan memberikan jawabaan sesuai hati nurani, masukan dari teman-teman sangat saya hargai dan semoga segala usaha yang kita lakukan  akan memberi manfaat buat kita semua.

Advertisement
Apa Alasan Utama Blogger Berkomentar di Blog Sahabat?

You Might Also Like: