Santai Sejenak

Saungmaman.com - Santai Sejenak

Rutinitas kerja yang sangat menyita waktu kadang membuat pikiran suntuk dan timbul rasa lelah yang membuat kita malas gerak atau istilah anak muda sekarang mager. Kalau sudah begitu tak banyak yang bisa kita lakukan selain berusaha santai walau hanya sejenak.

Santai kalau dalam arti sebenarnya adalah membiarkan diri dalam keadaan rileks, atau melepaskan diri dari segala kesibukan. Bersantai bisa dilakukan dengan hanya diam, beristirahat, tidur-tiduran, menonton acara televisi, membaca buku ringan, membersihkan taman depan rumah, bercengkrama dengan si buah hati bagi yang memiliki putra-putri dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan.

Baca juga: Libur Weekend Paling Enak Ngapain?

Lain halnya dengan para pekerja keras yang terbiasa sibuk dengan aktivitas yang tidak ada habisnya, bersantai bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang bisa dibilang bukan bersantai, alias tetap bekerja. Biasanya orang type ini tidak terbiasa berdiam diri, karena kalau hanya diam tanpa melakukan kegiatan apa-apa malah merasakan tidak enak di badan.


Begitulah yang terjadi dengan admin blog ini, yang mana sehari-harinya adalah bekerja di sebuah studio foto yang selalu ramai dengan pengunjung selama 7 hari dalam seminggu, 13 jam dalam sehari. Maka ketika memiliki kesempatan berlibur yang seharusnya dimanfaatkan buat bersantai, malah bekerja keras membereskan seisi rumah yang terlihat berantakan.

Kebiasaan ini sudah berlangsung lama, sejak zaman masih muda dulu, saya memang orangnya gak bisa diam, selalu ada saja yang dilakukan, mulai dari bersih-bersih ruang tamu, membersihkan kipas angin yang kotor, merapikan buku-buku anak-anak atau membersihkan got kamar mandi yang sering mampet.

Untuk yang terakhir ini, kemarin admin sempat dibuat pusing, karena got kamar mandi yang mampet tetap mampet walaupun sudah berusaha dibersihkan semaksimal mungkin. Berbagai kotoran sampah mulai dari plastik bekas, limbah dapur, maupun sampah-sampah lainnya berhasil dikeluarkan dari pipa saluran air dengan menggunakan kawat/kabel besar yang sudah tidak terpakai.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pipa Saluran Air yang Mampet

Hampir seharian saya membersihkan got seorang diri, karena kelelahan dan lupa sarapan pagi, saya hampir pingsan dibuatnya. Keringat dan air mata bercucuran dengan derasnya, huk.. hukk..  Untungnya ada dua anak saya yang setia menemani, sehingga rasa capek yang melanda bisa terobati. Dan menjelang sore hari, syukur alhamdulillah aliran air limbah sudah bisa mengalir dengan lancar.

Santai tidak selalu hanya dilakukan dengan berdiam diri, bersantai bisa juga dinikmati dengan melakukan banyak hal yang positif, yang tentu saja akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri bila semua yang kita lakukan berhasil dengan baik.
Santai Sejenak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment