Berapa Lama Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Saungmaman.com - Berapa Lama Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Motivasi seseorang dalam membangun sebuah blog bisa bermacan-macam. Ada yang sekedar iseng, menyalurkan hobi menulis, memasarkan produk, menjalin persahabatan atau untuk mencari penghasilan tambahan.

Yang terakhir ini adalah yang paling banyak peminatnya, sebagian besar blogger mengakui kalau motivasinya membuat blog adalah untuk mencari penghasilan tambahan dengan menjadikan blog sebagai ladang mendapatkan pundi-pundi rupiah atau dollar.

Pertanyaan yang sering muncul adalah: Berapa lama sebuah blog dibangun hingga bisa menghasilkan uang?
Jawabanya adalah relatif, tidak ada yang pasti. Beberapa blog ada yang dalam waktu 6 bulan saja sudah bisa menghasilkan, tetapi banyak juga blog yang umurnya cukup lama tapi belum menghasilkan apa-apa.

Umur Blog
Image Source: Pixabay
Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog memang tidak bisa ditentukan rasio-nya, karena banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya sebuah blog hingga menghasilkan profit. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memonetisasi blog tersebut agar aktivitas ngeblog yang dilakukan tidak sia-sia, minimal ada pemasukan yang membuat kita makin semangat walaupun diawal-awal nilainya masih sangat kecil.

Banyak cara yang bisa dilakukan seorang blogger untuk mewujudkan keinginan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang di kelolanya.

1. Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog yang paling populer adalah dengan menjadi penayang (publisher) Google Adsense (GA). Google Adsense adalah sebuah media periklanan di internet terbesar milik Google yang memberi kesempatan kepada para blogger untuk bekerjasama menayangkan iklan diblognya. Adapun iklan yang ditayangkan di Google berasal dari para pemasang iklan (advertiser) dengan sistem Pay Per Clicks (PPC).

Dalam perkembangannya, sudah banyak para publisher GA yang bisa meraih penghasilan yang cukup besar dari aktivitas mereka dalam mengelola blog, dengan catatan blog tersebut sudah memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak, sehingga potensi klik pada iklan yang tayang di blog juga sangat besar.

Karena potensinya yang sangat menarik, maka tidak heran banyak blogger berlomba-lomba memaksimalkan kualitas blognya agar bisa memiliki jumlah pengunjung yang banyak demi mendapatkan banyak klik pada iklan. Ini artinya banyak pengunjung = banyak profit, maka dari itu setiap pemilik blog dituntut untuk membuat artikel atau konten yang baik dan berkualitas di blognya masing-masing.
Baca juga:
Cara Terbaik Mengatasi Adsense Ditolak Karena Konten Tidak Memadai 
Cara Membuat Iklan Tautan Adsense Bentuk Tombol Responsif
2. Kerjasama Content Placement

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama penayangan Content Placement. Untuk bisa melakukan kerjasama seperti ini dibutuhkan blog dengan kualitas yang baik, biasanya dinilai berdasarkan peringkat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Semakin tinggi peringkat DA dan PA sebuah blog, maka semakin besar kemungkinan untuk bisa menjalin kerjasama dengan para pemasang Content Placement.

Para advertiser biasanya mencari blog dengan peringkat yang bagus agar memberikan dampak positif bagi perusahaan mereka dengan ditayangkannya artikel di sebuah blog dengan sisipan satu atau beberapa link yang mengarah ke website mereka.

Adapun sistem kerjasamanya adalah setiap artikel yang dimuat di sebuah blog dibayar berdasarkan beberapa kriteria. Ada yang berdasarkan panjang pendeknya artikel, sedikit atau banyaknya link yang disipkan dan lain-lain. Pembayaran ada yang setelah tayang langsung cair, ada juga yang dilakukan setelah artikel tayang selama 15 hari bahkan lebih.

Salah satu situs yang direkomendasikan untuk menjalin kerjasama content placement adalah iBlogMarket. Di iBlogMarket banyak berkumpul para blogger yang berlomba untuk mendapatkan order dari advertiser yang menjalin kerjasama dengan iBlogMarket.
Baca juga:
Peraturan Baru Cara Withdraw iBlogMarket 
Kerjasama Content Placement - Kerjasama Saling Menguntungkan
3. Jasa Review

Cara mendapatkan uang dari blog berikutnya adalah dengan memberi ruang kepada calon klien untuk mempromosikan blog atau websitenya melalui Jasa Review. Jasa review bertujuan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog klien melalui review yang kita buat berdasarkan data-data yang diberikan oleh klien, yang kemudian dipublikasikan di blog yang kita kelola.

Review sebisa mungkin memberikan ulasan yang positif dan menarik minat pembaca untuk mengunjungi website tersebut. Biasanya ulasan tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar antar muka website klien serta disisipkan beberapa link menuju situs pemakai jasa review. 
Berikut ini beberapa sahabat yang pernah bekerjasama dengan Saung Maman dalam bentuk jasa review:
CekDong.Com Marketplace Produk Digital Indonesia
Review Tekno.Host Portal Berita Teknologi Terbaru, Info Gadget Terbaru
Jasa Pembuatan Vector Kartun
Kemasan Keranjang Bambu Unik Desa Cilembu
Demikianlah artikel Saung Maman mengenai Berapa Lama Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang? kali ini, semoga bermanfaat.
Advertisement
Berapa Lama Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang?

You Might Also Like: